Cara Mendapatkan Uang Dari Facebook Dengan Instant Article Halaman Fanpage

Mendapatkan Uang Dari Facebook Dengan Instant Article.

Halo salam sobat blogger, pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi pengalaman bagaimana cara mendapatkan uang dari facebook melalui halaman fanspage yang didaftarkan ke developer Facebook. Aplikasi yang kita gunakan dari developer facebook adalah instant article yang merupakan aplikasi untuk menampilkan artikel dari blog atau website ke Facebook dengan kecepatan 10 kali lipat daripada Link artikel ke halaman blog diluar Facebook. Lalu bagaimana kita tempat mendapatkan uang dari Facebook, berikut ini penjelasan singkatnya. 

Instant article merupakan salah satu produk Facebook yang digunakan untuk memonetize artikel dari audien network. Audien Network facebook adalah seperti Google Adsense pada google yang merupakan penyedia iklan berbasis cpm dan cpa yang ditayangkan pada konten blog. "Lalu dari mana kita mendapatkan uang tersebut, siapa yang membayarnya?". Itu adalah salah satu pertanyaan yang banyak dilontarkan oleh pemula yang baru terjun menjadi publisher. 

Tentunya sebagian besar blogger telah mengetahui cara kerja atau sistem yang berlaku antara advertiser, ads Network dan publisher. Namun tulisan ini akan lebih difokuskan kepada anda yang masih baru menjadi blogger atau publisher makanya saya jelasin saja supaya sobat blogger lebih mengerti. 

Penjelasan singkatnya mungkin begini, jika di google ada adword dan di Facebook ada Fb ads yang merupakan fasilitas untuk beriklan untuk perusahaan dan pemilik produk yang akan dipasarkan secara online, maka perusahaan atau pemilik produk tersebut akan membayar kepada Facebook atau Google untuk dapat menayangkan produk mereka pada halaman pencarian Google atau timeline Facebook. Namun demikian Google dan Facebook tidak bekerja sendirian karena mereka memiliki keterbatasan konten untuk menjaring segmentasi pengunjung yang berbeda, sehingga harus bekerja sama dengan para publisher atau blogger seperti sobat sekalian.

Karena kita bekerjasama dengan google melalui Google Adsense misalnya atau Facebook melalui instant article audien Network, maka kita juga mendapatkan fee atau komisi jika dapat menayangkan iklan yang disediakan oleh facebook atau Google dalam artikel yang kita miliki. Besar kecil pembagian hasil tentunya disesuaikan dengan terms of service dari masing-masing perusahaan tersebut, contohnya kalau di Google AdSense for content biasanya publisher mendapatkan 68% komisi dan selebihnya menjadi milik google. Oke jelas ya, dari mana kita mendapatkan uang dari Facebook atau Google. 

Membuat Blog dan Fanspage Untuk Instant Artikel

Nah selanjutnya marilah kita bahas langkah-langkah teknis mendapatkan uang dari Facebook melalui instant article audien Network ini. 

Secara garis besar yang harus kita persiapkan adalah sebuah blog berbasis wordpress dan fanpage facebook. Jadi jika selama ini sobat telah memiliki blog berbasis Wordpress dan telah di monetize dengan Google AdSense, maka sobat cukup mendaftarkan fanpage blog tersebut ke instant article audien network sehingga sobat dapat memperoleh penghasilan double sekaligus. Apakah hanya blog berbasis Wordpress yang dapat didaftarkan keinstall artikel? Tentunya tidak, blog dengan platform blogger juga dapat didaftarkan ke instant article namun yang saya tahu blog Wordpress lebih mudah untuk dijalankan karena Facebook telah menyediakan plugin instant article di dalam Wordpress. Sedangkan untuk platform blogger kita harus memindahkannya secara manual. 

Blog berbasis wordPress memang memerlukan hosting tersendiri untuk menginstalnya, sehingga blog barbasis wordpress lebih memerlukan modal untuk sewa hosting dan membeli domain sendiri. Untuk itu pada artikel sebelumnya telah saya posting bagaimana cara membuat website berbasis Wordpress menggunakan hosting gratis dan domain gratis pada cara membuat website gratis 1 tahun dengan domain freenom dan hosting infinityfree. 

instal plugin instant article wordpress

Langkah selanjutnya setelah blog terinstal Wordpress adalah mengganti template WordPress jika diperlukan dan memasang plugin instant article. Caranya masuk ke menu plugin, kemudian pada pencarian ketikan "instant article", kemudian pilih plugin yang dikeluarkan oleh Facebook dan klik install. 

