Recent Posts Widget

Cara Membuat Kontak Kami / Contact Us Di Blogspot dengan EMF


Cara Membuat Kontak Kami Di Blogspot | Contact Us Di Blogspot | Cara Membuat Form Hubungi Kami di Blog

Form hubungi kami atau form contact us pada sebuah blog menjadi sarana komunikasi antara pengunjung dan pemilik blog dengan lebih privacy melalui surel atau alamat email tanpa diketahui oleh publik berbeda dengan kolom komentar yang di sediakan di blog yang sifatnya public.

Contact form ini juga menjadi salah satu kelengkapan sebuah blog atau website bersama privacy policy dan disclaimer yang biasanya menjadi persyaratan sebuah blog yang mengikuti google ads service. Jika sobat bermain blog dengan kode php atau html dengan scripting sendiri maka ini membutuhkan waktu sedikit lama untuk membuatnya di banding kita menggunakan model content management system (CMS).

Jika sobat menggunakan fasilitas blog gratisan seperti wordpress.com atau blogger.com sobat bisa coba beberapa cara berikut ini:

Foxyform
EMF (Email Me Form) Blog Form
123 Contact Form 

Berikut ini tutorial gambar cara membuat hubungi kami atau contact us menggunakan EMF Blog Form.
Pertama buka website EMF di emailmeform.com kemudian lakukan pendaftaran di website tersebut dengan klik di bagian sign up seperti gambar.


 Pada menu pilihan sign up sobat bisa registrasi menggunakan surel/email, facebook account dan google account. Silakan sobat pilih salah satu. Pada tutorial ini saya menggunakan google account untuk registrasinya.

 akan ada konfirmasi dari emailmeform untuk dapat melihat account google sobat, silakan klik izinkan untuk melanjutkan atau tolak untuk ganti mode registrasinya.

 Setelah berhasil registrasi sobat akan dibawa ke menu utama dari builder form email

 Silakan sobat pilih bagian apa saja yang akan ditampilkan pada form Contact US, caranya silakan klik pada menu yang tersedia dibagian sebelah kiri pra tinjau, pada tutorial ini saya coba memasukan 3 komponen yaitu nama / name, email dan form text untuk isi pesannya. 3 komponen ini minimal ada dalam sebuah menu kontak kami.

Lakukan modifikasi pada tampilan yang akan muncul dengan mengklik label dibagian pratinjau dan mengeditnya dibagian field sebelah kiri. Lihat Gambar! Termasuk bagian Optionnya, berikan cek list pada option yang di inginkan.




Kemudian simpan pengaturan dengan klik Save Form dibagian bawah

Pilih Take Me Back To Form Manager untuk melihat panel form utama, kemudian pilih form yang tadi baru saja kita buat dengan meng-kliknya. Buka/ klik di bagian Code untuk mendapatkan kode script yang akan kita taruh di blog sobat sekalian.

Pilih pada bagian Embed Script kemudian kopikan script tersebut ke halaman blog yang kita kehendaki

Caranya pada halaman blogger sobat silakan buat halaman baru, kemudian beri judul halaman dan pastekan script pada mode html kemudian publikasikan dan lihat hasilnya.

Inilah tampilan hasil yang email form yang baru kita buat, jika sobat sudah bisa menampilkan halaman ini berarti sobat sudah bisa menggunakan kontak kami. Untuk tampilan yang lebih bagus silakan modifikasi tampilan pada menu edit dan untuk menghindari spam bisa ditambahkan Chapca pada formnya.




Selamat mencoba...... semoga bermanfaat

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »