Bagaimana Cara Screenshot HP Samsung Yang Paling Mudah


Bagaimana cara screenshot HP Samsung? Screenshot atau yang sering kita sebut SS merupakan cara untuk mengambil gambar dari layar HP Samsung yang sedang aktif. Screenshot juga dapat dikatakan cara memfoto layar HP secara internal dari HP tersebut.

Samsung telah mengeluarkan begitu banyak model dan tipe HP, namun dari sekian banyak model HP Samsung yang sedang populer untuk mencari tahu cara melakukan screenshot pada layar HP mereka yaitu Samsung J7 Pro, Samsung Note 8, Samsung J7 Core, Samsung A8 2018, Samsung J7 Plus.

  • Cara Screenshot Samsung Dengan Mengusap Layar

Cara screenshot dengan cara mengusap layar yaitu salah satu cara termudah yang dapat dilakukan pada HP Samsung seri Galaxy 4 ke atas dan seri Galaxy Note 3 ke atas, atau  seluruh seri keluaran 2013 kesini.

Langkah Screenshot Samsung:
  • Masuk ke menu settings. 
  • Pilih kategori motions and gestures, 
  • kemudian centang pilihan palm swipe to capture box.
  • Untuk melakukan screenshot Samsung menggunakan metode ini, sobat cukup gunakan tangan sobat untuk mengusap bagian layar yang akan diambil screenshotnya, sama seperti cara kerja mesin foto kopi atau scanner. 
  • Jika prosesnya benar akan terdengan suara “ckrek” atau terasa bergetar di HP samsung sobat, juga nantinya akan muncul notifikasi yang menandakan proses pengambilan screenshot telah berhasil dan secara otomatis gambar disimpan ke dalam gallery.
  • Cara Screenshot Samsung Dengan Menggunakan Shortcut Tombol


Pilihan ini sebenarnya dimiliki oleh kebanyakan smartphone android non Samsung, sehingga sobat tidak perlu terkaget-kaget jika Samsung juga memiliki fitur ini, yakni screenshot menggunakan tombol fisik.

Langkah Screenshot Samsung:

Fitur ini pada umumnya disenangi sebagian orang, terutama yang tidak terlalu menyukai motion gesture controls, yang saya pribadi pun lebih menyenangi tombol fisik dibandingkan gesture controls yang memang membutuhkan beberapa kali “latihan” sehingga penggunaannya dapat mulus dan tidak salah-salah, terutama dalam pengambilan screenshot.

Untuk melakukan pengambilan screenshot di Samsung menggunakan cara ini, sobat pertama-tama dapat menekan tombol power serta tombol home secara bersamaan. Cara ini sobat lakukan dengan menahan penekanan ini selama beberapa detik hingga sobat mendengar suara “ckrekk” ataupun melihat notifikasi ataupun merasakan getaran smartphone sobat.

Beberapa kesulitan yang seringkali ditemui adalah, sobat tidak menekan ke-2 tombol ini secara benar. Alih-alih mengambil screenshot, sobat justru malah mengaktifkan pilihan untuk melakukan restart ataupun mematikan smartphone Samsung sobat. Memang untuk melakukan ini saya pun menyadari sobat butuh beberapa kali latihan.

Cara ini berlaku untuk nyaris seluruh seri Galaxy kecuali Samsung Galaxy S8 dan S8 Plus. Alasannya sederhana saja, karena ke-2 seri ini tidak memiliki tombol home fisik. Sehingga ada cara screenshot Samsung Galaxy S8 dan S8 Plus yang agak berbeda terkait metode ini.

