Cara Mendapatkan Uang Elektronik Bank Indonesia

Jika sobat sedang mencari kartu uang elektronik untuk membayar tol mungkin artikel berikut ini akan bermanfaat untuk memilih dan mendapatkan uang elektronik yang sobat butuhkan.

Pada postingan sebelumnya yang berjudul inilah fakta uang elektronik yang harus anda ketahui, saya menuliskan tentang logo uang elektronik yang akan di seragamkan oleh Bank Indonesia dengan nama gerbang pembayaran nasional (GPN) yang memakai gambar logo burung garuda. Dimana setiap uang elektronik yang telah membubuhkan logo GPN tersebut maka uang elektronik tersebut dapat terintegrasi dengan jaringan perbankan seperti ATM Bersama, di mana uang elektronik dapat di Top Up dari rekening bank manapun.

Sejak dikeluarkannya logo gerbang pembayaran nasional di awal tahun 2018 sampai pertengahan tahun ini belum terlihat pergerakannya. Setiap bank dan lembaga keuangan yang mencetak uang elektronik baru dapat mengisi ulang saldo dari rekening bank tersebut. 
Cara Mendapatkan Uang Elektronik Bank Indonesia

Jenis-jenis uang elektronik

  • Kartu uang elektronik
  • Smartphone NFC
  • Kartu pintar (chip)
Dari ketiga jenis uang elektronik di atas pada prinsipnya ketiganya sama-sama menggunakan teknologi NFC sebagai data capture ketika bertransaksi.

Kartu uang elektronik atau e-money sekarang dapat dengan mudah kita dapatkan di sekitar kita baik yang offline maupun online, untuk lebih jelasnya silakan baca 16 tempat yang menjual uang elektronik / e-toll card.

Smartphone NFC dapat dijadikan sebagai uang elektronik dengan aplikasi e-money yang diinstal dalam smartphone tersebut, sebagai contoh adalah aplikasi T Cash Telkomsel. T cash Telkomsel merupakan produk uang elektronik dari PT Telkomsel dengan menggunakan nomor handphone sebagai nomor rekeningnya.

Jadi selain kita membeli kartu uang elektronik pada kantor cabang Bank maupun merchant perbankan seperti Indomaret, alfamart, halte busway dan Stasiun Commuter Line kedepannya berbekal dengan smartphone NFC kita juga dapat membuat handphone smartphone kita menjadi uang elektronik dengan menginstal aplikasi e-money ke dalam smartphone kita.

Contoh negara yang sudah memanfaatkan smartphone NFC ini untuk transaksi adalah negara Cina dengan alipay produk uang elektronik dari Alibaba. Dan selain t-cash Telkomsel di Indonesia juga sudah mulai banyak bermunculan platform uang elektronik lainnya seperti paypro dari Indosat, xL Tunai, gopay, paytren, fasapay dan lain sebagainya.
 
Jadi cukup mudah untuk mendapatkan uang elektronik kedepannya, cukup dengan smartphone teknologi NFC kita sudah dapat bertransaksi. Untuk melihat daftar smartphone memiliki fitur NFC dapat dilihat pada postingan Inilah Daftar 25 Smartphone Yang Support NFC, Android dan Ios.

Sedangkan untuk kartu pintar berupa chip adalah wacana generasi berikutnya dari uang elektronik yang akan ke integrasikan ke dalam tubuh manusia seperti ditanam didalam tangan. Jadi nantinya setiap orang akan melakukan transaksi jual beli cukup dengan menscan tangan yang terdapat kartu Pintar tersebut.

Demikianlah cara mendapatkan uang elektronik bank Indonesia baik yang berupa kartu maupun dengan aplikasi uang elektronik. Silakan share jika bermanfaat.