Download Aplikasi Dapodik Terbaru Versi 2020 Rilis Awal Agustus 2019

Salam sobat blogger dan guru yang mau mendownload Dapodik versi terbaru berdasarkan rilis pada halaman dapo.dikdasmen.kemendikbud.go.id aplikasi Dapodik untuk tahun pelajaran 2019-2020 Akan Dirilis Awal Agustus 2019, Lihat Link Download Menyusul . Untuk persiapan melakukan pemutakhiran data Tahun Ajaran Baru 2019/2020, ada beberapa hal untuk diperhatikan:

1. Data siswa baru kelas 1, 7, dan 10 diinput kedalam Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2020 yang digunakan untuk input data Semester 1 Tahun Ajaran 2019/2020.

2. Proses kelulusan untuk siswa tingkat akhir, yaitu kelas 6, 9 dan 12 akan dilakukan oleh Admin Dapodik Pusat secara otomatis oleh sistem. Jadi operator Dapodik Sekolah TIDAK DIPERBOLEHKAN melakukan proses kelulusan pada Aplikasi Dapodikdasmen versi 2019.e.

3. Sekolah TIDAK DIPERBOLEHKAN menambahkan data siswa baru dan data siswa naik kelas di Tahun Ajaran 2019/2020 pada Aplikasi Dapodikdasmen versi 2019.e. Proses memasukkan data siswa baru Tahun Ajaran 2019/2020 dilakukan menggunakan teknik tarik data online melalui Manajemen Sekolah Dapodikdasmen setelah Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2020 dirilis.

4. Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2020 saat ini sedang dalam tahap pengujian, dan direncanakan akan dirilis pada awal Agustus 2019.

5. Sinkronisasi menggunakan Aplikasi Dapodikdasmen versi 2019.e masih dibuka untuk melakukan perbaikan data Semetser 2 Tahun Ajaran 2018/2019 sampai dengan akhir Juli 2019.

Spesifikasi Minimum Komputer Dapodik Versi 2020

Komputer yang digunakan harus mempunyai spesifikasi minimum Sesuai  dengan  juknis  BOS  pada  Permendikbud  No  1  Tahun  2018  tentang spesifikasi komputer yang harus dimiliki, yaitu:
  • Processor intel core i3 atau yang setara
  • Memori standar 4 GB
  • Hard drive 120 GB SSD/500 GB HDD
  • Sistem Operasi windows 10
  • Aplikasi terpasang peramban web google chrome, mozilla firefox
Jadi untuk spesifikasi komputer di bawah Windows 10 harus diupgrade supaya dapat digunakan untuk menjalankan aplikasi dapodik versi 2020 tersebut. Beberapa hal terkait fitur terbaru dari aplikasi Dapodik versi 2020 ini dapat sobat lihat pada panduan penggunaan aplikasi dapodik versi 2019 lihat disini

Dalam rilisnya juga terdapat fitur baru yang berbeda diantaranya fitur "Tambah Peserta    Didik    Baru yang Dinonaktifkan pada Satuan Pendidikan SMP, SMA dan SMK".

Pada tahun ajaran 2019/2020 penambahan peserta didik untuk jenjang SMP, SMA  dan  SMK  reguler  dinonaktifkan. Petugas  pendataan  wajib  melakukan tarik peserta didik melalui laman manajemen sekolah di https://data.dikdasmen.kemdikbud.go.id/

Bagi sekolah yang ingin menambahkan peserta didik baru yang belum terdata di dapodik  dapat  menginput  data  peserta  didik  secara  online  melalui  laman https://data.dikdasmen.kemdikbud.go.id/ (Manajemen    Sekolah).    Hal    yang membedakan dengan proses tarik online yaitu saat proses pemilihan “Sumber Data” . Lihat Cara Menginput Data Dapodik 2019 Disini.

Jadi sebelum software Installer Dapodik versi 2020 ini dapat di download silahkan sobat persiapkan komputer server yang akan dipakai sehingga ketika nanti software Installer sudah dapat didownload sobat dapat langsung menginstalnya karena versi ini harus di instal ulang dari versi sebelumnya.

Untuk untuk dapat mengunduh atau mendownload aplikasi dapodik terbaru versi 2020 silahkan masuk ke halaman: dapo.dikdasmen.kemendikbud.go.id/unduhan


Atau Link Alternatif (Menuggu Rilis) Berikut ini: 

Link alternatif via Mirrorcreator
Link alternatif via Mediafire
Link alternatif via Google
Link alternatif via 4shared
Link alternatif via Tusfiles
Link alternatif via Gigapeta
Link alternatif via Upstore
Link alternatif via Solidfiles
Link alternatif via Wayupload
Link alternatif via Upload
Link alternatif via Cloudy Files
Link alternatif via Dosyup
Link alternatif via Suprafiles
Link alternatif via Up-4.net
Link alternatif via Filecloud
Link alternatif via Filescdn
Link alternatif via K-Bagi
Link alternatif via Sendspace
Link alternatif via Share-online
Link alternatif via Turbobit
Link alternatif via Uptobox
Link alternatif via Uplod
Link alternatif via Userscloud
Link alternatif via Wayupload
Link alternatif via Zippyshare
Link alternatif via Zippyshare
Link alternatif via Dbr
Link alternatif via Tusfiles
Link alternatif via Turbobit
Link alternatif via Solidfiles
Link alternatif via Openload
Link alternatif via Dropjiffy
 

Input Data Siswa Baru Secara Masal Pada Dapodik 2020

Tarik Data Secara Masal Pada Dapodik 2019
Tarik Data Secara Masal Pada Dapodik 2019/2020
Untuk melakukan entri data baru ke dalam dapodik 2019 ini sekarang lebih mudah dengan menggunakan pembaruan fitur tarik data yang dapat di lakukan secara masal tanpa harus mengisi satu persatu, sepanjang siswa tersebut sudah terdaftar pada dapodik di jenjang sebelumnya.

Daftar Perubahan Aplikasi Dapodik versi 2020
Berikut ini merupakan daftar perubahan pada Aplikasi Dapodik Versi 2020:

Semoga bermanfaat...