Cara Membuat Foto 360 Derajat Seperti di Facebook dan VR Google Map Dengan HP Android

Cara Membuat Foto 360 Derajat Dengan HP Android

Begini cara membuat foto 360 derajat untuk update stastus di facebook yang keren. Dalam video dibawah ini akan dijelaskan bagaimana cara membuat foto 360 derajat menggunakan HP android Hisense pure shoot dengan aplikasi cardboard camera dari google yang bisa di download di playstore secara gratis.

Cara Membuat Foto 360 Seperti di Facebook dan VR Google Map

Sebenarnya apa sih foto 360 derajat atau foto vr itu? Mungkin buat sobat yang sudah paham penjelasan ini tidaklah di perlukan lagi, karena memang sudah bisa kita lihat langsung dalam dunia maya di sekitar kita baik di facebook atau di google. VR (Virtual Reality) merupakan istilah untuk foto atau tampilan yang hampir sama dengan realitasnya atau sesuai dengan dunia nyata yang ditampilkan secara virtual.

Akhir akhir ini istilah VR dan AR mulai familiar di telingga kita dengan banyaknya aplikasi yang menggunakan teknologi ini. AR (Augmented Reality) menggunakan environmen dunia nyata untuk membuat program aplikasi, seperti aplikasi game yang pernah fenomenal di tahun 2016 Pokemon Go dan beberapa aplikasi lainnya. Teknologi ini membuat interaksi pada aplikasi dibuat sama seperti dunia nyata. Selain game juga aplikasi jejaring sosial facebook yang juga mulai masuk ke teknologi ini, yaitu membuat interaksi dunia maya yang di masukan ke environment dunia nyata, seperti bisa kita lihat demonya di video halaman facebook Markzukerberg disini tentang interaksi di facebook yang di virtualkan, walaupun teknologi ini belum sepenuhnya kita gunakan untuk saat ini.

Foto 360 derajat juga sering kita jumpai di map google ketika kita sedang mencari tempat di google, sebagai contoh bisa di lihat live disini untuk pencarian "monas" di google. Dalam foto dapat kita lihat seluruh sudut tempat dari lokasi pengambilan gambar, hal ini karena memang pembuatan foto vr ini hampir seperti kita merekam video dengan  di putar 360 derajat.



Dari video diatas dapat kita lihat bahwa hasil pembuatan foto 360 langsung terupload ke halaman vr.google.com yang bisa kita share ke media sosial seperti facebook, google plus, twitter dan lainnya. Dan foto berukuran memanjang yang tersimpan ke galeri HP yang bisa di upload ke facebook dengan cara yang sama ketika kita upload foto biasa di status facebook.

Untuk lebih jelasnya berikut ini langkah langkah yang harus dilakukan untuk membuat foto 360 menggunakan HP Android:

  • Download cardboard camera dari playstore
  • Cari lokasi yang akan di ambil gambarnya
  • Buka aplikasi Cardboard camera, kemudian tap di icon camera pojok kanan bawah
  • Saatnya ambil gambar dengan cara berputar di tempat
  • Gambar akan terupload ke vr.google.com dan masuk ke galeri handphone
  • Saatnya share link dari vr google atau upload gambar dari galeri ke media sosial

Demikian langkah langkah Cara Membuat Foto 360 Seperti di Facebook dan VR Google Map Dengan HP Android, jika sobat menggunakan jenis handphone yang lain silakan di share di comment pengalamannnya.

Silakan dishare jika bermanfaaat...