Cara Membuat Instant Article Facebook

Artikel cara membuat instant article Facebook ini adalah kelanjutan dari artikel sebelumnya yang telah saya tulis dengan judul cara mendapatkan uang dari instant article Facebook. Dalam artikel tersebut telah saya jelaskan secara singkat cara kerja bagaimana seorang publisher memonetize konten mereka sampai mereka mendapatkan uang dari Facebook. 

Nah pada kesempatan ini saya ingin melanjutkan artikel tersebut dengan memonitor kinerja instant article pada dashboard audience Network. Telah dijelaskan juga sebelumnya audience network adalah penyedia iklan pada instan artikel sama seperti Google Adsense milik Google. Di mana kita dapat melihat statistik tampilan iklan, jumlah klik, dan besarnya cpm serta revenue yang kita peroleh selama jangka waktu tertentu.


Cara Membuat Instant Article Facebook
Pada dashboard audience Network terdapat beberapa rincian field seperti permintaan, diisi, tayangan, click, tingkat isian, cTR, cpm dan estimasi revenue. Dari beberapa indikator tersebut mungkin masih ada yang bertanya maksudnya apa sih dengan permintaan, diisi, tayangan dan yang lainnya. Nah berikut ini penjelasan singkatnya tentang istilah tersebut agar kita dapat membaca laporan kinerja audience network. 

Permintaan 

Jumlah iklan yang diminta oleh aplikasi instant article yang dibuka oleh user pengguna aplikasi facebook baik android atau ios

Diisi 

Jumlah iklan yang diberikan audeince network untuk aplikasi instant article

Tayangan 

Jumlah tayangan iklan yang terlihat oleh pengguna aplikasi facebook

Click 

Jumlah klik iklan yang tayang oleh pengunjung aplikasi instant article

Tingkat isian / Fill rate

Fill rate adalah jumlah iklan yang diberikan berbanding dengan jumlah iklan yang kita minta. Ada beberapa faktor mengapa tidak semua permintaan dipenuhi:
  • Orang yang menggunakan aplikasi Anda tidak masuk ke aplikasi Facebook dalam 30 hari terakhir, atau orang di situs web seluler Anda tidak masuk ke Facebook di browser yang sama. Agar dapat menampilkan iklan yang ditargetkan, Audience Network harus dapat mencocokkan setiap orang dengan profil Facebook mereka. Tanpa kecocokan ini, facebook tidak dapat memenuhi permintaan.
  • Orang yang menggunakan aplikasi atau situs Anda menonaktifkan iklan yang ditargetkan di pengaturan perangkat mereka.
  • Aplikasi atau situs Anda meminta terlalu banyak iklan dalam periode waktu singkat. Audience Network membatasi penayangan iklan hingga maksimal 25 iklan yang ditayangkan per 30 menit ke satu orang. Audience Network juga akan membatasi penayangan iklan jika aplikasi atau situs Anda meminta lebih dari satu iklan untuk penempatan spanduk yang sama dalam waktu 15 detik.
  • Audience Network tidak dapat menemukan iklan relevan yang cocok dengan penargetan dan minat orang yang menggunakan aplikasi atau situs Anda. Periksa filter Anda untuk memastikan Anda tidak mengecualikan terlalu banyak pengiklan.

CTR 

Ctr adalah prosentase clik iklan dan penayangan iklan, misal jika tayangan iklan sebanyak 100 dan klik iklan sebanyak 5, maka besarnya CTR adalah 5%

eCPM 

eCPM, atau biaya efektif per 1000 tayangan, merupakan ukuran standar pendapatan dari iklan. eCPM untuk setiap penempatan di aplikasi atau situs Anda akan berbeda, dan ini dipengaruhi oleh faktor seperti:
  • Negara tempat pemirsa Anda berada.
  • Format iklan yang Anda pilih (misalnya, iklan native cenderung memiliki eCPM lebih tinggi daripada iklan spanduk).
  • Pengaturan waktu, frekuensi, dan lokasi iklan di aplikasi atau situs Anda.
  • Pengaturan pengoptimalan kinerja Anda, tempat yang dapat Anda pilih untuk memprioritaskan tingkat eCPM atau fill rate.
  • Skor hasil pengiklan Anda untuk setiap penempatan, yang mengevaluasi seberapa sering orang mengambil tindakan pada sebuah iklan.

Estimasi revenue

Adalah perkiraan jumlah pendapatan yang akan diterima dan pendapatan iklan akan bergantung pada jumlah orang yang menggunakan aplikasi atau situs , jumlah iklan dari Audience Network yang mereka lihat, dan eCPM rata-rata iklan.