Whatsapp Error Karena Pesan Black Dot Dan Sejenisnya Ini Penjelasannya!

Beberapa hari belakangan ini whatsApp chat sedang viral dengan pesan yang dapat membuat aplikasi WhatsApp hang, error atau crash sehingga aplikasi tidak merespon saat akan digunakan. Beberapa jenis pesan yang membuat WhatsApp error adalah pesan dengan tombol black Dot atau Titik Hitam untuk disentuh dan juga teks Read more yang biasanya digunakan untuk menampilkan pesan yang panjang karena terpotong, namun teks Read more ini tidak menampilkan pesan malah menjadikan aplikasi whatsApp Android menjadi error.

Whatsapp Error Karena Pesan Black Dot
Whatsapp Error Karena Pesan Black Dot 2

Menurut beberapa sumber menjelaskan bahwa pesan chat yang membuat aplikasi WhatsApp menjadi tidak merespon untuk beberapa saat atau beberapa lama ini dikarenakan adanya Text Unicode yang tidak dapat ditampilkan oleh aplikasi dengan jumlah karakter yang cukup banyak, sehingga wajar kalau text tersebut membuat aplikasi hang karena kerja prosessor dan ram di gunakan lebih ekstra dari text normal. Oleh karenanya setiap perangkat akan memberikan efek "crash aplikasi" dengan waktu yang berbeda, tergantung dengan tinggi spesifikasi perangkat tersebut.
Black Dot yang di convert ke format ASCII

Unicode adalah sebuah standar yang memungkinkan teks dan simbol untuk Sistem penulisan yang dapat dimanipulasi oleh perangkat komputer. Sehingga banyak karakter yang universal dapat masuk kesistem komputer.

Dalam kasus ini, teks unicode yang diberikan dalam percakapan whatsApp merupakan teks yang belum didukung oleh aplikasi whatsApp Android yang ada saat ini sehingga menyebabkan program bekerja tidak normal. Oleh karenanya aplikasi harus diupdate untuk menghilangkan bug yang ada, sehingga trik membuat crash aplikasi whatsApp dengan metode ini mungkin dalam beberapa waktu kedepan sudah tidak berfungsi lagi ketika WhatsApp sudah mengupdate aplikasinya.

Dalam dunia programming sebuah aplikasi bisa dipastikan memiliki celah yang memungkinkan para hacker mengeksploitasi kelemahan tersebut untuk tujuan tertentu, sehingga diperlukan update secara berkala dari developer aplikasi untuk untuk menutup celah tersebut.

Trik lain yang pernah dan mungkin masih digunakan oleh orang yang "Iseng" untuk membuat crash aplikasi WhatsApp adalah dengan Bom Chat. Bom Chat adalah mengirim pesan chat dengan jumlah yang sangat besar pada waktu yang hampir bersamaan, sehingga perangkat penerima kewalahan dan menyebabkan blank atau crash. Cara ini biasanya menggunakan sebuah aplikasi pihak ketiga yang dapat memberikan perintah mengirim bulk chat dengan pengaturan tertentu. Hal ini tentu tidak disarankan untuk dilakukan karena dapat merugikan orang lain dan mengganggu kenyamanan berkomunikasi di media sosial.

Demikianlah ulasan singkat tentang chat whatsApp yang dapat membuat HP nge-hang, semoga bermanfaat. Lihat juga artikel tentang whatsApp lainnya di sini.