Cara Membuat QR Code Whatsapp Menuju Chat Langsung

Halo Assalamualaikum sahabat blogger dimanapun anda berada, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi pengalaman tentang bagaimana cara membuat QR Code ((Quick Respone) untuk mengirim pesan langsung ke chat WhatsApp. Dimana QR code ini bisa dipasang pada berbagai alat publikasi baik yang online maupun offline sehingga diharapkan konsumen atau klien yang akan menghubungi kita dapat dengan mudah mengirim pesan dengan scan QR Code tersebut.

Quick respon atau QR Code pernah saya bahas dalam postingan sebelumnya yang berjudul cara membuat QR Code sendiri dimana QR Code sendirii merupakan barcode 2 dimensi yang proses pengambilan kodenya ketika scanning dapat dilakukan 360° atau dari berbagai arah.

Ketika saya Menulis artikel tersebut pada postingan pertama memang belum terlalu banyak orang yang menggunakan aplikasi WhatsApp, sehingga dalam artikel tersebut belum ada tutorial cara menggunakan QR Code langsung ke aplikasi WhatsApp.

Oleh karenanya pada artikel ini akan dijelaskan Bagaimana cara membuat QR Code chatting langsung ke WhatsApp yang dapat dipasang pada website, toko online, brosur, spanduk, stiker, banner dan lain sebagainya dengan sangat mudah dan praktis dalam penggunaannya.

Baiklah berikut ini cara membuat qr code whatsapp langsung menuju chat:

Hal yang di persiapkan:

1. Pertama yang harus kita siapkan adalah NO HP yang telah teraftar / telah menggunakan aplikasi whatsapp sebagai target untuk berkomunasi melalui pesan chat / instant messenging.
2. QR Code generator (bisa di cari di internet dan digunakan secara gratis).
3. Menyiapkan API CHAT WHATSAPP, bisa gunakan kode ini https://api.whatsapp.com/send?phone=No_Telepon

Cara Membuat QR Code Whatsapp Menuju Chat Langsung

1. Pilih salah satu QR Code generator misalnya https://www.the-qrcode-generator.com atau https://www.qr-code-generator.com
2. Edit api whatsapp dengan menambahkan nomer telepon, contoh: https://api.whatsapp.com/send?phone=6281255551111
3. Pilih pada tab Url pada QR Code generator, kemudian copy paste api whatsapp yang sudah di edit dengan nomer HP target.

Cara Membuat QR Code Whatsapp Menuju Chat Langsung

4. Kode QR Code akan dibuat oleh QR Code generator secara otomatis dan kita tinggal mendownloadnya. Pilih format PNG untuk mendownload gambar QR Codenya supaya nantinya bisa langsung digunakan pada website atau yang lainnya. Setelah file terdownload kita bisa langsung meenggunaakannya.

Cara Membuat QR Code Whatsapp Menuju Chat Langsung
Itulah Cara Membuat QR Code Whatsapp Menuju Chat Langsung dengan menggunakan qr code generator, semoga bisa membantu dan bermanfaat. Jika dari penjelasan diatas masih belum jelas di pahami, silakan lihat video tutorial berikut ini: