Beginilah Cara Memulai Bisnis Online Dari Nol, Usaha Menjanjikan Untuk Masa Depan

Cara Memulai Bisnis Online Dari Nol - Salam sobat blogger, jika sobat sedang mencari referensi tentang cara berbisnis online mulai dari nol maka langkah sobat membuka halaman ini sudah tepat. Dalam beberapa postingan yang telah saya posting pada blog ini telah banyak membahas bagaimana memulai sebuah bisnis online mulai dari pemahaman konsep (mindset), pengetahuan dasar tentang dunia online marketing, pilihan model bisnis online dan teknik-teknik dasar membuat blog dan website yang akan digunakan untuk media pemasaran secara online.
Beginilah Cara Memulai Bisnis Online Dari Nol, Usaha Menjanjikan Untuk Masa Depan

Ketika sobat membuka halaman ini saya juga menganggap sobat sudah memiliki mindset tentang sebuah bisnis yang menjanjikan untuk masa depan, kenapa? Karena sobat telah mencoba mencari informasi tentang bisnis online yang merupakan bisnis masa depan dalam masyarakat millenium ini. Sebagaimana kita tahu bisnis offline yang tidak bertransformasi menjadi bisnis online maka bisnis tersebut dapat dipastikan mundur atau bahkan mengalami kebangkrutan karena trend dan gaya hidup masyarakat yang sudah merubah dari konvensional ke dunia gadget (online) yang segala sesuatunya dapat dilakukan melalui ujung jari dalam smartphone yang kita miliki.

Baiklah langsung saja kita bahas langkah-langkah yang harus sobat lakukan untuk memulai bisnis Online ini mulai dari nol: 
  • Akun Email Primer

Langkah pertama yang harus sobat lakukan adalah memiliki sebuah akun email (direkomendasikan akun google mail) yang aktif sebagai email utama yang nantinya akan dikenakan sebagai email backup untuk akun email marketing yang akan kita gunakan secara publik. Oleh karenanya akun email ini harus aman dari penyalahgunaan dan lupa kata sandi, sehingga perlu di buat catatan tersendiri dan terpisah untuk akun primer ini.

Sebagai seorang pemula, sobat perlu diingatkan tentang pentingnya sebuah akun email dalam dunia internet marketing karena salah satu kunci dalam dunia online adalah akun email. Fungsi email yang paling utama salah satunya adalah untuk pembuatan akun pada website, sebagai alamat pembayaran pada rekening virtual seperti pada Paypal dan payoneer.

Sebagai contoh tentang pentingnya email adalah sebuah akun AdSense yang memiliki saldo yang banyak atau harga yang cukup mahal dapat hilang dari tangan kita ketika email untuk akun Adsense tersebut tidak dapat kita buka baik itu lupa sandi ataupun diambil alih oleh orang lain melalui phising.

Baca: Cara Membuat Email di Google, Yahoo dan Facebook
  • No HP Primer

Langkah kedua yang tak kalah penting adalah menyiapkan sebuah nomor telepon primer yang terkoneksi dengan akun email primer. Sebagian orang belum memahami pentingnya sebuah nomor telepon yang terhubung dengan akun email, oleh karenanya sebagai pemula sobat harus mulai memahami bahwa nomor telepon merupakan salah satu pengaman akun email.

Dimana akan ada kode verifikasi yang dikirim melalui SMS atau panggilan dari nomor handphone yang terkoneksi dengan email ketika terjadi beberapa hal seperti mencoba dibuka di perangkat lain, membuka email pada browser yang berbeda, reset kata sandi jika terjadi lupa kata sandi dan aktivitas lain yang dianggap ilegal oleh sistem sehingga memberikan notifikasi ke nomor handphone tersebut.

  • Akun Medsos

Langkah ketiga adalah membuat akun media sosial, akun media sosial menjadi sangat penting ketika kita bermain dengan dunia online marketing karena semua interaksi sosial dilakukan melalui media tersebut. Akun media sosial juga nantinya akan menjadi branding merk produk yang kita miliki atau personal branding untuk jasa yang akan kita tawarkan secara online.

Buatlah beberapa akun media social seperti facebook, twitter,google plus, instagram, whatsapp, messengger, telegram, tumblr, pinterest dan medsos lainnya. Dalam menggunakan akun media sosial sobat harus dapat membedakan antara akun personal dan akun bisnis.

Akun personal tetap dapat dijadikan sarana untuk membangun komunikasi bisnis di dunia online namun sobat harus tahu bahwa dalam akun media sosial terdapat fitur untuk membuat akun bisnis atau sebuah landing page. Sebagai contoh adalah jika kita membuat akun personal di facebook maka kita dapat membuat sebuah fanspage yang merupakan halaman yang dapat dikelola oleh beberapa akun personal. Jika kita menggunakan Pinterest di sana ada yang namanya big board, dalam akun telegram juga terdapat channel, di YouTube juga kita dapat membuat beberapa channel untuk memposting video berdasarkan jenisnya.
  • Membuat Blog

Langkah keempat adalah membuat sebuah blog atau website, seorang yang melakukan bergelut di online marketing boleh dikatakan wajib memiliki sebuah website atau blog. Website atau blog pada dasarnya adalah sama namun ada juga yang membedakan bahwa sebuah website adalah halaman yang statis dan blog adalah halaman yang dinamis. Jika sobat melihat halaman pada website ini sobat akan temukan beberapa halaman statis (about, disclaimer, contact, privacy policy) dan banyak halaman yang dinamis (postingan artikel).

