Recent Posts Widget

Dapodikdas dan Dapodikmen Menjadi Dapodikdasmen Kemendikbud

Dapodikdas dan Dapodikmen Menjadi Dapodikdasmen Kemendikbud
Dapodikdas adalah bagian dari kementrian pendidikan dan kebudayaan yang membidangi data pokok pendidikan dasar sedangkan dapodikmen merupakan bagian kemdikbud untuk data pokok pendidikan menengah. Berdasarkan surat edaran dari dinas pendidikan kabupaten dan kota Dapodikdas dan Dapodikmen akan menyatu dan terintegrasi menjadi Dapodikdasmen, yang nantinya alamat pengelolaan data pokok pendidikan dasar dan menengah menyatu di dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id. dalam waktu dekat ini walaupun sekarangpun juga sudah mulai bisa di akses.

Dengan perubahan ini di harapkan tidak menambah masalah baru, karena sekarang saja yang masih terpisah server dapodik tidak cukup cepat proses singkronasi dari sekolah sekolah jika dalam waktu yang bersamaan melakukan proses singkronasinya.

Seperti tercantum dalam situs dapo.dikmen.kemdikbud.go.id seperti ini:

Dalam rangka peningkatan layanan dan bimbingan teknis terkait pertanyaan seputar aplikasi Dapodik, serta dalam rangka penyatuan layanan helpdesk Dapodik seluruh jenjang menjadi satu atap (SD, SMP, SMA, SMK, dan SLB), dengan ini kami informasikan hal-hal sebagai berikut:
  1. Layanan konsultasi dan bimbingan teknis pendataan Dapodik SD, SMP, SMA, SMK dan SLB diharapkan dapat melalui KKDATADIK Dinas Kabupaten/Kota atau Provinsi.
  2. Jika di daerah masing-masing memiliki komunitas/forum operator sekolah dapat dijadikan sarana berbagi informasi dan hal-hal teknis lainnya dalam rangka kelancaran proses pendataan.
  3. Jika permasalahan pada point 1 dan 2 belum selesai di tingkat daerah, maka dapat dikonsultasikan ke pusat melalui layanan email Dapodik berlaku untuk jenjang SD, SMP, SMA, SMK dan SLB dalam satu layanan. Layanan email Dapodik:
    • dapo.dikdasmen@kemdikbud.go.id
    • info.dikdasmen@kemdikbud.go.id
    • koderegistrasi@gmail.com
Sehingga nantinya menu download aplikasi dapodik untuk versi terbaru akan di taruh di dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id, begitu juga dengan Data Prefill, Dokumentasi Progress pengiriman data dari seluruh sekolah di indonesia. Dalam halaman tersebut disampaikan bahwa batas singkronasi data PTK dapodik dari sekolah terakhir adalah tanggal 29 Februari 2016 sebagai bahan penyaluran tunjangan guru triwulan I .

Salah satu kelebihan halaman baru ini terdapat server terpisah untuk helpdesk atau tim supportnya di http://118.98.166.61/helpdesk

Semoga bermanfaat...

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »