Cara Menambah Kolom dan Baris Di Microsoft Excel dan Mengatasi Kolom Yang Terbalik Z ke A dan Hilang

Cara Menambah Kolom dan Baris Di Microsoft Excel

Dalam Microsoft Excel terdapat baris dan kolom yang membentuk garis bantu untuk membuat dokumen baik berupa tabel ataupun file dokumen lainnya. Kolom di excel dari A sampai 16.384 kolom/ column, dan baris dari 1 sampai 1.048.576 baris/ rows. Selain kolom dan baris juga dikenal istilah cell dalam microsoft Excel, cell yaitu nama untuk kotak-kotak kecil yang tampil pada aplikasi Microsoft Excel.

Walaupun baris dan kolom serta sel nampak jelas pada aplikasi Microsoft Excel, namun sejatinya garis tersebut masih merupakan garis bantu sehingga tidak akan keluar jika kita print out, sampai kita memberikan border pada tabel / cell tersebut.

Adakalanya ketika kita membuat dokumen pada Microsoft Excel ada yang terlewat sehingga kita harus menambahkan kolom atau baris di tengah-tengah dokumen yang telah kita buat. Sebagai pemula tentu banyak yang masih bertanya-tanya bagaimana cara menambahkan kolom atau baris di dalam dokumen yang sudah jadi.

Nah langsung saja nih, bagaimana caranya menambah kolom atau baris pada Microsoft Excel.

  • Cara menambahkan kolom dan baris pada Microsoft Excel adalah dengan menggunakan fitur "insert" atau menyisipkan.
  • Cara menggunakan fitur insert adalah dengan menentukan letak dimana kolom atau baris akan ditambahkan dengan melakukan blok 1 atau beberapa baris dan kolom.
  • Selanjutnya lakukan Klik Kanan, atau masuk ke menu insert untuk memilih ih menyisipkan di bagian atas atau kanan atau kiri dan atau bawah dari letak kursor yang kita tentukan sebelumnya. 
Cara Menambah Kolom

Tutorial pada gambar diatas adalah cara menambah kolom, sedangkan untuk menambah baris kurang lebih sama caranya, hanya bagian yang di blok adalah bagian yang mendatar / horisontal.

Mengatasi Kolom Yang Terbalik Z ke A

Sobat blogger ada yang pernah menemukan tampilan kolom di microsoft excel 2010 terbalik? lazimnya secara default kolom dimulai dari A ke Z dan seterusnya, tapi pernah saya diminta tolong sama temen yang dia tidak tahu mengapa tampilan kolomnya bisa terbalik seperti itu. Nah sedikit pingin berbagi buat yang mengalami hal serupa tapi masih bingung cara balikin-nya, berikut tutorialnya:

Buka MS Excelnya Pilih File Pilih Option Pilih Advanced Pilih Left to Right pada Default direction radio button OK, cukup mudah tapi kalau belum pernah ketemu dengan yang seperti ini juga harus dicari dulu masalahnya, semoga bisa membantu sobat blogger sekalian untuk tambahan silahkan coment dibawah.

http://syauqi-hamada.blogspot.com/2014/04/cara-mengembalikan-tampilan-kolom-di.html

Mengatasi Kolom Di Excel Hilang

Jika terjadi kolom tertentu menghilang, padahal sebelumnya sudah kita buat maka bisa ada 2 kemungkinan yang terjadi, yaitu pertama kolom yang hilang tersebut terhiden tidak sengaja atau kemungkinan kedua terhapus.


Jika penyebabnya karena terhidden, maka tinggal di lihat posisi kolomnya kemudian lakukan blok, klik kanan dan pilih unhide. Namun jika kolom terhapus, bisa kemungkinan kolom terhapus permanen atau jika masih memungkinkan dikembalikan dengan langkah UNDO atau Ctrl + Z.

Semoga Bermanfaat..