Tiket Masuk Candi Prambanan Terbaru

Sudah pernahkah sobat  melakukan kunjungan wisata ke Candi Prambanan? Asal usul Candi Prambanan menurut legenda jawa merupakan kumpulan seribu candi yang dibuat untuk roro jonggrang yang memberikan syarat kepada lelaki yang hendak meminangnya yang dibuat dalam waktu semalam, namun sering berjalannya waktu banyak candi yang hancur sehingga hanya tersisa ratusan candi saja di komplek tempat wisata candi hindu ini.
Gambar Candi Prambanan

Komplek Candi Prambanan ini adalah tempat pemujaan untuk Dewa Siwa.  Dewa siwa sendiri merupakan bagian dari tiga kekuatan Brahman (Sang Hyang Widhi) yang dalam agama hindu merupakan  Tuhan yang memiliki sifat menciptakan, memelihara, melebur alam beserta isinya yang dikenal dengan istilah Trimurti yaitu: Dewa Brahma Dewa Wisnu dan Dewa Siwa

Komplek wisata candi prambanan ini juga dikenal dengan nama Siwaghra yang merupakan bahasa Sansakerta yang berarti rumah Siwa. Menurut sejarah Candi Prambanan Adalah Peninggalan Kerajaan mataram kuno dengan raja rakai pikatan yang menyatukannya setelah terpecah. Rakai Pikatan merupakan keturunan dari wangsa sanjaya yang menganut agama hindu untuk menandakan kekuasaanya ditanah jawa dan juga sebagai tandingan candi budha  candi borobudur yang merupakan karya dari wangsa sailendra.


Letak Candi Prambanan

Candi Prambanan terletak di jalan utama jogya – solo melalui jalan provisi ini diperlukan waktu sekitar 15 menit dari bandara adi sucipto jogya jika ditempuh dengan mobil pribadi. Jika Sobat naik kendaraan umum dari terminal bus jogya seperti menggunakan kopaja atau Bus Trans Jogja bisa memakan waktu sekitar 1 jam begitu juga dari jalan Malioboro, Yogyakarta. 

Jika Sobat ingin berkunjung ke Candi Prambanan, berikut ini harga tiket masuk kawasan wisata budaya jogyakarta:
Loket Tiket Masuk Candi Prambanan

Harga tiket masuk Candi Prambanan terbaru Turis Lokal

Dewasa         : Rp30.000 
Anak­anak : Rp12.500

Karena di candi prambanan juga banyak dikunjungi turis manca negara, harga tiket juga dibedakan untuk pengunjung luar negeri yaitu:

Harga tiket masuk Candi Prambanan terbaru Turis Manca Negara

Adult : 18USD 
Child : 9 USD
Pintu Masuk Candi Prambanan
Adapun jika sobat berkunjung pada musim liburan seperti libur idul fitri dan akhir tahun biasanya ada paket tiket untuk masuk ke area candi sewu yang masih satu area. Suasana tempat wisata sangat kental dengan budaya jawa seperti kebaya dan blangkon. Begitu masuk area kita akan menemukan taman yang luas dan asri dengan pohon yang rindang sehingga sangat cocok untuk mengambil gambar disini. Diarea ini juga ada penyewaan kuda tunggangan untuk berkeliling jika sobat tertarik akan langsung diantar berkeliling bersama jokinya.

Ketika kita memasuki area candi, tantangan menarik untuk bisa berkeliling beberapa candi utama memerlukan persiapan energi yang cukup, apalagi jika sobat datang dari luar kota tentunya sudah banyak tenaga yang hilang untuk menempuh perjalanan. Candi utama prambanan memilki karakter vertical sehingga bangunan candi cukup curam dengan tumpukan batu hitamnya berbeda dengan bangunan candi Borobudur yang lebih mendatar bentuknya dan bertingkat tingkat. Mengambil gambar diatas candi juga menjadi favorit kebanyakan pengunjung.
Tiket Masuk Candi Prambanan Terbaru

Kawasan wisata yang kental dengan budaya hindu ini juga di kelilingi taman bermain untuk anak anak, penyewaan sepeda ontel, motor kecil (mini motor), kereta odong odong untuk berkeliling. Lokasi pintu keluar area candi dibuat melingkar untuk mengitari taman dan berujung di pasar oleh oleh candi prambanan yang menjual souvenir khas jogyakarta dengan harga yang relatif terjangkau. Dan di ujung pasar baru kita temui pintu keluar menuju area parkir.
Tiket Masuk Candi Prambanan Terbaru
NB:Candi prambanan merupakan contoh karya seni rupa gabungan berbentuk 2 dimensi dan 3 dimensi, terdapat banyak relief di dinding candi yang memiliki cerita dan arti tertentu yang bisa menjadi salah satu rujukan sejarah dari kebudayaan nasional indonesia.

Tiket Masuk Candi Prambanan Terbaru Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Syifa Hammada