Apakah Paket 4G Bisa Dipakai Di 3G

Paket internet 4G berbeda dengan paket internet 3G sehingga dalam penggunaannya pun berbeda . Seperti kita tahu bahwa teknologi generasi keempat ini merupakan jaringan yang berbeda dengan generasi sebelumnya, dimana secara perangkat dan jaringan juga berbeda atau tidak bisa disatukan. Hal ini bisa kita pahami dari perangkat-perangkat yang biasa digunakan untuk akses internet dengan mode jaringan 3G HSDPA dan 2G tidak mendukung untuk akses internet 4G. 
Apakah Paket 4G Bisa Dipakai Di 3G

Dari segi arsitektur perangkat kartu sim card dari operator seluler juga harus diupdate untuk dapat memenuhi kebutuhan konektivitas jaringan 4G ini sehingga paket internet 4G yang kita peroleh tidak bisa langsung di gunakan jika beberapa hal berikut ini tidak terpenuhi 
  • Pertama kita harus mengetahui apakah perangkat kita sudah mendukung komunikasi di jaringan 4G seperti modem smartphone hotspot mifi dan lain sebagainya yang digunakan untuk melakukan koneksi yang
  • Kedua adalah Apakah kartu seluler yang tidak gunakan sudah di-upgrade ke kartu 4G atau belum yang 
  • Ketiga adalah Apakah wilayah yang kita tempati untuk melakukan sambungan sudah tercover oleh jaringan 4G dari provider telekomunikasi yang kita gunakan itulah mungkin beberapa syarat yang harus dipenuhi supaya akses komunikasi ke jaringan 4G bisa berjalan dengan baik.

Jadi menjawab pertanyaan, Apakah Paket 4G Bisa Dipakai Di 3G, menurut pengalaman saya tidak bisa sampai minimal 3 syarat diatas terpenuhi. Hal ini berlaku untuk semua operator selular seperti paket 4g telkomsel, paket 4g indosat, paket 4g axis, paket 4g xl dan lainnya.

Itu mungkin mengapa provider seluler memberikan banyak promo untuk paket 4G karena memang belum banyak yang menggunakannya terutama didaerah, disamping promo tersebut untuk mendorong orang beralih teknologi yaitu mereka juga mempromosikan smarphone yang mendukung fitur 4G yang saat ini sudah banyak dipasarkan di indonesia.

Lalu bagaimana cara memanfaatkan bonus paket internet 4G yang sering kita peroleh ketika isi ulang agar tidak terbuang sia-sia? Pengalaman saya menggunakan modem 3G dalam beberapa bulan dan mendapat bonus kuota 4G cukup banyak namun tidak bisa dipakai karena modem 4G juga masih jarang ditemukan di pasaran, kalaupun ada harganya masih lumayan mahal, Akhirnya saya berinisiatif untuk menggunakan perangkat handphone yang ada yang sudah menggunakan jaringan 4G untuk dijadikan sebagai akses Point atau hotspot lokal dengan menambahkan perangkat WiFi ke perangkat PC desktop karena sebelumnya perangkat PC/ desktop yang ada belum belum ada wireless nya. Alhasil bonus kuota yang melimpah bisa dimanfaatkan dan koneksi pun semakin kencang, walaupun harus menistirahatkan modem.