Google Play Protect Apk | Google Play Service Versi 11

Cara Melindungi HP Android Dari Virus, Malware Atau Bahkan Pencurian

Google Play protect adalah sebuah sistem keamanan yang dikembangkan oleh developer Android sebagai sebuah sistem keamanan yang tidak pernah tidur untuk menjaga perangkat, data dan aplikasi anda agar tetap aman. Cara kerja Google play protect dalam menjaga keamanan ponsel Anda adalah dengan secara otomatis men-scan atau memindai semua aplikasi yang terinstal pada perangkat Android yang kita miliki setiap hari dengan lencana verifikasi yang disediakan untuk melihat semua aplikasi bebas dari virus. Dengan layanan ini pengguna dapat memperoleh pengalaman berselancar yang aman dalam sebuah website atau menginstal aplikasi di perangkat. 

Google Play protect merupakan fitur yang include ke dalam aplikasi Google Play Store untuk di user yang telah mengupdate versi terbaru Google Play service versi 11, namun jika anda telah mengupdatenya dan belum mendapatkan google Play protect dalam perangkat android Anda maka silahkan download Google Play protect APK di google play Store, kemudian install untuk menggunakannya. 
Google Play Protect Apk | Google Play Service Versi 11

Selain menjaga perangkat dari aplikasi atau website yang mengandung malware atau virus. Fitur Google Play protect juga memberikan document control perangkat yang hilang dengan menggunakan fitur Find My Device untuk melacak lokasi HP berada dengan cara melakukan login menggunakan account Google anda yang terdapat pada HP tersebut sehingga anda dapat melakukan panggilan langsung dari browser dan mengunci tampilan layar telepon dengan memberikan pesan seperti nama dan kontak yang bisa dihubungi untuk memberitahukan seseorang yang menemukan hp tersebut, sehingga orang yang menemukan dapat menghubungi anda untuk mengembalikan perangkat tersebut, namun jika anda yakin bahwa perangkat tersebut telah hilang dan tidak akan kembali selamanya dengan fitur ini anda tetap dapat menjaga keamanan data dengan menghapus semua data melalui web browser, dengan catatan fitur GPS posisi on pada HP.

Hal yang harus anda lakukan ketika anda Kehilangan HP Android adalah masuk www.android.com/find menggunakan email google yang ada pada perangkat tersebut melalui web browser seperti Google Chrome atau Firefox. Pada fitur yang lalu pencarian hP yang hilang menggunakan Android Device Manager dan sekarang dialihkan atau diganti dengan fitur Find my device.


Dengan diluncurkannya layanan google Play protect yang layanannya berjalan otomatis di background tetapi kita tetap bisa menggunakannya dengan melakukan scanning sendiri, menjadikan perhatian bagi developer aplikasi yang "nakal" untuk mengubah aplikasi yang dibuat agar sesuai dengan peraturan yang telah ditentukan oleh google yang jika ini diabaikan maka aplikasi tersebut akan tersuspend.

Berikut ini beberapa tips untuk selalu aman menggunakan perangkat Android: 
  1. Pastikan aplikasi yang terdownload berasal dari sumber yang terpercaya seperti Google Play Store 
  2. Buat sebuah kunci layar yang rahasia untuk mengamankan perangkat anda ketika berpindah tangan sementara juga Anda tambahkan akun Google ke perangkat tersebut sehingga Perangkat tidak dapat reset ke setelan pabrik. 
  3. Ketika perangkat benar-benar telah hilang hapus data pada perangkat tersebut dengan masuk ke find my device untuk menghindari penyalahgunaan data yang kita miliki. 
  4. Selalu update security setting dengan membuka pengaturan aplikasi> security dan buat pengaturan dari screen security ke enkripsi administrasi perangkat.
  5. Pastikan Android security patch level telah update dalam pengaturan perangkat yang dapat dilihat dari pengaturan aplikasi> tentang telepon> android security patch level akan tampil tanggal yang memberitahukan update terakhir dari sistem security Android.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda coba secara bersamaan dengan penggunaan google Play protect untuk keamanan smartphone yang kita miliki, walaupun sering kita dengar dalam istilah security system bahwa tidak ada sistem yang 100% aman, namun setidaknya kita setelah menggunakan sistem yang paling aman dalam teknologi yang ada saat ini.