Mengenal Fitur Neighborhood Aware Networking (NAN) Android O

Berkomunikasi Tanpa Access Point, Data Seluler atau Internet dengan NAN

Android 8.0 dengan versi api level 26 atau yang lebih tinggi akan dapat menggunakan fitur WiFi aware yang merupakan fitur untuk menjelajah perangkat terdekat dengan lokasi kita berada untuk dapat saling berkomunikasi. 

Komunikasi antara dua perangkat menggunakan wiFi aware dilakukan melalui komunikasi langsung diantara perangkat tersebut tanpa melalui wiFi Access Point. Sistem kerjanya hampir sama dengan bluetooth namun fitur ini memiliki jangkauan yang lebih luas dan dapat diakses melalui aplikasi. 

Kita dapat menyebutnya teknologi wi-fi direct dan nearby yang dapat menemukan satu sama lain untuk dapat saling terkoneksi tanpa memerlukan penggunaan GPS, data seluler atau internet untuk melakukannya. 

Neighborhood Aware Networking (NAN) adalah berdasar pada standar teknologi WiFi Alliance's
Ilustrasi penggunaan NAN dalam gerbong kereta, dimana 2 orang bisa saling berkomunikasi atau bermain game bersama

Hal yang dapat dilakukan dengan teknologi ini adalah yang pertama menjelajah perangkat lain dimana sistem memiliki mekanisme untuk menemukan perangkat lain di dalam jangkauan nan. Hal ini dimulai ketika sebuah perangkat mempublikasikan layanan untuk dilihat oleh pengguna lain, kemudian pengguna lain subscribe pelayanan yang dipublikasikan oleh perangkat lain, kemudian subscriber menerima pesan untuk memasangkan perangkat. Setelah subscribe melihat dan menggunakan pelayanan dari publisher subscriber juga dapat mengirim pesan atau lanjutkan koneksi baru seperti bermain game bersama dengan perangkat yang telah terdiscover.

Komunikasi nya memang hampir sama persis seperti bluetooth di mana kita harus memasangkan kedua perangkat kemudian baru berkomunikasi tetapi  Neighborhood Aware Networking (NAN) memberikan jarak yang lebih luas dan juga dapat digunakan langsung Melalui aplikasi yang telah didesain oleh developer untuk mengijinkan  Neighborhood Aware Networking (NAN) ini

Demikianlah sedikit ulasan yang dapat disampaikan tentang Fitur Neighborhood Aware Networking (NAN) Android O.