Cara Membuat Bola Bola Coklat

Cara Membuat bola-bola coklat yang lezat ala teteh Qorina

Resep dan cara membuat bola-bola coklat meses atau kacang sangat praktis serta banyak diminati oleh para penggila coklat. Memang coklat sudah sangat dikenal kenikmatan dan kelezatannya. Bagi anda pecinta coklat tentu segala jenis coklat dan olahannya sangat menggoda untuk dicicipi.

Selain rasanya yang lezat ternyata coklat memiliki kandungan gizi yang tinggi. Coklat mengandung anti oksidan yang baik bagi tubuh. Mereka yang memiliki tekanan darah tinggi bisa menormalkan tekanan darah dengan mengkonsumsi coklat dalam porsi tertentu. Bahkan biji kakao atau coklat murni bisa mengurangi resiko stroke dan penyakit jantung.

Menurut para ahli di bidang kedokteran kandungan nutrisi yang terdapat dalam coklat juga bisa menghambat pembelahan sel-sel kanker. Dan manfaat yang satu ini tentu akan membuat kita sangat berbahagia karena coklat mengandung zat yang dapat memperlambat penuaan alias bisa membuat kita menjadi awet muda lho.

Namun Banyak orang yang mengatakan jika mengkonsumsi coklat akan menjadi gemuk sehingga membuat kita was-was. Memang ada benarnya juga, karena coklat mengandung kalori tinggi dan memiliki kandungan lemak sehingga jika dikonsumsi secara berlebihan bisa meningkatkan berat badan.

Tetapi jangan khawatir , manfaat yang banyak dari coklat itu akan kita dapatkan jika kita mengkonsumsinya dengan porsi yang proporsional dan tidak berlebihan tentunya. Karena segala sesuatu yang baik sekalipun jika berlebihan akan menimbulkan dampak yang buruk.
Baiklah bagi para pecinta coklat sejati tentu sudah tidak asing lagi dengan makanan yang kaya nilai gizi dan mengandung anti oksidan ini. Bola-bola coklat!!! Yah bola-bola coklat.

Selain rasanya yang sangat lezat tingkat tinggi, cara membuat bola-bola coklat ini pun relatif sangat praktis dan mudah. Bahan-bahan yang dipakai pun bisa didapat di toko-toko bahan kue terdekat.

Resep ini saya dapatkan dari sahabat saya sewaktu saya masih kuliah, namun tidak kalah dengan resep bola bola coklat master chef :) . Maka dari itu saya beri judul cara membuat bola-bola coklat ala teteh Qorina namun dengan beberapa modifikasi. Thank you teteh.. Daripada kepo alias penasaran langsung saja yuks kita simak liputan berikut ini ya.


Cara Membuat Bola Bola Coklat dari Biskuit Marie

Bahan-bahan :

  • 119 gram Biskuit Marie (saya pakai Marie susu Roma 1 bungkus).
  • 100 gram DCC/ Coklat blok (optional: saya pakai collata)
  • 50 ml Susu coklat cair atau bisa menggunakan susu kental manis yang dicairkan
  • 1 sdt Margarin
  • Paper cup ukuran kecil

Taburan :

  • Meses coklat / warna-warni, kacang mede sangrai cincang kasar, mutiara kue, coklat warna ( sesuai selera)

Cara Membuat :

Masukkan biskuit Marie ke dalam wadah, hancurkan sampai halus.
  Biskuit marie di hancurkan
  • Siapkan coklat blok, potong dadu lalu lelehkan.Tambahkan susu coklat cair lalu masukkan margarin kemudian aduk rata.
  • Masukkan Biskuit Marie yang telah dihaluskan. Aduk kembali sampai adonan tercampur sempurna.
  • Bentuk adonan menjadi bulat-bulat. gulingkan ke dalam meses lalu masukkan ke dalam paper cup. Anda juga bisa dengan mencelupkan ke dalam lelehan coklat kemudian dihias dengan coklat warna sesuai pilihan anda. 
 Cara Membuat Bola Bola Coklat dari Biskuit Marie
  • Masukkan ke dalam kulkas kurang lebih 5-10 menit atau sampai tidak lengket ketika disentuh jari anda.  
Cara Membuat Bola Bola Coklat dari Biskuit Marie
    • Nyam, nyam, nyam… Bola-bola coklat nan lezat dan bergizi siap di hidangkan.
      Untuk mencoba alternatif rasa lain dapat mengganti biskuit marei dengan kue lain seperti oreo atau kue regal. Untuk resepnya silakan di modifikasi sendiri supaya lebih variatif kuenya terutama untuk pembuatan bola bola coklat oreo harus diperhatikan jenis oreonya karena banyak varian rasanya, tentunya untuk mendapat rasa coklat yang maksimal kita bisa menggunakan oreo rasa coklat.

      Demikian cara membuat bola-bola coklat yang praktis. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.