Perbedaan Teknologi AR ( Augmented Reality) dan VR ( Virtual Reality)

Augmented reality (AR) dan virtual reality (VR) merupakan teknologi baru yang sedang naik daun dewasa ini,  walaupun sekilas sama tetapi sebenarnya memiliki perbedaan.

Virtual reality adalah sebuah artificial atau sebuah simulasi atau reaksi generated computer terhadap lingkungan dunia nyata. VR memiliki bahasa pemrograman yang dikenal sebagai VRML (virtual reality modeling language) yang dapat digunakan untuk membuat gambar dan interaksi yang spesifik.

Augmented Reality adalah teknologi yang memanfaatkan layer hasil generated computer di atas environment dunia yang nyata dalam aplikasi untuk menghasilkan interaksi yang cakap seperti film 3D yang menggabungkan pemeran manusia dengan pemeran kartun dengan background dunia nyata. Dapat kita lihat dalam film film hollywood seperti jurasic park,  spiderman, the hulk dan yang lainnya.

Perbedaan Teknologi AR ( Augmented Reality) dan VR ( Virtual Reality)

Salah satu contoh dari teknologi virtual reality VR adalah kreasi foto 360° yang sering kita lihat di Facebook atau Google Map tentang suatu lokasi di peta bumi. Dalam foto 360° akan kita temui sebuah gambar yang menampilkan foto keseluruhan sudut dari suatu lokasi sehingga gambar bisa diputar dari berbagai arah yang akan terlihat lebih real seperti dunia nyata.


Sedangkan untuk aplikasi berbasis teknologi Augmented Reality dapat kita temui dalam banyak game yang sudah banyak ditemukan di app store.


Jadi kesimpulannya adalah VR (virtual reality)  adalah teknologi yang menggunakan environment yang dibuat dengan rekayasa komputer menggunakan data asli dari dunia nyata. Contohnya: jika ada aplikasi yang membuat game geolocation berdasarkan kota jakarta,  maka lingkugan aplikasi akan di buat berdasarkan keadaan real kota jakarta tetapi hasil dari duplikasi rekayasa komputer, sedangkan AR (Augmented Reality) langsung menggunakan capture kota Jakarta  melalui akses kamera untuk menjalankan aplikasinya.

Demikian Perbedaan Teknologi AR ( Augmented Reality) dan VR ( Virtual Reality).

Semoga bermanfaat.

Perbedaan Teknologi AR ( Augmented Reality) dan VR ( Virtual Reality) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Syauqila Qila