Jadwal UNBK SMP / MTs dan SMA / MA / SMK 2020 Terbaru

Berdasarkan sumber data sosialisasi UN 2020 yang telah di beredar dari badan standar nasional pendidikan (bsnp), Jadwal UNBK SMP / MTs dan SMA / MA / SMK 2020 akan dilaksanakan antara tanggal 16 -19 maret 2020 untuk SMK, 30-31 Maret 1-2 April 2020 untuk SMA/MA & tanggal 20-23 April 2020 untuk SMP/ MTs. 

Masih dari sumber tersebut diatas juga di tahun 2020 ini target sekolah yang melakukan UNBK adalah 100% di seluruh wilayah, yang artinya semua sekolah harus sudah siap melaksanakan UNBK baik yang mandiri maupun menumpang pada sekolah lain. 

Pendataan Calon Peserta UNBK


Data peserta ujian nasional berbasis komputer di peroleh dari aplikasi data pokok pendidikan (Dapodik) untuk sekolah dibawah naungan kementrian pendidikan dan data EMIS untuk sekolah dibawah naungan kementrian agama.

Sekolah sudah harus memastikan data siswa calon peserta ujian nasional terupload pada aplikasi pendataan pada semester 1 tahun pelajaran ujian berjalan, hal ini dikarenakan untuk memastikan keakuratan data dan juga pemetaan oleh dinas pendidikan.

Jadwal UNBK SMK 2020

Jadwal UNBK SMA/MA 2020

Jadwal UNBK SMP/MTs 2020


Itulah jadwal sementara yang telah beredar, semoga bisa memberikan informasi awal pelaksanaan UNBK di tahun 2020 ini. Adapun permasalahan yang masih menjadi pembahasan tentang perlu tidaknya di adakan ujian nasional masih terus di cari format terbaik dalam mengevaluasi pendidikan secara nasional sehingga sistem pendidikan kita bisa terus meningkat dari waktu ke waktu.

Eksistensi Ujian Nasional

• Tidak digunakan untuk menentukan kelulusan
• Tidak digunakan untuk seleksimasuk perguruan tinggi
• Dengan adanya kebijakan Zonasi, nilai UN tidak begitu diperhitungkan untuk melanjutkan ke jenjang selanjutnya, kecuali melalui jalur prestasi
• Sebagai alat evaluasi pendidikan, hasil UN belum secara efektif ditindaklanjuti oleh pengambilan kebijakan pemerataan mutu oleh sekolah dan terutama oleh Pemerintah Daerah

Wacana Publik Mencari Format Baru UN

• UN tetap diselenggarakan namun untuk pemetaanmutu pendidikan, sehingga harus dilakukan tiap tahun
• Evaluasi hasil belajar menjadi bagian tugas profesional pendidik di setiap satuan pendidikan
• BSNP merumuskan standar kecakapan
• UN dikembangkan sedemikian rupa dasar (misalnya: Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, Matematika, dan Sains) untuk ukuran keberhasilan belajar anakanak Indonesia sehingga memiliki wash back effect positif bagi sekolah dalam membangun
budaya belajar baru (dan paradigma pembelajaran baru para guru), misalnya
• UN untuk mengukur capaian standar mengedepankan penalaran
kecakapan dasar tersebut

Itulah infoormasi tentang Jadwal UNBK SMP / MTs dan SMA / MA / SMK 2020 Terbaru, semoga bermanfaat.