Cara scan QR Code dari gambar galeri foto

Cara scan QR Code dari gambar galeri foto - Halo salam sahabat blogger, QR Code seperti pembahasan pada artikel sebelumnya yang membahas Cara Membuaat QR Code Sendiri, QR Code sebagai generasi kedua dari barcode batang. QR Code adalah merupakan trend penggunaan teknologi yang bertujuan mempermudah manusia dalam bertransaksi ataupun berkomunikasi pada era digital sekarang ini.

Penggunaan QR Code seperti untuk penggunaan wi-fi, QR Code untuk pencarian alamat pada Google Map, QR Code untuk chatting langsung ke nomor WhatsApp tanpa harus menulis nomor telepon terlebih dahulu dan untuk fitur pembayaran dengan teknologi NFC memang sedang pesatnya berkembang di Indonesia.

Contoh penggunaan QR Code yang sudah cukup lazim adalah QR Code untuk mencari alamat di Google Map yang biasanya dicetak bersama undangan yang dibagikan untuk suatu acara tertentu. Atau juga contoh penggunaan QR Code whatsApp langsung ke chat yang banyak dipasang pada media promosi yang dicetak seperti brosur, pamflet dan stiker sehingga konsumen atau klien dapat dengan mudah menghubungi kita.

Namun ada kalanya kita menggunakan media online seperti website dan media sosial untuk mempromosikan produk dan jasa yang kita tawarkan sehingga qR Code nya pun dalam bentuk digital seperti file foto atau image yang dapat dibagikan dengan cepat, tetapi sayangnya tidak semua orang atau lebih tepatnya masih sedikit orang yang paham bagaimana cara men scan QR Code dari gambar dalam galeri foto yang kita miliki dalam handphone.

Oleh karenanya artikel ini bertujuan menginformasikan bagaimana cara menggunakan barcode atau QR Code dalam sebuah file gambar/ image / yang muncul di layar monintor HP. Karena jika kita menscan QR Code dari media cetak kita dapat menggunakan kamera untuk melakukan scanning pada QR Code tersebut. Nah ketika kita memiliki QR code dalam bentuk gambar atau image maka kita membutuhkan aplikasi untuk menscaning file gambar tersebut. Silakan install dari google play store.

Jika sudah terinstal, silakan sobat jalankan aplikasinya dan pastikan aplikasi yang telah terinstal, sudah mendukung scan data dari image / layar monitor HP. Sobat tinggal masuk ke menu scanning dan pilih file QR codenya atau buka gambar Qr Code nya, aplikasi akan secara otomatis menscanning layar monitor HP Kita.

Jika masih kurang jelas silakan lihat video tutorial dibawah ini

Berikut ini tutorial cara scan QR Code dari gambar / layar HP: