Cara Membuat Siaran Langsung di YouTube | Cara Mudah Live Streaming di YouTube

Membuat sebuah siaran langsung melalui YouTube channel dapat dilakukan dengan mudah menggunakan aplikasi open broadcasting software atau lebih dikenal dengan singkatan OBS. Aplikasi broadcasting ini gratis digunakan karena bersifat open source dan dapat digunakan untuk sistem operasi Windows 32bit maupun 64-bit, sistem operasi Ios dan Linux. 

Buat sobat yang memiliki youTube channel untuk bisnis atau hanya sekedar iseng membuat live streaming youTube, aktivitas live streaming dapat menambah jumlah subscriber dan penayangan channel sehingga channel yang kita miliki lebih dikenal oleh lebih banyak orang.

Dalam tutorial singkat ini akan kita bahas bagaimana cara membuat live streaming di YouTube dengan menggunakan File yang ada di komputer.


Langkah-langkah lakukan di antaranya: 

  • Menyiapkan aplikasi obs dengan mendownload langsung pada halaman resmi open broadcasting software. Pilih zip file sesuai dengan perangkat yang kita gunakan kemudian ekstrak zip file yang telah terdownload kemudian ekstrak file dalam sebuah folder. Untuk sistem operasi Windows disediakan 2 mesin yaitu 32bit dan 64bit sedangkan yang lainnya menyesuaikan. 
  • Jalankan file aplikasi dari hasil ekstrak kemudian atur settingan ke dalam service youTube live. Dalam kondisi pengaturan ini diperlukan sebuah stream key untuk dapat menghubungkan aplikasi ke server facebook.
  • Streaming key diperoleh dari channel YouTube yang kita miliki untuk kemudian di copy paste kan ke aplikasi open broadcaster software. 
  • Langkah berikutnya adalah mencari sumber file yang akan di onlinekan secara streaming melalui bagian media. 
  • Setelah file masuk ke aplikasi dan tidak terjadi error maka kita bisa langsung memulai streaming dengan tombol start streaming. 
  • Ketika konfigurasi sudah benar, maka halaman youTube live akan reload media yang kita pasangkan. 
  • Sampai disini video yang kita miliki sudah lain melalui YouTube. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat tutorial cara membuat live streaming TV youTube di bawah ini.



Demikian tutorial singkat cara membuat video live streaming dari YouTube dengan menggunakan aplikasi open broadcasting software. Silahkan share jika bermanfaat.