Panduan Tugas Proktor UNBK 2018 Lengkap

Panduan Tugas Proktor UNBK 2018 Lengkap

UN BK adalah ujian nasional berbasis komputer yang telah dilaksanakan oleh jenjang sMK, sMA, MA dan SMP. Dalam ujian nasional menggunakan komputer dengan sistem semi online dan online terdapat dua petugas kunci yang memiliki tanggung jawab untuk suksesnya kegiatan selama ujian berlangsung yaitu petugas proktor dan teknisi. 

Dalam setiap ruang ujian yang memiliki 1 server lokal ideal nya dipegang oleh seorang proktor. 1 Server lokal sesuai dengan ketentuan dari kemendikbud adalah untuk menghandle maksimal 40 komputer client untuk komputer server dengan spesifikasi processor intel core i5 dan ram 8 GB, walaupun sangat disarankan untuk menambah RAM menjadi 16GB supaya lebih ringan. 

Jika dalam sebuah sekolah menggunakan beberapa ruangan ujian maka setiap ruangan ujian terdapat 1 server dan satu proktor, sedangkan untuk teknisi bisa merangkap beberapa server sekaligus. 

Begitu pentingnya peran seorang proktor maka diperlukan sebuah panduan yang lengkap dan jelas untuk menjalankan tugas dalam proses Ujian Nasional ini. Berikut ini beberapa panduan yang dapat dijadikan acuan untuk bertugas menjadi seorang proktor:

Panduan Tugas Proktor UNBK 2018:
  • Sebelum seorang proktor melaksanakan tugasnya maka langkah pertama yang harus ia lakukan adalah meminta username dan password untuk login ke web unbk.kemendikbud.go.id dari dinas pendidikan Kabupaten/kota yang akan digunakan untuk mengelola semua kegiatan dari proses UNBK ini.
  • Jika dalam sebuah sekolah terdapat beberapa proktor maka ditunjuk satu proktor utama untuk melakukan pendataan secara administrasi di website UNBK. Proktor utama juga berfungsi sebagai mentor untuk proktor yang lain dan pemberi informasi terbaru yang selalu di update dari website UNBK.
  • Proktor memiliki tugas mulai dari pendataan awal peserta UN di situs unbk Kemendikbud dengan mengisi identitas sekolah, petugas proktor dan teknisi dan sarana prasarana unbk serta menyetujui pernyataan untuk mengikuti UNBK dengan mencetak surat pernyataan dan di tanda tangani oleh kepala sekolah yang di scan dan diupload di web unbk Kemendikbud tersebut sampai proses pelaksanaan Ujian Nasional berbasis komputer ini selesai dilaksanakan baik yang utama maupun yang susulan. 
  • Sekolah yang telah mengajukan dan ditetapkan untuk ujian nasional berbasis komputer akan muncul menu pada website UNBK untuk menarik biodata peserta ujian nasional dari website bio UN ke website unbk dan mengatur server, sesi peserta Ujian Nasional, mencetak kartu peserta, mencetak daftar hadir, mencetak berita acara pelaksanaan dan melihat jadwal sinkronisasi untuk simulasi 1, simulasi 2 dan simulasi 3 atau gladi bersih menjelang UNBK utama.
  • Proktor bersama teknisi melakukan instalasi virtual hard disk atau VHD ke dalam komputer server. Virtual hard disk dari puspendik merupakan data utama dari peserta Ujian Nasional, soal ujian nasional dan jawaban peserta Ujian Nasional yang akan disinkronisasi dengan server Pusat puspendik. Lihat Cara Instalasi VHD UNBK disini.
  • Instalasi server lokal UN BK dikatakan berhasil jika sudah berhasil masuk ke exambro cbt admin atau CBTSYNC setelah melakukan submit ID server dan serial number yang ditandai dengan status server offline, stand by atau aktif. Status server offline jika data pasangan belum dikeluarkan oleh server Pusat, Status server stand by jika pasangan data telah di submit ke server Pusat, Status server aktif menandakan server siap di sinkronasi dengan server Pusat.
  • Proktor melakukan sinkronisasi satu atau dua hari sebelum pelaksanaan simulasi gladi bersih maupun ujian nasional utama berlangsung atau sesuai jadwal yang telah ditentukan oleh kemendikbud melalui website UNBK.
Langkah-langkah melakukan sinkronasi server unbk 2018: 
  1. Jalankan exam Browser cbt admin untuk melakukan submit iD server dan serial number 
  2. CBTsync akan melakukan patching secara otomatis ke server Pusat 
  3. Jika kondisi Dashboard StandBy Akses Server Pusat di Tutup data SN Sudah Sesuai, lihat kembali jadwal Sinkronisasi.
  4. Jika kondisi Dashboard Aktif, server siap melakukan Sinkronisasi. 
  5. Klik Menu BACKUP dan lakukan HAPUS data terlebih dahulu. 
  6. Klik BACKUP, tunggu hingga prosses selesai dan klik disini untuk mendownload hasil backup. 
  7. Setelah backup, klik tombol HAPUS dan tunggu hingga proses penghapusan selesai. 
  8. Lanjut ke Menu Status Download. 
  9. Klik REFRESH STATUS untuk melihat Data Awal sebelom sinkronisasi. 
  10. Tutup tampilan REFRESH STATUS, kemudian klik START SYNC. 
  11. Tunggu hingga proses Download data 1 s/d 9 selesai dan pastikan setelah selesai semua data 1 s/d 9 akan berwarna Hijau. 
  • Setelah status server standby atau telah melakukan proses sinkronisasi dilarang untuk merubah konfigurasi apapun pada server lokal karena dapat berakibat ditolaknya akses ke server Pusat jika terjadi perbedaan konfigurasi seperti kondisi saat sinkronasi awal.
Berikut langkah yang harus ditempuh saat melaksanakan ujian/simulasi unbk:
  1. Masuk ke menu Status Tes dan pastikan memilih Mata Pelajaran yang ditentukan
  2. Pilih kelompok (mayoritas 1)
  3. Klik SIMPAN SEMUA. Pastikan tidak ada siswa yang sedang aktif mengerjakan tes.
  4. Logout dan SUBMIT kembali
  5. Catat token yang muncul di bagian STATUS TEST
Selama tidak ada siswa yang ter-logout, token tidak perlu dipantau. Jika ada siswa yang membutuhkan relogin, silakan gunakan token yang muncul di bagian STATUS TEST. Secara otomatis, CBTSYNC akan memberikan token baru tiap 15 menit.

Jika setelah melakukan langkah #1-4 dan token tidak muncul lebih dari 2 menit, pastikan Internet aktif dan tidak digunakan orang lain. Logout dan SUBMIT kembali serta tunggu beberapa menit. Anda mungkin harus melakukan hal ini beberapa kali.

Setelah siswa selesai mengerjakan unbk:

  1. Pastikan tidak ada soal yang ditandai RAGU-RAGU. Hal ini akan membuat siswa tidak bisa klik SELESAI di nomor terakhir soal
  2. Siswa men-klik soal terakhir dan pilih SELESAI. Akan ada 2 jendela peringatan dan isi kedua-duanya dengan YA.
  3. siswa meng-klik LOGOUT.
  4. Selesai.
Sangat penting dan krusial untuk siswa agar mereka klik SELESAI dan LOGOUT. Jika hanya Logout, maka status siswa menjadi Masih Mengerjakan dan tidak bisa diupload. Dilain pihak, jika waktu 120 menit selesai, siswa tidak bisa login lagi untuk klik tombol SELESAI. Best practice: sebelum waktu habis (110 menit), siswa sudah mempersiapkan untuk selesai dan logout

Hal Yang dilakukan setelah ujian/simulasi
Setelah siswa selesai ujian, tugas Proktor untuk meng-upload jawaban siswa.
  1. Pastikan siswa sudah klik SELESAI dan LOGOUT
  2. Klik STATUS PESERTA dan lihat bahwa semua siswa sudah berstatus SELESAI MENGERJAKAN
  3. Klik Pilih Peserta dan smuanya akan terpilih
  4. Klik UPLOAD HASIL dan tunggu beberapa saat. Notifikasi akan menunjukkan bahwa anda selesai upload jawaban
  5. Klik LAPORAN di bagian kiri layar CBTSYNC. Isi dengan informasi yang sesuai dan klik CETAK. Laporan ini berisi jawaban siswa. Silakan disimpan di sekolah.
  6. Buka halaman web UNBK
  7. Klik SIMULASI 2-3
  8. Klik BERITA ACARA PELAKSANAAN
  9. di sebelah atas, pilih jenis peserta (misal:SMP)
  10. Klik sesi dan hari yang sesuai lalu klik LAPORAN (kiri tengah) lalu pilih ISI LAPORAN
  11. Setelah mengisi, klik CETAK
  12. Proktor, Pengawas dan Kepala Sekolah akan menandatangani BAP ini.
  13. Scan dan upload berkas #12 sesuai hari dan sesi.
  14. Lakukan langkah yang serupa untuk daftar hadir. Daftar hadir diprint, tanda tangan, scan dan upload ke menu Daftar Hadir.
  15. Proses selesai.