Cara Membuat Blog / Website:

  • Monetize Blog


Hampir setiap blogger menginginkan bagaimana blog-nya dapat menghasilkan uang. Pada prinsipnya minimal ada 7 Model Bisnis Online cara menghasilkan uang dari internet, namun disini saya hanya memberikan beberapa contoh saja:
1. Kita mempunyai produk/jasa lalu kita jual melalui toko online

Sudah banyak toko online yang bertebaran di dunia maya, kebanyakan toko online adalah kepanjangan tangan dari toko offline. Membeli produk secara online sekarang sudah menjadi pilihan bagi beberapa kalangan orang di indonesia yang notabeni tingkat kepercayaan masyarakat terhadap transaksi online masih rendah dibanding dari negara asal teknologi ini.

Keuntungan dalam bisnis online, kita tidak harus memiliki lokasi yang strategis, bahkan dari rumah sendiri juga bisa sehingga kita tidak perlu membeli atau sewa tempat, calon pembelinya pun tidak main-main jangkauannya yaitu seluruh dunia dan waktu transaksi bisa 24 jam sehari dan 7 hari seminggu. Namun di perlukan juga keahlian bagaimana mendapat trafic pengunjung yang banyak dan potensial customer ke website/ toko online kita.
2. Kita menjualkan produk/jasa orang lain, atau dengan kata lain kita menjadi broker produk/jasa tersebut. Bisa juga lewat program affiliasi/ Affiliate Programs.

Seperti halnya di dunia nyata di dunia maya pun anda akan mendapat keuntungan jika Anda bisa menjualkan produk / jasa. Sebagai contoh jika anda mau menjualkan produk pulsa elektrik dan listrik token anda akan mendapat keuntungan dari selisih harga yang ada.

Program Affiliasi Clikbank
 
Program afiliasi memungkinkan blog Anda untuk melayani sebagai penghubung antara pembaca dan situs online yang menawarkan berbagai barang dan jasa. Salah satu pilihan populer adalah Amazon.com atau clickbank.com untuk dalam negeri juga sudah banyak toko online dan market place yang sudah membuka link affiliasi seperti lazada dan ratakan.  

Sebagai contoh Anda menawarkan resensi buku atau bahkan hanya menyebutkan sebuah buku di blog Anda dengan hoplink dari program afiliasi untuk mengakses langsung dari blog Anda ke Amazon/ Clickbank untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai buku tersebut. Kita akan mendapatkan komisi dari penjualan buku tersebut jika customer membeli lewat web blog yang kita miliki. Perlu diketahui program affiliasi seperti ini sudah membayar puluhan juta dolar pertahun terhadap cliennya.
3. Kita ikut Advertising Programs seperti Google Adsense.

Hal ini mungkin cara yang paling umum dari memanfaatkan web blog untuk menghasilkan pendapatan. Jika Anda mempunyai sebuah blog yang terkenal, atau mempunyai traffic pengunjung yang banyak, sangat mungkin untuk menjual ruang iklan sendiri. Untuk Blog Bing dan layanan seperti Google AdSense atau BlogAds, blogger dapat membuat iklan program. AdSense - yang memungkinkan Anda memilih beberapa iklan yang konsisten dengan isi blog Anda dan membayar Anda berdasarkan berapa banyak pembaca mengklik iklan untuk informasi lebih lanjut. 

Berikut ini ada beberapa program yang bisa kita ikuti:

Advertising Programs  

Google Adsense  
Chitika 
Bidvertiser
Audiens Network Facebook

Affiliate Programs/Networks  

Pepperjam Network
ClickBank 
Commission Junction  
Affiliate.Com  
Amazon Associates



Itulah Cara Memulai Bisnis Online Dari Nol yang dapat saya share dalam artikel ini, jika sobat sudah mulai tertarik dengan bisnis online, saya sarankan untuk konsisten dengan salah satu model bisnis online terlebih dahulu dan sabar dalam belajar karena tidak banyak yang mampu bertahan dan berbuah manis diakhirnya. Banyak yang tidak konsisten dengan affiliate misalnya karena merasa susah mendapatkan uang dari affiliate marketing dan kemudian beralih ke adsense misalnya maka hal tersebut tidak disarankan, karena menjadi "kutu loncat" dalam bisnis tidak akan expert pada suatu bidang melainkan kegagalan yang mungkin akan dialami.

Jika mau beralih ke model bisnis yang lain, pastikan bisnis yang pertama sudah berjalan dan secara kontinyu menghasilkan uang kepada anda. Percayalah bahwa bisnis online adalah salah satu peluang usaha yang menjanjikn untuk masa depan seiring dengan transformasi teknologi informasi dalam masyarakat. Jika bermanfaat silakan di share..