Cara Mengisi Dapodik Dengan Cepat Pada Aplikasi Dapodik Terbaru Versi 2019

Cara Mengisi Dapodik Dengan Cepat - Tahun pelajaran 2018-2019 telah berjalan kurang lebih satu setengah bulan namun update aplikasi Dapodik 2019 baru dirilis tanggal 17 Agustus 2018 bertepatan dengan hari ulang tahun Republik Indonesia yang ke 73. Untuk mendownload aplikasi dapodik 2019 silakan lihat Disini.

Dengan dirilisnya aplikasi dapodik 2019 pada pertengahan bulan Agustus ini maka sekolah diharapkan dapat dengan cepat menginput data terbaru pada aplikasi Dapodik. Penginputan data yang paling memakan waktu biasanya adalah penginputan data siswa baru yang baru masuk baik kelas 7 SMP/MTs maupun kelas 10 sMA/SMK/MA, apalagi jika jumlah siswa baru yang cukup banyak tentu akan memakan waktu beberapa hari untuk melakukan penginputan.

Oleh karenanya operator sekolah harus bekerja keras untuk segera memutakhirkan data, karena biasanya pada bulan September sudah mulai cut off data untuk dana BOS triwulan 1 untuk tahun pelajaran 2018/2019.

Penginputan data secara manual selain membutuhkan waktu yang cukup lama juga kendala data yang kadang belum lengkap sehingga operator sekolah tidak dapat melakukan penginputan. Hal ini biasanya berkaitan dengan kelengkapan data peserta didik dari sekolah jenjang sebelumnya berupa ijazah dan SHUN yang belum mereka peroleh.

Kabar baiknya adalah pada aplikasi dapodik 2019 ini sekarang sudah mendukung menu tarik data secara massal, tidak seperti menu tarik data yang sebelumnya hanya dapat digunakan untuk menarik data secara bergantian satu persatu.

Menu tarik data dapat kita akses melalui halaman https://data.dikdasmen.kemdikbud.go.id dengan melakukan login menggunakan username dan password operator sekolah. Menu tarik data digunakan untuk peserta didik baru maupun peserta didik mutasi.

Untuk tarik data peserta didik baru dapat dilakukan oleh jenjang SMP untuk siswa kelas 7 dengan mengambil data dari satuan pendidikan sekolah dasar (SD), sedangkan untuk jenjang SMA/ sMK kelas 10 mengambil data dari satuan pendidikan SMP. Dan untuk tarik data peserta didik mutasi dapat diambil dari satuan pendidikan yang sejenjang, yaitu dari SMP 1 ke SMP yang lain atau SMA/SMK 1 ke SMA/SMK yang lain.

Cara Mengisi Dapodik Dengan Cepat Pada Aplikasi Dapodik Terbaru 2019

Berikut ini adalah langkah-langkah cara melakukan tarik data untuk menginput data peserta didik baru ke dalam aplikasi Dapodik:
  • Pertama Silahkan buka halaman https://data.dikdasmen.kemdikbud.go.id
  • Kemudian login dengan username dan password operator sekolah
  • Setelah login berhasil akan tampil informasi akun sekolah, kemudian klik pada "kelola data pokok"
  • Kemudian pilih peserta didik dan pilih tambah peserta didik, terdapat dua opsi yaitu peserta didik baru dan peserta didik mutasi
  • Untuk peserta didik baru silakan pilih nama sekolah jenjang sebelumnya sesuai dengan data penerimaan PPDB untuk kelas 7 SMP atau kelas 10 SMA/SMK 
Cara Mengisi Dapodik Dengan Cepat Pada Aplikasi Dapodik Terbaru 2019
Tarik data di halaman data.dikdasmen.kemdikbud.go.id

  • Klik tombol "tampilkan" untuk melihat data peserta didik Pada sekolah asal, kemudian silahkan ceklis siswa-siswa yang masuk ke dalam sekolah bapak/ibu
  • Setelah itu klik simpan
Sampai di sini data siswa kita telah bertambah, namun belum masuk ke dalam aplikasi Dapodik yang ada pada komputer kita. Bagaimana caranya supaya data dapodik online sama dengan data pada aplikasi dapodik yang ada pada komputer sekolah? Hal yang harus kita lakukan adalah menginstal aplikasi dapodik terbaru, kemudian melengkapi data yang error supaya dapat melakukan sinkronisasi kepada server pusat Dapodik.

Proses sinkronisasi aplikasi dapodik inilah akan yang akan mentransfer data siswa hasil tarik data ke dalam aplikasi dapodik yang kita instal di komputer sekolah. Sehingga ketika sinkronasi berjalan lancar dan berhasil, maka secara otomatis data siswa kita akan bertambah sesuai jumlah yang kita masukkan ketika melakukan tarik data.

Dengan cara tarik data ini operator sekolah tidak perlu menginput secara manual satu persatu sehingga lebih efisien waktu dan tenaga dan tentunya kebutuhan pemutakhiran data dapat dilaksanakan tepat waktu.

Itulah cara menginput Dapodik dengan cepat menggunakan menu tarik data terbaru dari aplikasi dapodik 2019, semoga bermanfaat.