Cara Mengaktifkan 4G Indosat dan Telkomsel

Sebelum mengaktifkan 4g baik di indosat maupun telkomsel sebaiknya kita ketahui dulu apa sih 4G ini? Menurut beberapa sumber 4G merupakan istilah dalam bahasa inggris (Fourth Generation Technology) atau teknologi generasi ke 4 yang merupakan pengembangan dari teknologi 3G. 4G sebenarnya memiliki nama 10G and Beyond dari pengembangnya yaitu IEEE (Institue Of Electrical and Electronics Engineers) yang merupakan organisasi internasional, beranggotakan para insinyur, dengan tujuan untuk mengembangkan teknologi untuk meningkatkan harkat kemanusiaan.

4G Memiliki spesifikasi kebutuhan perangkat yang berbeda dengan teknologi sebelumnya, jadi untuk mengaktifkan 4G ini minimal di penuhi syarat-syarat berikut ini:
  1. Sobat sudah masuk covered lokasi yang sudah terpasang jaringan 4G dari provider baik telkomsel atau indosat, karena sejauh ini baru beberapa kota besar yang sudah support untuk jaringan 4G.
  2. Sobat sudah memiliki simcard 4G atau sudah meng-Upgradenya di Grapari Telkomsel atau Gerai Indosat. 
  3. Sobat sudah memiliki device atau perangkat yang sudah mendukung teknologi 4G ini misalnya smart phone, tablet atau modem yang di gunakan untuk koneksi internet.
Nah jika tiga syarat diatas sudah terpenuhi maka seharusnya sobat sudah bisa menggunakan layanan jaringan 4G, namun jika masih belum bisa maka sobat perlu mengecek konfigurasi perangkatnya seperti :

Cara Mengaktifkan 4G di Modem

Seperti syarat yang telah saya uraikan diatas, perangkat modem yang dapat mengakses jaringan  4G adalah perangkat yang didalamnya sudah terpasang teknologi 4G, artinya jika sobat selama ini sudah menggunakan modem HSPA/HSDPA maka sobat harus meng-upgrade atau mengganti dengan yang sudah mendukung jaringan 4G. Dan untuk produk yang beredar dipasaran memang masih sedikit sejauh pengamatan saya beberapa bulan yang lalu ketika saya mencari modem 4G di beberapa toko online dan offline di kota saya masih sedikit variannya dan harganya juga mengikuti.

Berikut ini Cara mengaktifkan 4G di modem dengan masuk ke menu Pengaturan pilih Band untuk merubah ke jaringan 4G atau LTE kemudian Apply untuk konfirmasi konfigurasi. 
Cara Mengaktifkan 4G Indosat dan Telkomsel

Untuk kofigurasi profile di jaringan kartu telkomsel gunakan APN internet atau telkomsel dan *99# pada phone number atau access number.
APN internet atau telkomsel

Cara Mengaktifkan 4G di perangkat Samsung Galaxy

Samsung Galaxy J2, Samsung Galaxy J3, Samsung Galaxy J5 merupakan produk smartphone yang sudah mendukung teknologi 4G, jika sobat sudah memiliki simCard 4G dan wilayah yang tercover jaringan 4G maka untuk mengaktifkan 4G di perangkat samsung Galaxy bisa dilakukan konfigurasi jaringan sebagai berikut:

Pertama sobat masuk ke menu pengaturan, pilih jaringan seluler, kemudian pada mode jaringan pilih 4G/LTE dalam konfigurasi kemudian simpan pengaturan.


Cara Mengaktifkan 4G Indosat dan Telkomsel
Semoga bermanfaat.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »