Recent Posts Widget

Cara Membuat QR (Quick Response) Code Sendiri dan Contoh Kode QR dalam SKHUN

 Cara Membuat QR (Quick Response) Code Sendiri
Salam sobat blogger, di era digital ini kita mengenal QR Code atau Quick Response Code, yang adalah sebuah teknologi generasi kedua dari optical machine-readable atau barcode, dimana QR Code merupakan barcode dua dimensi yang memungkinkan pengambilan kodenya ketika scanning dari semua arah atau 360 derajat.
Cara Membuat QR (Quick Response) Code Sendiri

Pada awalnya barcode hanya dapat menampung 20 alphanumeric untuk informasi yang dapat disimpan, sedangkan untuk QR code memiliki fiture:
  • Mampu menampung lebih dari 7000 numeric, alphabetic characters, Kanji, Kana, Hiragana, symbols, binary, and control code dengan kecepatan 10 kali lebih cepat dari barcode.
 encoding data pada QR Coce
 Ilustrasi encoding data pada QR Code
  •  Hasil print out yang lebih kecil daripada barcode
Small print out QR Code
  • Lebih tahan terhadap rusak dan kotor
  • Pembacaan kode dari semua arah atau 360 derajat
  • Dapat menambahkan fitur tambahan seperti logo, gambar atau icon perusahaan
  • Mendukung huruf kanji dan kana (huruf dalam bahasa jepang)
 QR Code pertama kali dirlis pada tahun 1994 oleh DENSO WAVE sebuah Devisi dari Denso Corporation sebuah perusahaan dari jepang. Sejak QR Code menjadi open source, penggunaannya sekarang hampir dipakai diseluruh dunia, terutama untuk kegiatan bisnis dan industrial. Dengan kapasitas penyimpanan yang cukup banyak qr code dapat juga di gunakan sebagai sarana iklan, profil perusahaan atau lembaga, pembuatan kartu nama, pembuatan tiket elektonik, media pemberitaan, mengarahkan pengunjung ke sebuah Url website dan masih banyak lagi termasuk dalam dunia pendidikan yaitu pada Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional (SKHUN).

Cara Membuat QR (Quick Response) Code Sendiri

Bagaimana caranya membuat kode qr sendiri, sekarang sudah banyak website yang menyediakan pembuatan kode qr secara online dan gratis, beberapa website tersebut adalah:
  • https://qrcode.kaywa.com

  • http://goqr.me

  • http://www.qrstuff.com

  • http://www.qr-code-generator.com

  • https://www.the-qrcode-generator.com  

Caranya ikuti petunjuk dari website tersebut, karena setiap website memiliki ketentuan masing-masing. Saya ambil contoh untuk qr-code-generator.com disana kita diharuskan login untuk dapat membuat dan mendownload qr code. Berikut ini tutorial gambarnya:
  • Ketika kita sudah login kita akan masuk ke halaman app, seperti gambar dibawah. Disana terdapat beberapa tipe pilihan kode yang bisa dipilih seperti : alamat website / blog (Url), Facebook Fan Page, Pdf File, App Stores, Image Gallery, MP3 File, Multi Url, VCard, Email, SMS dan Text. Ini artinya jika sobat memilih alamat website maka orang akan diarahkan ke sebuah website yang kita pilih setelah mereka melakukan scanning kode QR yang kita buat. Beberapa fitur tersebut memang tidak sepenuhya free atau gratis namun ada beberapa fiture yang merupakan paket premium. Jadi silakan sobat pilih sesuai keperluannya.
  • Dalam tutorial ini saya memilih alamat website / Url, kemudian kita diminta untuk memasukan alamat yang kita tentukan sebagai target QR. Setelah itu klik pada tombol Next atau Go Back untuk mengganti tipe.
  •  Langkah ketiga adalah mendesign QR, diantaranya memilih tamplate, mengupload logo atau memilih yang sudah ada dan mengganti scema warna sesuai dengan selera sobat sekalian. Setelah itu klik Done

  • Setelah selesai kita bisa mendownloadnya dalam file image, atau jika ada kekeliruan sobat bisa edit ulang.
Cara Membuat QR (Quick Response) Code Sendiri


Sebagai contoh kita bisa membuat sebuah berita atau artikel yang kita generate kedalam sebuah kode qr atau dengan menshare alamat urlnya dengan begitu kita bisa menshare artikel kita dengan kode qr tersebut. Sebagai contoh QR Code berikut adalah kode yang saya buat untuk alamat url artikel ini, silakan sobat scan untuk bisa membuktikannya sendiri.
Contoh lainnya adalah

Kode QR pada Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional (SKHUN). 

Dalam surat kelulusan yang diterbitkan oleh dinas pendidikan nasional terdapay kode qr yang bila di scan hasilnya menampilkan No peserta ujian nasional (UN), Nama siswa, Tempat tanggal lahir, Sekolah Asal, Nilai Ujian Nasional


Kode QR pada Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional (SKHUN)

Kode QR pada Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional (SKHUN)

Scan SKHUN



Semoga bermanfaat....

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »