Awas !! BlueBorne Menyerang Perangkat Android, Windows, Linux dan Ios

Apakah BlueBorne Itu?

Seperti di release Armis Security BlueBorne adalah sebuah serangan vektor yang dilancarkan hacker dengan memanfaatkan koneksi Bluetooth untuk menembus dan mengambil kontrol penuh atas perangkat yang ditargetkan.

Setelah beberapa waktu lalu kita digemparkan dengan WannaCry ransomware, virus yang menginfeksi komputer melalui jaringan dengan mengenkripsi dokumen yang ada di dalamnya sehingga dokumen tidak dapat kita buka karena memerlukan sebuah kunci enkripsi untuk membukanya dan ini hanya dimiliki oleh orang yang membuat kode enkripsi tersebut. Seperti ransomware, serangan Blueborne ini juga tidak kalah bahayanya karena blueborne menyerang secara diam-diam tanpa diketahui oleh pemilik perangkat tersebut karena secara otomatis menginfeksi sebuah perangkat melalui bluetooth yang memiliki kelemahan yang telah di exploit tanpa memerlukan pairing perangkat.

Berikut ini penjelasan Armis Security tentang bagaimana blueborne bekerja:

Blueborne menginfeksi perangkat tanpa harus ada yang dilakukan pada perangkat dan menyebar melalui fasilitas tethering data untuk mengirim data sehingga hacker dapat berperan dalan " Man in the Middle" dan mengeksekusi kode untuk menyerang anda tanpa anda ketahui. 

Mungkin ada yang bertanya "Man in the middle" itu seperti apa sih? Dalam dunia hacking akan kita jumpai pesan atau data yang dapat dimodifikasi oleh pihak ke-3 dari 2 orang yang saling berkomunikasi. 
Contohnya: A ---> Kirim data ke ---> B, dengan adanya "Man In The Middle" maka bisa menjadi : A ---> Kirim data (dimodifikasi oleh C) kemudian diteruskan lagi ke ---> B, begitu juga sebaliknya.