Cara Screenshot Samsung Galaxy S8 dan S8 Plus yaitu dengan menekan tombol Power serta tombol volume down sebagai pengganti tombol home, secara bersamaan. Sama seperti cara sebelumnya sobat cukup menekan ke-2 tombol ini dalam beberapa detik hingga muncul notifikasi bahwa sobat berhasil mengambil screenshot menggunakan Samsung Galaxy S8 ataupun S8 Plus sobat .
  • Cara Screenshot Samsung Note: Menggunakan S Pen

Langkah Screenshot Samsung:

Salah satu trik yang dapat sobat pakai , tentunya hanya bagi pengguna Samsung Galaxy Note (3 ke atas) yaitu penggunaan S Pen untuk mengambil screenshot. Secara sederhana ada tiga cara yang lazim dilakukan untuk mengambil screenshot menggunakan S Pen ini. Namun sebelum sobat memulainya tentu saja sobat harus membuka menu Air Command dengan cara menarik keluar stylus ataupun dengan mengarahkan S Pen di atas layar dan klik tombol kecil yang berada di S Pen tersebut.

Nah cara pertama yaitu dengan memanfaatkan fitur scrapbooker. Fitur ini berada di menu radial air command yang tadi telah sobat buka. Caranya amat mudah, dimana sobat tinggal menggambar lingkaran di sekitar bagian layar yang ingin sobat ambil menjadi screenshot. Selain itu setelahnya sobat dapat menambahkan tags, catatan, hingga mengkategorisasi gambar ini.

Cara ke-2 yang dapat sobat lakukan yaitu screen write. Fitur ini memungkinkan sobat untuk mengambil screenshot serta menulis catatan apapun di atas screenshot yang telah sobat ambil. sobat pun dapat mengganti warna tinta pulpen maupun ukuran tip pulpen yang ingin sobat pakai , tentu saja untuk berkreasi!

Cara terakhir yang menurut saya merupakan cara paling mudah untuk mengambil screenshot di Samsung Galaxy Note sobat yaitu dengan cara menekan tombol yang sobat di stylus S Pen sobat dalam beberapa detik dan kemudian sentuhkan S Pen sobat ke layar Galaxy Note sobat . Lakukan ini selama beberapa detik layaknya cara yang lain, hingga sobat mendengar suara kamera, ataupun menerima notifikasi bahwa sobat telah melakukan pengambilan screenshot.
  • Cara Screenshot Samsung Dengan Menggulung Layar!

Mungkin sebagian besar dari sobat pengguna Samsung akan bertanya apakah itu rolling screenshot. Nah fitur ini menurut saya merupakan salah satu fitur yang amat berguna yang ada pada Samsung seri Galaxy yang sebenarnya diadaptasi dari Samsung Galaxy Note 5. Jadi mungkin bagi sobat yang memiliki seri-seri Galaxy yang cukup lama belum dapat menikmati fitur ini.

Laman website yang muncul di smartphone umumnya berdimensi panjang ke bawah, terkait kenyamanan user dalam mengakses laman tersebut. Nah jika sobat menggunakan fitur screenshot biasa, maka sobat tidak dapat mengambil gambar laman tersebut secara keseluruhan melainkan satu persatu. Masalah itu kemudian diatasi oleh Samsung dengan menghadirkan fitur ini karena ftur ini dapat melakukan capture laman web secara keseluruhan di smartphone sobat .

Langkah Screenshot Samsung:

Lalu bagaimana cara melakukannya? Pertama-tama sobat dapat melakukan pengambilan screenshot dengan cara-cara di atas, kemudian sobat dapat pilih capture more dan dilanjutkan dengan melakukan scroll laman web ke bawah sehingga Samsung Galaxy sobat akan mengambil gambar layar sobat secara otomatis dan lengkap dari atas ke bawah. Untuk tetap mengambil gambar tentu saja sobat harus tetap menekan jari sobat di layar hingga sobat selesai melakukannya.

Beberapa catatan penting yang perlu menjadi pertimbangan sobat sebelum mengambil rolling screenshot ini yaitu bahwa gambar yang akan dihasilkan kemudian pasti memiliki ukuran yang amat besar. Jika sobat terlalu asyik mengambil gambar screenshot dapat saja sobat mengambil gambar hingga 720 x 14990 yang memiliki ukuran hingga 6 MB.

Itulah Bagaimana Cara Screenshot HP Samsung Yang Paling Mudah yang dapat dipakai untuk pengguna beberapa jenis HP Merk Samsung, semoga bermanfaat