Cara Membuat Aplikasi Android Untuk Pemula Secara Online Dan Mudah

Halo salam sobat blogger, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi cara mudah untuk membuat aplikasi Android atau APK secara online, khususnya untuk para pemula dan pelajar. Proses pembuatannya pun cukup mudah dan tidak harus menggunakan laptop atau komputer namun dapat juga menggunakan HP atau smartphone.

Pada tulisan ini akan saya buat tutorial cara membuat aplikasi Android tanpa coding melalui website AppsGeyser dan website App Inverter 2 milik mit.edu. Mengapa saya memilih kedua website ini dan apa perbedaannya, Mari kita simak penjelasan berikut. 

Membuat Aplikasi Android di AppGeyser

Membuat aplikasi Android di appsGeyser merupakan cara yang paling mudah dan simple untuk pemula karena di sini pengguna hanya menjalankan aplikasi dengan drag and drop komponen tanpa membuat alur logika seperti algoritma aplikasi dalam proses pembuatan aplikasi tersebut.

Cara membuatnya adalah sebagai berikut:
  • Gunakan Google Chrome sebagai browser untuk membuat aplikasi
  • Pastikan sobat sudah login ke dalam akun Google (email gmail) pada browser tersebut
  • Buka halaman website https://www.appsgeyser.com melalui laptop atau hp smartphone.
  • Setelah halaman terbuka, Klik CreateApp pada pojok kanan atas halaman website 
  • Kemudian selesaikan 4 langkah pembuatan aplikasi ini dengan mengisi App setting yaitu pengaturan alamat website yang akan kita tampilkan pada aplikasi misalnya youtube.com. Langkah kedua adalah memberikan nama aplikasi dan yang ketiga adalah memberikan deskripsi aplikasi, serta yang terakhir adalah memilih icon aplikasi, apakah icon aplikasi akan dibuat secara default (dapat dari appsgeyser) atau kita sediakan sendiri Icon dengan menguploadnya ke web appgeyser. 
 
  • Selanjutnya tinggal klik CREATE dan akan tampil halaman login dan kita disuruh untuk memilih login menggunakan akun Google, akun Facebook atau menggunakan email.
    Karena kita sudah login dari awal maka cara mudahnya adalah langsung dengan menggunakan akun Google supaya untuk mempermudah proses kita login dan kita juga lebih mudah mengingatnya untuk login kembali berikutnya.
Setelah itu kita sudah dapat mendownload aplikasi yang kita buat melalui halaman dashboard di https://www.appsgeyser.com/dashboard/. Kita juga akan diberikan ID khusus pada halaman website tersebut untuk menampung semua aplikasi yang kita buat sehingga kita dapat dengan mudah menshare aplikasi yang telah kita buat supaya dapat digunakan oleh banyak orang. 

Kelebihan lain dari apps geyser ini selain mudah digunakan adalah kita dapat memonetize aplikasi ketika sudah banyak orang yang menggunakannya sehingga kita berpeluang untuk mendapatkan penghasilan dari aplikasi yang kita buat.

Untuk lebih jelasnya silakan lihat video tutorial berikut:

Namun juga ada beberapa kekurangan diantaranya adalah aplikasi akan di hapus dalam waktu 24 jam jika kita tidak mendownload atau mempublikasikanya ke google playstore. Dan untuk aplikasi yang sukses di promosikan (banyak yang mendownload aplikasinya) nantinya pihak appgeyser dapat menayangkan iklan pada aplikasi yang kita buat, kecuali kita membayar biaya bulanan untuk dapat terus menggunakannya.

Membuat aplikasi Android pada website mit.edu

Website ini adalah milik Institut Teknologi Massachusetts (Massachusetts Institute of Technology atau MIT) yang merupakan institusi riset swasta dan universitas yang terletak di kota Cambridge, Amerika Serikat.

Pada halaman website ini kita dapat membuat aplikasi Android dengan lebih kompleks dan lebih custom karena memang tingkat kesulitan yang lebih tinggi dibanding Appgeyser.

Untuk dapat memulainya Berikut ini adalah langkah yang harus dilakukan:
  • Gunakan browser Google Chrome untuk membuat aplikasi
  • Pastikan sobat sudah login menggunakan akun gmail / google pada browser tersebut
  • Buka halaman http://appinventor.mit.edu
  • Klik Create App pada pojok kanan atas website
  • Sampai disini akan muncul halaman login dan login gunakan akun Google untuk melanjutkan
Untuk lebih jelasnya silakan lihat video tutorial berikut ini: