Cara Membuat Website Gratis Selama 1 Tahun Dengan Domain Freenom Dan Hosting Infinityfree

Sahabat blogger, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi pengalaman tentang bagaimana cara membuat website gratis berbasis Wordpress dengan menggunakan domain gratis dari freenom dan web hosting gratis dari infinityfree untuk masa aktif domain selama kurang lebih 1 tahun. 

Freenom.com merupakan website penyedia domain gratis pertama di dunia yang menyediakan beberapa ekstensi domain seperti .tk, .ml,.ga, .cf dan .gq. Bila kita melihat pada websitenya , menjelaskan tentang freenom yang bertujuan untuk memberikan kemudahan masyarakat luas untuk menggunakan teknologi berbasis website, terutama pada negara-negara berkembang. Masyarakat pada negara berkembang dapat menggunakan domain gratis untuk masuk ke dalam bisnis online yang sedang berkembang pesat saat ini. 

Sedangkan infinityfree adalah website yang memberikan share hosting unlimited secara cuma cuma hanya dengan dibatasi jumlah hit maksimal ke server sebanyak 55.000 hit per hari untuk tetap dapat menggunakannya, yang artinya jika kunjungan web melebihi jumlah tersebut itu artinya sobat harus membeli/ sewa yang premium. Di dalam negeri sendiri website seperti Freedom dan Infinite memberikan dukungan lebih kepada para pelajar dan mahasiswa serta publisher internet marketing untuk melakukan pembuatan website secara cuma-cuma dan uji coba.

Berawal dari seorang teman yang memberikan tutorial untuk mendaftar instant article di developer Facebook, saya mulai terbuka bahwa untuk melakukan sebuah uji coba atau trial terhadap project yang berhubungan dengan website tidak harus menggunakan biaya. Seperti pada kasus pendaftaran publisher di instant article Facebook yang memerlukan website dengan platform wordpress untuk dapat dikoneksikan dengan halaman fanspage. Dan dari fanspage itulah instant article dapat diposting untuk kemudian dishare di tampilan Facebook.

Instant article merupakan sarana bagi publisher atau blogger untuk memonetize website yang mereka miliki di halaman aplikasi facebook pada smartphone, yang memiliki cara kerja hampir sama dengan Google AdSense. Artikel yang merupakan bagian dari instant article Facebook biasanya ditandai dengan tanda kilat, sama seperti website berbasis amp (accelerated mobile Pages) pada Google. Instant article dan amp merupakan teknologi yang dikhususkan pada perangkat mobile, di mana sebuah halaman akan sangat mudah dibuka dalam sebuah Browser. Untuk lebih lengkapnya nanti akan kita bahas tersendiri tentang Intan artikel dan amp ini.

Untuk memulainya saya sarankan sobat memiliki satu akun email dari Gmail yang aktif untuk digunakan mendaftar di freenom dan infinityfree. Cara daftar melalui akun Gmail lebih mudah karena sistem pada freenom memungkinkan pembuatan akun melalui akun media sosial seperti Google Plus dan Facebook, sehingga kita tidak perlu mengisi form pendaftaran dan membuat user dan password baru karena otentikasi login langsung memakai akun media sosial tersebut. Hal ini juga untuk mengantisipasi kemungkinan lupa akun.

Cara Mendaftar Domain & Set DNS di Freenom

Langkah-langkah cara membuat website gratis di freenom dan Infinite free:
  • Login ke akun Gmail yang sudah aktif googleplus nya
  • Buka halaman baru di alamat freenom.com kemudian kemudian klik find new free domain, kemudian ketikkan nama domain yang diinginkan dan klip di check availability.
Cara Membuat Website Gratis Selama 1 Tahun
  • Freenom akan menampilkan domain sesuai pencarian dengan extension .tk, .ml,.ga, .cf dan .gq.
  • Jika domain yang kita cari belum digunakan oleh orang, maka domain akan terlihat untuk dapat kita pilih.
  • Setelah kita pilih domain yang kita inginkan, lanjut ke check out untuk menyelesaikan order dengan memilih masa aktif domain 12 Month (1 Tahun) Free.
Cara Membuat Website Gratis Selama 1 Tahun 1
  • Setelah domain masuk ke account freenom di mydomain, langkah selanjutnya adalah seting DNS untuk mengarahkan domain ke name server infinityfree.net dengan memasukan ns1.byet.org, ns2.byet.org, ns3.byet.org, ns4.byet.org and ns5.byet.org pada custom domain name server, kemudian save konfigurasi.
Cara Membuat Website Gratis Selama 1 Tahun 2

  • Sampai disini pembuatan domain di freenom telah selesai

Cara Membuat Hosting Infinityfree 

  • Langkah selanjutnya adalah membuat user di infinityfree.net dengan memasukan email, password dan konfirmasi password, kemudian sign up.
  • Berikutnya adalah buka inbox email yang didaftarkan di infinityfree.net untuk melakukan verifikasi email.
  • Selanjutnya silakan anda login ke infinityfree.net
  • Pada halaman awal infinityfree, masukan domain yang telah diseting DNSnya di freenom pada kolom pencarian  "use your own domain" 
Cara Membuat Website Gratis Selama 1 Tahun 3
  • Jika tidak ada kesalahan pada seting DNS, maka domain kita seharusnya akan tampil /tersedia pada pencarian dan kita bisa melakukan pembuatan akun untuk website dan tunggu beberapa saat untuk proses generate akun sampai muncul di dashboard.
Cara Membuat Website Gratis Selama 1 Tahun 4

  • Pada halaman dasboard akan ada 3 menu utama yaitu Control Panel, Website Builder dan File Manager.
Cara Membuat Website Gratis Selama 1 Tahun 5

  • Untuk membuat website berbasis CMS (content management system) seperti wordpress atau joomla, silakan sobat pilih Control Panel => Softaculous => Wordpress , kemudian install wordpress dengan mengisi beberapa field seperti folder tempat instalasi, user name dan password.
  • Setelah wordpress telah terinstal, sobat tinggal memilih tamplate website yang di inginkan, bisa menggunakan template gratis yang tersedia di list atau upload sendiri template jika kita memiliki versi premium atau versi gratis dari internet.
  • Pada langkah ini sobat sudah berhasil membuat website dan bisa memanage website dari dashboard wordpress di namadomain.ml/wp-admin
Baik itulah tutorial singkat Cara Membuat Website Gratis Selama 1 Tahun Dengan Domain Freenom Dan Hosting Infinityfree , untuk customize wordprees tunggu postingan selanjutnya. Semoga bermanfaat.