3 Cara Mudah Top Up / Isi Ulang Mandiri E Money Lewat HP

Cara Mudah Isi Ulang Mandiri E Money Lewat HP - Uang elektronik Mandiri atau e-money Mandiri adalah produk bank Mandiri untuk transaksi elektronik yang sudah banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia dewasa ini. E-money Mandiri yang bisa kita temukan dengan mudah di  minimarket indomaret menjadi lebih populer digunakan oleh masyarakat karena kemudahan melakukan pembelian maupun isi ulang/ top up di gerai Indomaret yang banyak tersebar di sekitar kita.

E money mandiri bisa dipakai dimana saja? Kegunaan uang elektronik Mandiri / e-money mandiri yang paling populer saat ini adalah untuk pembayaran tol dan transportasi umum / mass transportation seperti busway (trans jakarta & jogja) dan commuter Line. Selain itu juga untuk pembayaran beberapa tempat parkir seperti TPE (Terminal Parkir Elektronik), pembelian bahan bakar kendaraan di SPBU berlogo emoney, untuk belanja di toko retail (indomart & alfamart) dan belanja di toko, wahana hiburan dan restoran berlogo e-money.

Walaupun banyak cara untuk melakukan isi ulang atau top up kartu e-money mandiri baik melalui merchant ataupun ATM adakalanya kita malas untuk keluar rumah oleh karena satu dan lain hal. Oleh karena itu Pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi cara mudah melakukan top up atau isi ulang uang elektronik Mandiri / emoney Mandiri melalui HP yaitu menggunakan fitur Aplikasi mandiri e-money isi ulang, aplikasi Mandiri online dan SMS mandiri yang dapat dilakukan dengan mudah tanpa harus keluar rumah.

Pada langkah-langkah yang akan kita jelaskan dibawah ini, teman-teman dianggap sudah memiliki rekening bank Mandiri dengan saldo yang cukup dan sudah mendaftar atau dapat menggunakan fasilitas internet banking, mobile banking atau SMS banking Mandiri. Jadi kalau teman-teman belum memiliki hal tersebut di atas maka sebaiknya sobat dapat meminta bantuan kepada orang terdekat yang memiliki akses tersebut. Baiklah langsung saja berikut ini beberapa cara isi ulang/ top up mandiri e-money yang dapat dilakukan melalui HP.


Cara Mudah Top Up / Isi Ulang Mandiri E Money Lewat HP

1. Melalui Aplikasi mandiri e-money isi ulang

Aplikasi mandiri e-money isi ulang adalah aplikasi sarana isi ulang untuk seluruh varian mandiri e-money (kartu e-money, e-tollcard, indomaretCard, GazCard dll) melalui media smartphone NFC (near field communication) menggunakan source of fund kartu debet bank yang telah memiliki lisensi 3D Secure atau VCN (virtual card number) dengan biaya transaksi sesuai ketentuan Bank.

Untuk dapat menggunakan layanan ini pengguna perlu:
1. Mengunduh aplikasi di Play Store secara gratis
3 Cara Mudah Top Up / Isi Ulang Mandiri E Money Lewat HP

2. Melakukan registrasi diaplikasi dengan memasukan nama, email, no ponsel dan password
3. Mengaktifkan fitur NFC (near field communication) pada smartphone
4. Memiliki kartu debet yang diterbitkan oleh Bank di Indonesia dengan fitur 3D Secure atau VCN*)

Langkah langkah menggunakannya:
  • Download Aplikasi mandiri e-money isi ulang
  • Lakukan registrasi dengan mengisi form di dalam Aplikasi seperti username, email, no HP, Password. Setelah melakukan pendaftaran Nasabah akan menerima kode aktivasi yang dikirimkan melalui no HP didaftarkan.
  • Pastikan fitur NFC pada smartphone sudah dinyalakan
  • Login ke dalam Aplikasi
Cara top up via Aplikasi mandiri e-money isi ulang
  • Tempelkan kartu e-money kebelakang smartphone Anda. Disarankan tanpa menggunakan filpcase atau sejenisnya.
Cara top up via Aplikasi mandiri e-money isi ulang 2
  •  Sisa saldo dan nomor kartu akan muncul ke layar Aplikasi.terdapat juga pilihan untuk nominal yang akan Nasabah Top up. 
Cara top up via Aplikasi mandiri e-money isi ulang 3
  • Pilih nominal yang akan di top up

Cara top up via Aplikasi mandiri e-money isi ulang 4
  • Masukan nomor kartu debit anda, beserta masa berlakunya, dan kode CVV. Kode CVV adalah 3 digit terakhir nomor kartu yang ada dibalik kartu debit Nasabah. Jika sudah benar, akan muncul konfirmasi isi ulang

Cara top up via Aplikasi mandiri e-money isi ulang 5
  • OTP akan muncul pada smartphone Nasabah. Catat OTP tersebut.
  • Masukan kode OTP pada kolom Kode Otorisasi
  • Jika sebelumnya kartu e-Money Nasabah masih menempel, lepaskan dan tempel kembali untuk melakukan isi ulang.

Cara top up via Aplikasi mandiri e-money isi ulang 6
  • Tunggu hingga proses Top up selesai dan berhasil

Cara top up via Aplikasi mandiri e-money isi ulang 7

2. Cara Isi Ulang / Top Up Kartu e Money via Mandiri Online:

Catatan: Untuk mengakses layanan mandiri online yang merupakan solusi layanan internet banking terbaru bank mandiri, maka HP sobat harus sudah terdaftar di cabang bank mandiri.
  • Login ke Situs Mandiri Online
Top Up Kartu e Money via Mandiri Online
  • Masukan user id dan password untuk masuk ke aplikasi mandiri online
  • Pilih Menu "e Money" kemudian pilih "Isi Ulang e-Money
  • Masukkan Data yang dibutuhkan
Setelah itu akan muncul form yang berisi tentang data-data yang dibutuhkan untuk melakukan proses isi ulang kartu e money tersebut. Form yang ada di situs tersebut berisi tentang sumber rekening, nomor kartu dan jumlah nominal saldo yang dibeli

  • Lakukan Konfirmasi beserta Respon Code
Setelah pengisian data sudah dilakukan maka konfirmasi kembali nominal saldo yang akan dibeli dan masukkan "Respon code" yang didapat dengan menekan challenge code yang ada dilayar computer ke dalam token Mandiri internet

  • Update Saldo
Proses terakhir adalah dengan melakukan update saldo. Update saldi e money ini bisa bisa dilakukan di HP Android yang memiliki fitur HP Android NFC. Namun apabila hp Android Anda tidak memiliki fitur tersebut maka perbaruan saldo e money bisa dilakukan di ATM Mandiri.

3. Cara Mengisi Saldo melalui Mandiri SMS


Proses isi ulang kartu e money berikutnya di Hp Andorid bisa dilakukan dengan melalui Mandiri SMS. Cara ini tidaklah sulit dan dapat menggunakan HP Android sobat. Berikut ini langkah langkahnya:

  • Lakukan Panggilan *141*6#
Pertama lakukan panggilan dengan format *141*6# kemudian langsung klik Ok atau panggil (dial)

  • Pilih Menu No. 5 Beli
Lanjutkan dengan melakukan pembelian top up saldo e money pada pilihan nomor 5 (lima)
  • Pilih Menu No. 3 Top Up e-Money
Selanjutnya pilih menu "Top Up e Money" yang ada dipilihan nomor 3 (tiga)
  • Masukkan Nomor Kartu e-Money
Setelah itu Anda bisa masukkan nomor Kartu Mandiri e money yang akan diisi (top up)
  • Pilih Nominal yang akan dibeli
Pilih salah satu nominal saldo e money yang akan dibeli
  • Masukkan PIN Mandiri SMS yang Diminta
  • Langkah terakhir setelah proses diatas dilakukan adalah dengan update saldo kartu e-money melalui ATM Mandiri. Atau bisa juga update melalui aplikasi Mandiri e-money isi ulang di HP Android yang sudah memiliki fitur NFC.
Itulah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk melakukan isi ulang uang elektronik Bank Mandiri / e-money mandiri yang dapat dilakukan dengan mudah lewat HP Android yang teman-teman miliki. Semoga bermanfaat.