Asyiknya Presentasi Menggunakan HP Smartphone / Tablet Android

Presentasi Menggunakan HP Smartphone Android - Halo salam sahabat blogger, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi pengalaman tentang melakukan sebuah presentasi menggunakan HP smartphone. Seperti kita ketahui bersama bahwa pada umumnya aplikasi yang digunakan untuk melakukan presentasi adalah microsoft Office Powerpoint yang dijalankan melalui komputer laptop berbasis Windows. Dan untuk mendapatkan layar yang lebar dari presentasi yang kita lakukan kita menggunakan LCD proyektor. Dalam menjalankan aplikasi presentasi biasanya seseorang presentator menggunakan pointer infrared ataupun mouse dan media wireless lainnya yang terhubung ke laptop untuk mengoperasikannya.

Itulah proses presentasi yang lazim digunakan sampai sekarang, namun di era teknologi informasi seperti sekarang ini kita juga dapat memanfaatkan hp smartphone atau tablet Android untuk melakukan presentasi. Cara ini mungkin akan menjadi trend dalam berpresentasi selain mempermudah pekerjaan dan lebih fleksibel. Yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana cara mengkoneksikan HP smartphone atau tablet Android terkoneksi dengan LCD proyektor?

Ketika kita mengkoneksikan laptop ke LCD proyektor maka kita akan menggunakan kabel VGA atau kabel monitor melalui port VGA yang ada di laptop dan port VGA yang ada di LCD proyektor. Atau juga dapat menggunakan kabel HDMI untuk menghubungkan port HDMI di laptop ke port HDMI LCD proyektor. Lalu bagaimana dengan hp smartphone atau tablet Android yang tidak memiliki port HDMI maupun port VGA?

Presentasi Menggunakan HP Smartphone / Tablet Android
Port HDMI

Presentasi Menggunakan HP Smartphone / Tablet Android 2
Port VGA
 Mungkin banyak yang berpikir kita dapat menggunakan converter USB to VGA atau converter uSB to HDMI, karena sebagian besar hp smartphone atau tablet Android memiliki port USB, namun saya tidak akan menggunakan cara ini untuk mengkoneksikan HP android atau smartphone ke LCD proyektor karena cara ini masih menggunakan kabel sehingga kita tidak leluasa untuk menempatkan atau memindahkan HP smartphone atau tablet Android.

converter USB to HDMI untuk presentasi android
converter USB to HDMI

converter USB to VGA untuk presentasi android
converter USB to VGA

Cara yang akan saya bagikan adalah dengan menggunakan koneksi Wifi atau wireless tanpa kabel dari hp smartphone atau tablet Android ke LCD proyektor. Lalu apakah LCD proyektor sudah mendukung koneksi wireless, Mungkin sebagian besar LCD proyektor yang kita gunakan belum support untuk menggunakan koneksi wireless oleh karenanya kita membutuhkan perangkat tambahan berupa anycast dongle HDMI.

Presentasi Menggunakan HP Smartphone / Tablet Android 4
anycast dongle HDMI

Anycast dongle HDMI adalah sebuah perangkat teknologi yang digunakan untuk Smart TV seperti Android TV. Smart TV adalah TV yang mampu berinteraksi dengan menggunakan Internet yang menjadikanya dapat mengakses layanan online seperti saat kita menggunakan laptop yang terkoneksi ke internet seperti TV kabel, video streaming, pesan instant dan social media. Anycast dongle HDMI juga disebut chromecast karena teknologi anycast di gunakan pada perangkat wireless chromecast.

Dengan menggunakan prinsip yang sama dengan Smart TV, anycast dongle HDMI ini dapat kita pakai untuk LCD proyektor atau perangkat lain memiliki port HDMI. Sehingga kita dapat menampilkan layar HP Smartphone langsung ke LCD Proyektor.

Cara Memasang Anycast Dongle HDMI / Chromecast Di LCD Proyektor Untuk Presentasi:

  • Perangkat yang digunakan:
  1. LCD Proyektor
  2. HP Smartphone / Tablet Android yang sudah terinstal aplikasi office mobile.
  3. Anycast dongle HDMI / Chromecast
  4. File presentasi dari Ms. Power Point atau file .pptx
  • Nyalakan LCD Proyektor sebagaimana biasanya
  • Pasang anycast dongle HDMI di port HDMI LCD Proyektor, dan sambungkan power listrik (bisa berupa kabel USB / Kontak listrik)
anycast dongle HDMI di port HDMI LCD Proyektor
anycast dongle HDMI di port HDMI LCD Proyektor
  • Nyalakan koneksi Wifi dari HP Smartphone / Tablet Android
  • Pilih koneksi Wifi ke perangkat anycast dongle HDMI yang terpasang ke LCD Proyektor
  • Jika koneksi sukses maka kita siap memulai presentasi
  • Buka dan jalankan file powerpoint  pptx, untuk memperoleh layar yang lebar gunakan mode landscap pada HP Smartphone sobat.
Itulah cara melakukan presentasi android yang dapat saya share disini, dengan menggunakan cara ini Tentunya semua aktivitas pada layar HP smartphone Android (pesan masuk, panggilan masuk dan notifikasi lainnya) akan tampil pada layar LCD proyektor  sehingga sangat disarankan untuk menggunakan HP khusus dalam melakukan presentasi supaya hal-hal yang baru dengan privasi tidak tampil di depan umum.

Disarankan untuk mematikan koneksi internet jika memang tidak diperlukan sehingga aktivitas notifikasi dari media sosial tidak mengganggu proses presentasi.

Salah satu kelemahan menggunakan cara ini adalah koneksi radio wireless yang mungkin tidak lancar sehingga perlu me-restart perangkat, namun secara umum cara ini lebih praktis dan efisien cukup dengan hp smartphone kita sudah dapat melaksanakan kegiatan presentasi.

Demikianlah Cara Presentasi Menggunakan HP Smartphone / Tablet Android semoga bermanfaat. Silakan share untuk menyimpan artikel ini..