Cara Memprogram NFC Tag Dengan Aplikasi NFC Task Launcher Android

NFC (Near Field Communication) yang merupakan standart teknologi komunikasi wireless atau nirkabel yang telah menyita perhatian banyak orang dalam beberapa tahun terakhir, terutama di negara negara kawasan amerika dan eropa dimana teknologi ini telah digunakan menjadi teknologi mobile payments dan model pemasaran kreatif.

Di indonesia saat ini di awal tahun 2017 teknologi ini masih tergolong langka karena memang belum banyak orang yang sudah memiliki HP smartphone yang memiliki fitur NFC, walaupun kalau menurut data telkomsel untuk pengguna layanan mobile payment telkomsel (Tcash) sudah mencapai sekitar 6 Juta pelanggan di tahun 2016, yang dalam penggunaannya Tcash dilengkapi NFC Tag dalam bentuk Stiker Tcash Tap untuk melakukan pembayaran dengan HP.

Namun ditahun 2017 ini diprediksi akan semakin banyak orang yang akan menggunakan fitur NFC dalam HP  nya, ini juga terlihat dari beberapa HP keluaran terbaru yang sudah menanam sistem NFC didalamnya.

Kegunaan fitur NFC ternyata sangat banyak jika kita aplikasikan dalam kehidupan kita sehari hari seperti untuk mendengar musik, menyalakan alarm, membuka pintu, menyalakan wifi dan lain sebagainya dengan menggunakan beberapa NFC Tag yang telah di program.

Jadi mengapa menunggu? Jika sobat sudah memiliki perangkat yang support NFC, sobat dapat mulai menggunakan NFC sekitar rumah atau kantor sobat, dan bersenang-senang dengan itu saat sobat berada di hall.

Untuk memprogram Tag NFC, sobat memerlukan sebuah perangkat Android dengan kemampuan NFC dan beberapa tag NFC, yang penamampakannya seperti stiker, serta sebuah aplikasi yang memungkinkan Anda untuk menulis ke tag.

Pastikan sobat membeli tag terformat; hal tersebut untuk menghindari masalah dengan format. Adapun aplikasi Android digunakan adalah NFC Task Launcher  yang bisa di download di Play Store


Cara Memprogram NFC Tag Dengan Aplikasi NFC Task Launcher

Yang dibutuhkan: HP Fitur NFC, NFC Tag dan Aplikasi NFC Task Launcher

Lihat tutorial gambar berikut ini:
  • Pertama buka aplikasi NFC Task Launcher, Kemudian pilih New Task

Cara Memprogram NFC Tag Dengan Aplikasi NFC Task Launcher
courtesy cnet

  • Kemudian pilih Add New Action, kemudian pilih jenis perintah yang akan di program ke NFC Tag, dalam gambar ini adalah memilih untuk menyalakan wifi.

Cara Memprogram NFC Tag Dengan Aplikasi NFC Task Launcher
courtesy cnet
  • Setelah program dibuat, langkah terakhir adalah menulis program ke NFC Tag dengan memilih Write Tag, kemudian layar monitor akan muncul gambar yang memberi perintah untuk mendekatkan NFC Tag ke HP untuk di program. Program akan masuk ke NFC Tag setalah di Tap ke HP

Cara Memprogram NFC Tag Dengan Aplikasi NFC Task Launcher
courtesy cnet
  • Nah sekarang NFC Tag untuk menyalakan Wifi dengan cepat bisa di tempel dimana kita biasa menggunakan wifi, sehingga kita tinggal Tap Ke NFC tag untuk mengubah pengaturan HP sesuai dengan program yang telah kita buat.


Program ini bisa di modifikasi sedemikian rupa sehingga menjadikan segala sesuatu lebih cepat dan sobat bisa menikmati teknologi ini untuk kemudahan hidup...

Semoga bermanfaat...

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »