Cara Mengaktifkan https Blogger Custom Domain

Salam sahabat blogger, dalam kesempatan kali ini saya akan membagikan pengalaman bagaimana cara mengaktifkan https pada website atau blog ber-platform blogger. Lalu apasih itu https? 

Cara Mengaktifkan https Blogger Custom Domain
HTTPS (HTTP over SSL) atau HTTP Secure adalah menggunakan Secure Socket Layer (SSL) atau Transport Layer Security (TLS) sebagai sublapisan di bawah lapisan aplikasi HTTP biasa. HTTPS mengenkripsi dan mendekripsi permintaan halaman pengguna serta halaman yang dikembalikan oleh Web server. Menggunakan HTTPS melindungi terhadap serangan eavesdropping and man-in-the-middle attacks. Jadi intinya ketika kita menggunakan https pengunjung blog kita akan lebih percaya kalau blog yang dia kunjungi aman.

Seperti yang kita ketahui bersama untuk pengguna blogger yang menggunakan domain menginduk pada domain utama blogspot.com atau menggunakan sub level domain blogger maka secara otomatis fitur pilihan untuk mengaktifkan https langsung dapat dilakukan pada menu pengaturan seperti pada gambar berikut ini
Cara Mengaktifkan https Blogger Custom Domain

Namun jika kita ingin membeli domain sendiri menjadi top level domain seperti .com, .net, .web.id, .org dan lain sebagainya dengan menggunakan custom domain URL pihak ke-3 untuk blog Anda dengan Mengarahkan URL terdaftar Anda ke blog Anda, maka secara default menu mengaktifkan https tidak tersedia pada blog tersebut, seperti pada gambar berikut ini:
Cara Mengaktifkan https Blogger Custom Domain
 
Dalam keterangannya terdapat pemberitahuan "Warning: HTTPS is currently not available for custom domain blogs."  Sehingga kita tidak dapat mengaktifkan https pada blogger.com. Lalu bagaimana cara mengaktifkannya? Menjadi pertanyaan buat saya ketika mencari tahu cara mengaktifkan https di blogger ternyata terdapat Link https://draft.blogger.com  Yang dapat digunakan sama seperti halaman blogger.com namun memiliki perbedaan dapat untuk mengaktifkan https custom domain karena disana terdapat menu pemilihan https untuk digunakan dan terdapat menu redirect yang dapat untuk mengaktifkan https seperti tampilan pada gambar berikut ini:
Cara Mengaktifkan https Blogger Custom Domain
Sehingga jika teman-teman berkunjung ke halaman blog ini maka teman-teman dapat mengetikkan alamat blog ini dengan http://www.membuatcara.com atau https://www.membuatcara.com karena kedua-duanya dapat dibuka.

Untuk proses pengaktifan sendiri tidak memakan waktu yang lama hanya sekitar 10 menit dari kita menyimpan settingan untuk mengaktifkan https maka website akan live dengan url ssl.

Demikianlah sharing singkat tentang bagaimana cara mengaktifkan https pada custom domain blogger mudah-mudahan dapat membantu teman-teman yang sedang mencari informasi ini terima kasih telah berkunjung silakan share jika bermanfaat.