Apa Itu Instant Article Facebook

Apa Itu Instant Article Facebook
Facebook merupakan sebuah perusahaan raksasa internet yang ada hari ini, sejak kemunculan di kampus harvard University tahun 2004 facebook menjadi sarana komunikasi internal kampus yang mampu menghubungkan civitas kampus secara virtual. Tahun 2005 dan seterusnya facebook berkembang sangat cepat dengan pengguna mencapai lebih satu juta pada tahun ini dengan pengguna dari beberapa kampus ternama seperti yale university dan stanford University. Facebook bertambah besar lagi setelah dipegang oleh perusahaan komersial untuk digunakan secara luas di seluruh dunia dan hingga sekarang telah lebih dari satu miliar pengguna di seluruh dunia. 

Dengan pengguna yang begitu banyak facebook menjadi pasar tersendiri bagi pemilik produk untuk menjualnya melalui media sosial ini. Oleh karenanya beriklan di Facebook menjadi pilihan banyak perusahaan dan internet marketer untuk mendapatkan penjualan yang maksimal dengan data-data yang lengkap dan segmentasi yang jelas.

Instant Article Untuk Postingan Bersponsor

Sebelum instant article Facebook ada, iklan yang berjalan di Facebook hanya ditampilkan pada timeline atau linimasa dengan label postingan bersponsor, dan setelah instant artikel muncul dengan audience Network nya postingan berseponsor juga tampil pada artikel halaman blog yang dibuka melalui aplikasi facebook untuk mobile phone. Jadi aplikasi instant article adalah aplikasi untuk mengkonversi artikel dari halaman blog menjadi artikel ringan yang terintegrasi dengan aplikasi Facebook, oleh karenanya instant artikel hanya tampil pada aplikasi facebook dan tidak tampil pada halaman Facebook yang di gunakan melalui Browser. 

Instant Article Untuk Pengguna Facebook

Dalam penggunaannya instant article menjadikan pengguna Facebook lebih lama di dalam Facebook ketika membuka Link dari blog yang dishare di dalam Facebook. Berbeda dengan blog yang tidak menggunakan instant article maka link artikel tersebut akan mengarah keluar Facebook yang berakibat mengurangi penggunaan aplikasi Facebook oleh user. Semakin lama orang berinteraksi dengan Facebook semakin memberikan keuntungan kepada Facebook. Sedangkan dari sisi pengguna facebook instant article dapat mengisi sumber konten yang lebih luas dari Link eksternal yang merupakan informasi yang dibutuhkan oleh pengguna sehingga pengguna merasa terpenuhi kebutuhan informasinya melalui Facebook. 

Dari segi kecepatan loading content, instant article memiliki kecepatan 10 kali lipat lebih cepat daripada membuka Link tanpa instant article sehingga memberikan pengalaman pengguna yang baik dalam memperoleh informasi. Instant article mungkin bisa kita lihat sama seperti teknologi amp (accelerated mobile page) yang diterapkan oleh google melalui aplikasi google, sehingga website yang di Google melalui aplikasi Google dapat dibuka dengan cepat perbandingan kualitas jaringan yang rendah.

Instant Article Untuk Pengiklan / Advertiser

Untuk advertiser atau pengiklan instant article memberikan pilihan audiens untuk iklan yang ingin mereka tampilkan dengan pemilihan mobile device, komputer PC atau pada keduanya. Seperti yang kita tahu advertiser pada Facebook saat ini dapat mentarget calon pembeli dengan target yang sangat spesifik diantaranya adalah penggunaan pixel dalam beriklan dan instan artikel menambah pilihan segmentasi yang lebih komplek lagi. Yang tentunya akan menguntungkan advertiser tersebut dengan konversi iklan yang tinggi.

Instant Article Untuk Blogger / Publisher

Untuk Para pemilik situs blog, instant article memberikan pengalaman pengguna yang baik untuk berselancar pada konten yang mereka miliki dengan tetap dapat memonetize konten dengan iklan yang disediakan oleh audience Network. Bahkan pada audience network publisher dapat memonetize videonya juga. Buat sobat blogger yang berminat menggunakan instant article silakan daftar disini dan untuk tutorial langkah daftarnya silakan baca Cara Mendapatkan Uang Dari Facebook Dengan Instant Article Halaman Fanpage

Jadi secara umum instan artikel memberikan keuntungan kepada semua pihak yang menggunakan teknologi ini baik dari Facebook, pengguna, advertiser dan publisher sehingga teknologi layak dikembangkan untuk kemajuan teknologi informasi yang kita nikmati saat ini.