Menghubungkan Situs Ke Fanspage

Selanjutnya sobat masuk ke fanspage facebook, saya anggap anda sudah memiliki halaman facebook, jika belum silakan lihat video tutorial berikut:



Setelah masuk ke fanspage silakan masuk ke menu alat penerbitan,

Cara Mendapatkan Uang Dari Facebook Dengan Instant Article Halaman Fanpage

kemudian pilih instant article pada bagian kiri bawah. Pada menu instant article pilih konfigurasi,

configurasi instant artikel

pada menu konfigurasi sobat harus menghubungkan situs dengan halaman fanpage dengan memasukkan nomor ID fanspage ke plugin instan artikel pada blog dan memasukkan alamat blog pada fanpage untuk mengklaimnya bahwa blog tersebut telah di otorisasi menggunakan ID fanspage. 

memasukkan nomor ID fanspage ke plugin instan artikel

Cara menempatkan kode iklan instant artikel di plugin wp template

Setelah blog terhubung dengan fanpage selanjutnya sobat membuat akun RSS feed di feedburner dot com untuk kemudian alamat feednya dimasukkan ke dalam fanpage. 

rss feed instan artikel

Langkah selanjutnya adalah memulai membuat konten sebanyak 10 artikel melalui blog. 10 artikel yang diposting akan secara otomatis masuk ke artikel produksi pada alat penerbitan instant article fanpage dalam waktu yang tidak terlalu lama setelah kita posting di blog. 

gaya instant artikel

Setelah 10 artikel masuk ke menu artikel produksi, langkah selanjutnya adalah mengatur gaya atau tampilan instant article. Caranya cukup sobat customize gaya yang sudah disediakan secara default dengan memasukkan logo dan mengatur warna dan model teks pada instan artikel sesuai keinginan sobat.

Mengajukan Fanspage Ke Instant Artikel

Jika jumlah artikel sudah terpenuhi dan logo telah diupload maka tombol pengajuan untuk mendaftar instant article akan menyala yang menandakan kita sudah dapat mengajukan untuk peninjauan contoh artikel yang kita buat kepada facebook. 

Proses pengajuan install artikel maksimal lima hari kerja untuk memperoleh jawaban apakah artikel kita layak ditampilkan pada instant article. Pengalaman saya mengajukan pada hari kerja tidak lebih dari 24 jam langsung memperoleh jawaban kecuali melewati hari libur Sabtu dan Minggu biasanya proses akan diterima pada hari Senin. 

Selama proses pengajuan sebaiknya sobat menyiapkan beberapa artikel baru yang lain untuk diposting kemudian atau untuk mengantisipasi artikel yang ajukan tidak memenuhi kriteria ketentuan instant article. 

Mendaftar Audience Network

daftar audience network

Setelah proses pengajuan diterima selanjutnya adalah mendaftar ke developer Facebook audience Network yang bisa dilihat menunya pada bagian konfigurasi install artikel. Prosesnya biasanya langsung diterima dan kita dianjurkan untuk membuat profil pembayaran. 

membuat profil pembayaran

Selesai membuat profil pembayaran, langkah selanjutnya adalah ke menu penempatan iklan pada audience Network. Pada menu penempatan iklan ini kita akan membuat atau mengambil id penempatan iklan untuk ditempatkan di plugin instant article pada blog yang bisa ditemukan pada bagian ads type konfigurasi plugin instant article.

Sampai pada langkah ini kita sudah hampir selesai untuk dapat menayangkan iklan pada instant article. Nah selanjutnya adalah melakukan posting artikel yang belum terpublikasi pada bagian artikel produksi instan artikel, karena artikel yang telah masuk pada bagian artikel produksi fanspage yang kita miliki belumlah tampil pada linimasa fanspage sebelum kita publikasikan. 

Menggunakan Fanspage Manager Untuk Memposting Instant Article

Cara mempublikasikan artikel ke halaman fanspage dapat menggunakan aplikasi fanpage Manager melalui handphone. Perlu sobat ketahui bahwa instant article hanya berjalan pada mobile phone berbasis iOS dan Android atau yang lainnya yang menggunakan aplikasi facebook. Jadi instant artikel hanya akan tampil pada timeLine teman Anda yang menggunakan aplikasi Facebook.

Dengan menggunakan aplikasi Page Manager yang dapat diunduh pada play Store kita akan menggunakan untuk menshare artikel dari production artikel ke halaman fanspage secara publik untuk diviralkan.

Selanjutnya adalah memantau kinerja instant artikel pada audience network dan mendapatkan pembayaran pertama setelah mencapai ambang batas pembayaran. Lihat penjelasannya pada cara membuat instant article facebook lanjutan.