Cara Melihat Password Wifi Yang Tersimpan Di Android Tanpa Root

Wifi merupakan teknologi jaringan tanpa kabel (nirkabel)  yang menggunakan frekuensi radio sebagai media transmisi data untuk menggantikan kabel. Sedangkan Password adalah salah satu bentuk autentikasi user level 2 setelah username. Pada umumnya wifi/hotspot yang di pasang di tempat umum diberi password untuk mengontrol user yang masuk kejaringan. Di system operasi android terdapat istilah root, mungkin ada yang masih bertanya root itu apa? root adalah proses yang memberikan hak akses penuh oleh pengguna smartphone, tablet, dan perangkat lain yang menggunakan sistem operasi Android sehingga user dapat masuk ke subsistem Android.

Sistem operasi android yang melekat pada perangkat smartphone atau tablet memiliki banyak kelebihan yang secara tidak sadar sering kita gunakan diantaranya adalah di perangkat ini dapat menyimpan multiple  password.  Password ini tersimpan di memori oleh sistem operasi. Dan bila kita tidak ingat password wifi, maka sobat dapat mencari tahu dari perangkat android yang sudah pernah terkoneksi melalui  jaringan wifi yang biasa kita gunakan. Cara melihat password wifi yang tersimpan di android ini bisa dilakukan di perangkat android yang belum di root.
Aplikasi ES file Explorer untuk Melihat Password Wifi

Untuk mendapatkan kembali password wifi di perangkat android milik sobat, sobat perlu  menginstal aplikasi tambahan seperti ES file Explorer untuk membantu mengakses file di folder system dalam perangkat. Dengan aplikasi ini sobat bisa lakukan browse untuk mengakses masuk ke folder data/misc/wifi, kemudian pilih file wpa_supplicant.conf

Jika sudah ketemu open file untuk melihat nama wifi beserta passwordnya yang pernah tersimpan dalam system perangkat. Pastikan aplikasi ES File Explorer berfungsi untuk membuka  text/HTML viewer pada proses ini. Silakan sobat salin catat nama Wifi dan password nya atau bisa lakukan screen shot biar lebih cepat untuk menyimpan dalam bentuk foto. Tutup file wpa_supplicant.conf tadi tanpa membuat perubahan pada konfigurasi  pengaturan yang sudah ada dalam text/html yang kita buka.

Itulah cara mudah mendapatkan kembali jika terjadi lupa, namun bagaimana jika kita memang belum pernah tahu password wifi yang akan kita pakai sama sekali, misalnya jika sedang traveling atau dalam perjalanan menemukan wifi yang terkunci dengan kata sandi?

Cara ini mungkin cocok untuk kondisi kondisi darurat ketika butuh untuk berkomunikasi menggunakan berbagai aplikasi seperti Whatsapp, Instagram, Facebook, Gmail, LINE, Twitter yang merupakan aplikasi yang sering dipakai oleh kita, sehingga kita tidak bisa ijin dahulu kepada admin wifi untuk menggunakannya, karena ini sifatya masuk tanpa permisi. 

Cara Mengetahui Password Wifi di Android Dengan Mudah Pakai Aplikasi

Salah satunya adalah aplikasi Apk Penetrate Pro V.2.1.1
Cara Mengetahui Password Wifi di Android Dengan Mudah Pakai Aplikasi

  • Silakan sobat cari dan download dari internet kemudian pasang aplikasi penetrate pro v2.1.1 di hp
  • Kemudian jalankan aplikasi tersebut dan lakukan restart Hp Android Anda.
  • Aktifkan wifi pada ponsel setelah hp menyala lagi.
  • Selanjutnya buka aplikasi tersebut dan aplikasi penetrate akan melakukan scanning secara otomatis untuk melihat password pada wifi yang terdeteksi.
    Aplikasi Cara Melihat Password Wifi

Itulah cara mengetahui password wifi tanpa root, ada juga cara lain yangmenggunakan kondisi ponsel android yang tedah di root. Untuk melakukan root bisa pakai aplikasi seperti TowelRoot, Caranya, download aplikasi Towelroot, lanjut  install aplikasi ke hp kemudian jalankan aplikasi, dan pilih make it rain untuk memulai proses root, tunggu sampai proses root selesai dan siap digunakan. Aplikasi serupa dengan  Towelroot yang lain adalah Kingoapp atau Framaroot.

Langkah selanjutnya silakan sobat download dan install aplikasi Wifi Key Recovery. Wifi Key Recovery  akan melakukan scanning jaringan wifi ketika sobat menghidupkan fitur Wifi pada HP, maka akan muncul daftar jaringan Wifi yang tersedia juga passwordnya. Gunakan secara bijaksana untuk pemakaiannya.

Demikian artikel Cara Melihat Password Wifi Yang Tersimpan Di Android Tanpa Root.
Semoga bermanfaat

Cara Melihat Password Wifi Yang Tersimpan Di Android Tanpa Root Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Syifa Hammada