Apa itu chromecast atau anycast dongle HDMI?

Apa itu chromecast atau anycast dongle HDMI - Teknologi TV out terdiri dari beberapa fitur produk diantaranya mode airplay, miracast  (Chromecast ) dan Intel Widi. Airplay adalah teknologi yang secara eksklusif digunakan untuk produk produk Apple, sedangkan Intel Widi dikembangkan oleh intel untuk semua perangkat yang berasosiasi dengan intel. Semua teknologi ini adalah untuk cara menyambungkan hp ke laptop/  monitor/ TV/ LCD Proyektor tanpa kabel untuk mirroring layar.

Melakukan mirroring layar dengan anycast dongle HDMI dari HP smartphone adalah seperti melakukan presentasi dari laptop ke layar proyektor yang biasanya terhubung dengan kabel VGA atau kabel HDMI. Karena menggunakan port HDMI maka kita menyebutnya anycast dongle HDMI. Beberapa jenis anycast dongle HDMI menggunakan USB sebagai sumber power listrik.
Apa itu chromecast atau anycast dogle HDMI
chromecast dogle HDMI

Apa itu chromecast?

Chromecast sesuai dengan namanya yang mirip dengan salah satu produk google yaitu browser google chrome, memang merupakan teknologi yang awalnya berasal dari google untuk mendukung TV Android yang dapat memindahkan layar dari HP atau tablet android ke layar lebar. Namun Dalam penggunaannya teknologi ini dapat digunakan multi platform dan multi device sehingga dapat digunakan pada hampir semua TV karena chromecast ini menggunakan standar sertifikasi dari Wi-Fi Alliance berdasarkan spesifikasi Wifi-Display.

Protocol Wifi chromecast ini adalah protocol yang paling terbuka (open), Artinya protocol ini dapat bekerja lintas platform tidak terbatas pada merk produk dan seri tertentu, karena protocol ini bekerja secara wireless menggunakan frekuensi yang biasa digunakan untuk mengakses jaringan. Spesifikasi yang dibutuhkan oleh chromecast juga tidak tinggi, membuat banyak perangkat dapat menerapkan chromecast sebagai basis pindah tayang saat ini.

Cara Menggunakan Chromecast:

  • Pasang chromecash pada TV atau perangkat lain yang akan kita pakai untuk melakukan mirrorring melalui port HDMI.
  • Set pada mode miracast
  • Buka aplikasi yang kompatibel untuk Cast di perangkat sobat, jika sobat belum memiliki aplikasinya silakan download terleebih dahulu di playstore.
  • Cari video untuk diputar atau buka aplikasi kesayangan sobat dari HP smartphone
  • Tap tombol Cast di aplikasi yang kompatibel untuk mulai melakukan mirorring.
  • Kontrol langsung dari perangkat sobat.
Dimana dapat membeli perangkat ini?

Tempat - tempat yang menjual chromecash:

Dengan Chromecast, sobat dapat menjadikan TV biasa menjadi Smart TV dengan harga yang cukup terjangkau. Sobat dapat memunculkan konten yang ada di layar HP Smartphone atau Tablet ke layar TV sehingga dapat melakukan streaming video atau film, mendengarkan musik dengan video clipnya, dan bermain game dengan layar yang lebar. HP Smartphone atau Tablet sobat juga dapat  di jadikan Remote Control untuk navigasi dan mengendalikan aplikasi yang tampil di TV.

Salah satu fungsi Chromecast juga adalah mentransmisikan konten dari internet sehingga sobat dapat melihat video kualitas HD dan suara surround. Dengan spesifikasi Wi-Fi 2,4 / 5 GHz dan sistem antena adaptif internal, Chromecast akan memperoleh resolusi video yang tetap tinggi dan lebih sedikit penyanggaan.

Dengan Chromecast, ada pilihan lebih dari ribuan acara TV & film dan jutaan lagu, plus radio, olahraga, game, dan lainnya. Sobat dapat menggunakan berbagai konten berbayar maupun gratis dari ribuan aplikasi.

Berikut ini adalah beberapa toko online yang menjual chromecash:
Itulah uraian singkat tentang chromecast atau anycast dongle HDMI, semoga dapat membantu menambat wawasan tentang teknologi wireless chromecast atau anycast dongle HDMI.