Pengalaman Cara Mendaftar Google Adsense Sampai full Approve

Perjalanan Mendaftar Google Adsense Sampai full Approve

Apa itu Google Adsense dan bagaimana cara kerjanya sudah saya bahas pada artikel sebelumnya tentang Adsense adalah Cara sederhana dan gratis untuk memperoleh penghasilan, untuk yang masih baru Silahkan dibaca artikelnya. Dalam kesempatan kali ini saya akan sharing tentang pengalaman mendaftar google AdSense hingga diterima sepenuhnya untuk menayangkan iklan di blog atau website yang sering disebut google AdSense for content. Karena google adSense sendiri memiliki beberapa jenis iklan yaitu YouTube AdSense, adsense for content dan admob termasuk didalamnya adsense untuk pencarian.

Ketertarikan untuk mengikuti program ini sebenarnya sudah cukup lama, namun karena dulu masih sangat minim pengetahuan tentang blogging dan cara membuat konten sehingga blog yang saya miliki masih sangat jauh dari standar blog yang memenuhi kriteria (TOS) google AdSense terutama dari segi kunjungan halaman ke blog, sehingga penolakan demi penolakan masuk melalui email ketika pengajuan akun yang sebenarnya ketika itu pendaftaran google AdSense masih tergolong mudah untuk di approve baik melalui youTube maupun blogger.

Setelah beberapa tahun berlalu tidak Aktif untuk nge-blog, di tahun 2015 keinginan untuk menghasilkan uang dari internet datang lagi seiring dengan banyaknya teman di media sosial Facebook yang bermain bisnis online dengan berbagai jenis bisnis online yang dijalankan yang memotivasi saya untuk mencoba lagi peruntungan di online marketing ini. Dari teman-teman di media sosial inilah saya mengenal banyak sekali model bisnis online yang bisa dijalankan yang kesemuanya memiliki potensi yang sangat besar untuk dijalankan di era informasi sekarang ini. 


Bermain Affiliate Hotel

Berawal dari teman Facebook yang bermain affiliate hotel seperti Agoda atau booking hotel yang memberikan kesempatan kepada pemilik website atau blog yang memiliki tema traveling dan tempat wisata untuk dapat bergabung menjadi member affiliate dengan komisi cukup menggiurkan, saya melihat bahwa screenshot yang diberikan dari hasil pembayaran yang diterima cukup besar dan menurut beliau cukup mudah dilakukan ketika kita memiliki aset pengunjung yang datang ke blog kita. 

Berbekal keinginan yang tinggi dan kelihatan cukup mudah dilakukan saya pun mulai membuat blog tentang pariwisata baik lokal maupun internasional, namun lagi-lagi harapan dan kenyataan memang berbeda ketika teori yang disampaikan kelihatan sangat mudah dilakukan tetapi ketika praktek kita langsung menghadapi banyak tantangan yang harus diselesaikan seperti membuat konten tempat wisata yang kita sendiri belum pernah datang ke sana sehingga harus mencari sumber informasi dari tempat yang lain sebagai media research untuk konten yang akan kita bikin.

Selain pembuatan konten yang berkualitas juga teknik penulisan konten yang sesuai dengan pengoptimal mesin pencari SEO juga sangat menentukan seberapa sering halaman yang kita buat muncul di pencarian google yang akan menentukan juga seberapa banyak pengunjung yang akan baca halaman yang kita buat, nah inilah Point penting yang harus dimemiliki untuk seorang internet marketer yang belum saya miliki. 

Sebenarnya sistem yang bekerja pada model bisnis online ini cukup simple, yaitu menggunakan sistem komisi jika terjadi transaksi booking hotel melalui Link afiliasi yang kita tanam pada blog baik berupa banner ataupun anchor text. Sehingga kita mendapatkan pembayaran dari bagi hasil transaksi tersebut.

Bermain Bisnis Online CPA

Melihat kenyataan membuat konten yang berkualitas tentang travelling dan pariwisata yang cukup sulit akhirnya saya mencoba beralih ke bentuk model afiliasi yang lain dari sistem cpa, apa itu sistem cpa silahkan lihat pada artikel saya sebelumnya pada link tersebut. Dalam bermain bisnis ini saya lebih bebas memilih topik yang saya kuasai untuk dibuat menjadi sebuah konten yang diminati oleh pengunjung sehingga saya memiliki aset pengunjung yang banyak dan dapat meletakkan link afiliasi tersebut pada blog yang saya miliki alhasil ketika itu saya sudah mulai mendapatkan uang dari internet walaupun masih recehan dari sebuah CPA Network lokal Access Trade Indonesia silakan di search di google tentang network ini.

Melihat dari pengalaman pertama mendapatkan pembayaran dari internet saya semakin yakin bahwa bisnis online hari ini bukankah bisnis tipu-tipu dan sangat potensial seiring dengan meleknya masyarakat kepada teknologi informasi ini dan yang lebih menjadi pendorong adalah bisnis ini memiliki jangkauan yang sangat luas sampai seluruh dunia dan waktu 24 jam sehari, 7 jam seminggu kita tetap dapat menghasilkan uang dari aset digital yang kita miliki walaupun kita sedang tidur sekalipun atau sedang liburan. 

Inilah model bisnis yang sangat bagus untuk ditekuni karena dengan modal yang relatif minim pun bisa kita lakukan dengan waktu yang sangat fleksibel tetap dapat kita kerjakan dengan potensi penghasilan yang tentunya sangat besar karena pasarnya adalah semua orang yang terkoneksi ke internet.


