Pengertian NFC Tag dan Fungsinya

NFC Tag, Smart Tag atau Info Tag

NFC tag merupakan part atau komponen yang bekerja dengan NFC sistem. Sebagaimana telah saya jelaskan dalam artikel sebelumnya tentang Apa itu NFC Smartphone bahwa teknologi NFC merupakan teknologi wireless atau nirkabel yang mungkin akan mirip dengan bluetooth dan Wifi yang sudah sering kita gunakan di sekitar kita atau dalam kehidupan kita sehari-hari. Namun teknologi NFC ini sedikit berbeda dimana jika perangkat bluetooth dan WiFi akan dihubungkan atau dikoneksikan dengan perangkat yang lain maka kedua device atau perangkat harus sama-sama Aktif , baru koneksi bisa dilaksanakan dan pengiriman data dan informasi seperti mengirim gambar, video dan data-data lainnya. 
Apa itu NFC Tag?

Tetapi di perangkat NFC berbeda, selain cara koneksinya yang tidak bisa jauh artinya harus dekat sekitar maksimal 10 cm sampai 15 cm, perangkat NFC juga tidak mengharuskan device pair nya harus kondisi aktif, karena dalam kondisi pasif pun perangkat NFC bisa mengirim data hanya dengan mengandalkan induksi elektromagnetik yang diproduksi oleh perangkat NFC yang aktif untuk memberikan power kepada perangkat NFC yang pasif melalui field elektromagnetik.

NFC Tag, Smart Tag atau Info Tag merupakan salah satu perangkat pasif NFC yang digunakan untuk mengidentifikasi semua produk seperti poster, stiker, bisnis card, label dan lain sebagainya yang didalamnya memiliki sebuah  bit memori penyimpanan bersama dengan chip radio yang melekat pada antena.

Bentuknya cukup kecil dan harganya relatif murah sehingga bisa ditempel pada produk yang kita miliki seperti tersebut di atas. Jadi dalam beberapa tahun kedepan mungkin dunia akan seperti sebuah web dalam bentuk fisik, dimana semua bisa di identifikasi saecara cepat dan akurat dengan teknologi ini.

Disisi lain transformasi dalam bidang moneter dalam penggunaan uang elektronik dari uang kertas yang sekarang kita gunakan sudah semakin terasa tanda tandanya dan ini juga yang menjadikan NFC banyak digunakan kedepan untuk transaksi non tunai dengan uang elektronik yang merupakan uang dalam bentuk impuls elektromagnet yang terdapat dalam aplikasi smartphone atau kartu emoney.

Contoh penggunaan NFC Tag yang sudah bisa kita lihat di indonesia adalah produk uang digital telkomsel dengan stiker tcash tapnya, coba perhatikan gambar berikut ini:

stiker tcash telkomsel dan nfc tag

Terlihat stiker tcash telkomsel merupakan NFC Tag yang di beli atau di produksi oleh telkomsel yang telah diprogram sesuai kebutuhan tcash telkomsel.

Semoga bermanfaat..