7 Tool SEO Gratis Yang Bisa Menjadi Referensi Blogger & Wordpress

Salam sobat blogger, mengoptimasi sebuah blog atau website memang tidaklah mudah perlu pengetahuan yang cukup untuk dapat masuk di halaman pertama mesin-mesin telusur, terutama mesin pencari yang sudah sangat populer di dunia yaitu Google. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk bisa masuk dihalaman pertama Google hal ini dikarenakan juga banyak faktor yang menentukan dan saling keterkaian.

Bersadarkan pengalaman, sebuah konten yang unik dengan judul yang unik atau kata kunci yang unik, pasti akan terindek dihalaman pertama Google dengan kata lain kita menjadi yang pertama menulis, jadi jika anda punya pengalaman yang menurut anda itu belum atau masih jarang orang yang mengalaminya maka itu adalah potensi yang bagus di mesin pencari. 

Namun yang menjadi masalah ketika kita menggunakan kata kunci yang unik tadi apakah kata kunci tersebut banyak yang mencari atau tidak dalam mesin telusur, atau jangan-jangan hanya kita saja yang mencarinya atau dengan kata lain kata kunci tersebut menjadi halaman pertama google karena tidak memiliki pesaing atau kompetitor.

Itu sedikit faktor SEO dari segi konten, judul dan kata kunci. Faktor lain yang menyangkut masalah teknis adalah seperti pemilihan tamplate blog atau website, dimana disitu terdapat meta tag yang akan sangat berpengaruh dalam google SERP. Salah satu caranya adalah dengan melihat default tag untuk judul pada tamplate apakah sudah SEO friendly atau tidak, baca Cara Mengetahui Peforma Sebuah Blog / Website 

Squirrly SEO Wordpress

Tool SEO ini adalah untuk website yang menggunakan situs wordpress, dengan memasang plugin ini pengguna wordpress akan mendapat suggestion atau saran ketika hendak membuat konten tertentu dengan pemilihan kata kunci yang sesuai dengan konten dan SEO friendly. Tool ini menjembatani antara pengguna dan tehnik SEO yang biasanya harus melakukan reset kata kunci terlebih dahulu ketika hendak membuat sebuah konten, tool ini sangat cocok untuk blogger pemula yang masih awam tentang SEO. 

Menggunakan tool ini ketika sobat mengetik tentang sebuah topik, antarmuka akan menyala hijau untuk kata atau kalimat yang sesuai, jadi sobat sekalian akan tahu atau diberitahu bahwa apa yang sobat tulis sesuai dengan topik dan seo friendly. Ini di ibaratkan sobat menulis sebuah konten dengan didampingi konsultan SEO yang ahli, memberikan saran dan memberitahu apa yang harus sobat perbaiki.



Download Squirrly SEO Toll disini


Google Keyword Planner

Tool ini adalah produk gratis yang diberikan google adword, dimana kita bisa meriset sebuah kata kunci yang sesuai dengan konten yang akan kita buat, lengkap dengan tingkat persaingan dan harga jika kita mengiklankannya di google.

Untuk menggunakan tool ini sobat harus memiliki sebuah account google untuk dapat login di google adword. Dalam google keyword planner ini ketika sobat hendak menentukan kata kunci maka akan diminta target yang akan di pilih baik dari target geografis/ wilayah seperti negara kemudian bahasa yang di gunakan, mesin pencari yang mendukung. Selain itu juga nama produk yang akan kita pasarkan, kategori dari jenis produk yang akan kita jual atau kategori konten yang akan kita buat untuk sebuah artikel dan juga target Url untuk landing page yang kita siapkan. Silakan sobat coba langsung ke TKP Google Keyword Planner.

Google Trends

Google trends adalah tool yang bisa kita pakai untuk mengetahui sebuah topik atau produk yang populer berdasarkan letak geografis seperti negara dan kota. Ini sangat penting terutama untuk bisnis internet jenis toko online, dimana sebuah produk yang kita jual keseluruh dunia yang tentunya tidak semua negara atau kota mencari produk yang kita tawarkan.

Dengan google trends kita dapat meriset kata kunci yang sesuai dengan wilayah yang membutuhan produk yang kita jual, misalnya sobat akan menjual "Jaket Kulit" dengan target market lokal maka kita bisa memasukan kata kunci jaket kulit dalam istilah pencarian google trends.
Dari data google trends selama 12 bulan terakhir di wilayah negara indonesia bahwa kueri pencarian dengan kata kunci jaket kulit terbesar di propinsi jawa barat,  kemudian DKI jakarta, banten dan seterusnya. Dari data tersebut tentunya kita bisa mengambil kesimpulan bahwa ketika mau menjual "Jaket Kulit" maka kita jual produk tersebut ke kota-kota yang tercantum pada tabel diatas, karena selain kota-kota tersebut tidak ada orang yang mencari atau mungkin sangat sedikit yang membutuhkannya. Hal ini akan sangat berguna ketika target pasar kita sudah go internasional atau global market karena bahasa yang dipakai harus menyesuaikan dengan bahasa negara yang menjadi targetnya, hal yang sama juga kita terapkan ketika kita meriset kata kuncinya. Silakan sobat bereksplorasi di google trends.

Ahrefs Content Explorer


Google Analytics


Keywordtool.io


Quick Sprout