Jangan Cuma Hobi Nonton Video Di Youtube, Tapi Coba Hasilkan Uang Dari Youtube

Jangan Cuma Hobi Nonton Video Di Youtube, Tapi Coba Hasilkan Uang Dari Youtube
"Jangan cuma hobi nonton film di YouTube, tapi cobalah menghasilkan uang dari YouTube". Itu adalah salah satu image post yang pernah saya lihat media sosial facebook yang mengajak kita untuk menghasilkan sebuah karya yang bisa dilihat oleh banyak orang dan memberikan manfaat untuk orang banyak dan tentunya kita mendapatkan feedback penghasilan dari karya tersebut. 

Karya apakah yang dimaksud, dan Gimana bisa menghasilkan uang? 

Jika kita berbicara youTube, di sana ada YouTube AdSense yang digunakan untuk me-moneytise karya video yang kita buat yang telah diupload di channel YouTube. 

Channel YouTube merupakan sebuah halaman untuk content Creator (kita) memposting hasil karyanya sehingga bisa tayang di halaman  rekomendasi dan pencarian YouTube. 

Video yang diupload bisa berupa rekaman murni dari kamera smartphone atau hasil editing dari beberapa rekaman menggunakan video editing seperti movie Maker, vivaVideo (android & Ios), filmora, adobe premiere Pro, AVS video editor, videopad, video show app (android) dan masih banyak lagi yang lainnya. 

Selain dari hasil rekaman atau edit video, konten video untuk YouTube channel juga dapat berasal dari gambar yang dibuat slide show, baik menggunakan template powerPoint ataupun menggunakan efek cari aplikasi editing video yang saya Sebutkan di atas dengan menambahkan narasi baik dengan teks maupun suara ke dalam video tersebut. 

Contoh content Creator atau youtuber indonesia yang sudah sukses diantaranya adalah: 

Raditya Dika (Chanel Youtube)

Raditya Dika memang sudah mempunyai modal awal menjadi seorang youtuber karena dia sudah cukup dikenal di masyarakat dengan stand Up komedian nya, sehingga ketika dia entah dia ingin masuk menjadi youtuber ataupun hanya sekedar hobi upload video yang dimiliki ke YouTube langsung banyak follower dan subscriber. Dengan model skill stand Up Comedy inilah channel Youtubenya menjadi salah satu channel YouTube populer di Indonesia. 

Agung hapsah (Chanel Youtube)

Agung hapsah youtuber yang mempunyai aksen yang unik dalam berbicara lebih fasih dalam berbahasa Inggris daripada bahasa Indonesia adalah YouTube Bermuda dari Kalimantan Timur yang pernah tinggal di Australia dari kelas 3 SD sampai SMP. Tak heran jika dalam beberapa video dalam channelnya menggunakan bahasa Inggris yang sangat apik.

Dia bersama bayu Skak termasuk anak muda yang sempat diundang oleh Presiden Jokowi untuk mengikuti kegiatan kepresidenan sebagai anak muda yang kreatif untuk memberikan inspirasi kepada generasi muda pada umumnya. Dan video terakhir yang dapat dilihat pada channelnya adalah tantangan dari perusahaan Samsung untuk melakukan review dengan produk terbarunya samsung Galaxy Note 8. Jadi selain mendapat penghasilan dari YouTube AdSense dia juga dapat job dari perusahaan.

Bayu Skak (Chanel Youtube)
Ria ricis (Chanel Youtube)
Arif Muhammad (Chanel Youtube

Nah itulah beberapa contoh youtuber Indonesia yang sudah cukup populer dan sukses dengan channel yang mereka miliki. Dari sini kita bisa mengambil pelajaran atau setidaknya motivasi untuk kita semua yang memiliki Bakat untuk membuat sebuah karya, karya yang bermanfaat dan juga disukai oleh banyak orang, mengapa tidak untuk mulai mendokumentasikan karya tersebut dalam bentuk video yang bisa diupload di youtube channel teman-teman.

Terutama buat teman-teman anak muda Indonesia yang masih sangat potensial untuk mengembangkan bakat dan impiannya, ambilah bagian ini jika kalian memang memiliki modal kreativitas sehingga bisa bermanfaat bagi masyarakat Indonesia dan menjadi sumber income yang sangat menjanjikan.

Nah itulah sedikit motivasi untuk kita semua untuk bisa berkarya dan menghasilkan produk digital dalam bentuk video, jangan cuma hobi lihat film di YouTube, namun cobalah menghasilkan uang dari YouTube.

Bagi teman-teman ingin mendalaminya silakan pelajari lebih lanjut bagaimana cara bergabung menjadi partner YouTube AdSense karena di sana banyak aturan main yang harus dipahami sehingga kerja keras yang akan kita lakukan nantinya tidak sia-sia karena adanya pelanggaran term of service seperti pelanggaran hak cipta dan konten yang aman untuk anak-anak dan orang tua. Sekian dulu semoga menginspirasi, terima kasih telah berkunjung, bagikan jika bermanfaat.