Bermain Program CPM (cost per mile) 

Bisnis online model cpm adalah bisnis online yang menghitung tampilan per 1000 iklan tayang dengan biaya tertentu yang dibayarkan kepada publisher, untuk bermain program ini sobat harus memperhatikan geolocation dari statistik pengunjung yang datang ke blog kita karena perhitungan rate CPM sangat ditentukan dari negara mana pengunjung itu datang, jika pengunjung datang dari negara-negara kamu seperti US,UK, australia, Kanada dan lain sebagainya maka potensi penghasilan yang akan kita dapatkan akan jauh lebih besar dibanding pengunjung yang datang dari negara-negara seperti Indonesia, tetapi Jangan berkecil hati jika sumber trafik blog teman-teman dari dalam negeri Karena tetap dapat di monetize namun harus bersabar untuk bisa payout jika trafiknya pas-pasan.

Program CPM yang pernah saya ikuti dan terbukti membayar adalah propellerads dan poptm. Untuk propeller ads pembayaran dilakukan setelah melewati batas minimum yang ditentukan yaitu 100 dolar sedangkan di poptm media batas minimum hanya 10 dolar sudah bisa payout. Berikut ini bukti screenshot pembayaran yang dikirim melalui email.

bukti pembayaran propellerads lewat payoneer


bukti pembayaran poptm lewat paypal

Mencoba Mengikuti Program JV AdSense 

Joint venture adSense merupakan bentuk kerjasama publisher Adsense dengan pemilik blog atau website yang belum memiliki akun AdSense dengan sistem bagi hasil sesuai dengan kesepakatan. Blog atau website didaftarkan juga biasanya harus memenuhi standar yang ditentukan oleh pemilik akun AdSense seperti jumlah kunjungan baik dari histats atau Google analytics maupun umur blog.

Sebenarnya cukup banyak pemain JV adSense ini di indonesia namun kebetulan saya mendapat penawaran dari pemilik situs abdusatri.com, yang biasanya saya panggil mas danish ketika berkomunikasi melalui email atau wA karena memang beliau beralamat cukup jauh di pulau Sumatera tepatnya di pekanbaru, riau.

Ketika itu saya masih bermain cpm sebelum kemudian penawaran itu saya terima setelah menerima payout dari poptm media, dan alhamdulillah kerjasama ini berjalan baik sampai kurang lebih 8 bulan sebelum akhirnya saya memiliki akun AdSense sendiri. Dan mungkin lewat artikel ini saya juga ingin menyampaikan Terima kasih banyak atas kerjasamanya selama ini semoga JVnya mas danish makin meningkat dan sukses untuk kita semuanya. Jadi buat teman-teman berminat untuk joint silahkan kontak beliau di disini.


Mencoba Membuat channel YouTube untuk daftar Youtube AdSense 

Melihat teman-teman di grup Facebook yang makin maju bisnis adSensenya, sayapun tidak berhenti mencoba untuk mendaftar sendiri menjadi publisher Google AdSense dengan metode yang berbeda yaitu melalui video YouTube. Walaupun awalnya memang hanya ingin bermain youTube adSense, namun kabar baiknya youTube Adsense juga dapat di-upgrade ke adSense for content atau blog.

Awalnya saya membuat video sekitar 10 video yang telah terupload di youtube channel saya kemudian setelah ada tayangan yang terlihat setiap hari saya Mencoba mendaftarkan channel tersebut untuk di monetize dan tak lama setelah pengajuan channelpun disetujui untuk menampilkan iklan. Hal ini terjadi sebelum prahara yang sempat datang kepada youtuber yang katanya banyak advertiser yang mencabut iklannya dari YouTube sehingga YouTube memberikan peraturan yang lebih ketat dengan memberikan minimum penayangan 10.000 tayang yang terdapat di review oleh AdSense.

Ketika itu saya sempat pesimis karena beberapa dollar yang sudah masuk ke youtube channel harus berhenti tayang iklan karena view belum mencapai Rp10.000, dan youTube channel tersebut saya  biarkan begitu saja sampai beberapa minggu kemudian saya mencoba melihat channel tersebut dan ternyata alhamdulillah sudah tayang iklan lagi sehingga saya lebih bersemangat untuk membuat konten video yang lebih banyak lagi.

Mengupgrade Youtube Adsense ke BLOG

Pada waktu yang bersamaan saya juga sempat membangun blog tentang pendidikan yang bertujuan untuk Sharing dengan pengunjung harian yang masih minim, artikel saya buat se-original mungkin karena memang niatnya berbagi manfaat, Dan ketika itu jumlah artikel masih kurang dari 25 artikel yang telah ter posting. Dengan modal Bismillah blog ini saya daftarkan untuk mengupgrade youTube AdSense ke adSense for konten untuk blog dan alhamdulillah perjalanan mendapatkan akun Google AdSense dengan full approve bisa diperoleh yang artinya babak baru menjadi seorang publisher harus saya jalani dengan lebih giat membuat konten yang bermanfaat sehingga benar-benar bisa sampai payout.

Mungkin itulah sharing pengalaman cara mendaftar google AdSense, semoga bisa menginspirasi dan Mohon doanya sahabat blogger sekalian agar dapat sampai PO dan berkelanjutan seperti blogger blogger yang sudah sukses lebih dulu. Insya Allah update perkembangan verifikasi pin dan yang lainnya akan saya sharing juga pada postingan selanjutnya.