Apa Itu NFC Smartphone dan Apa Kegunaan Fitur NFC?

Apa Itu NFC?

NFC merupakan singkatan dari Near Field Communication yang merupakan satu set standar wireless data transmisi untuk perangkat portable seperti smartphone, NFC memiliki fungsi yang hampir sama dengan bluetooth dan wifi yaitu sama-sama menggunakan gelombang radio dalam koneksinya dimana teknologi NFC ini berasal dari pengembangan RFID dengan basis radio frekuensi identifikasi yang menggunakan gelombang elektromagnet.
Apa Itu NFC Smartphone dan Apa Kegunaan Fitur NFC

Sesuai dengan namanya NFC memiliki jangkauan lebih pendek daripada bluetooth ataupun WiFi dengan jarak jangkauan gelombang elektromagnet kurang dari 15 cm sehingga Dalam penggunaannya NFC harus didekatkan dengan perangkat lainnya yang akan dihubungkan.

Apa Itu Smartphone?

Smartphone atau ponsel cerdas merupakan istilah baru yang digunakan untuk menyebut handphone yang memiliki kelebihan daripada handphone yang digunakan hanya sebatas pada alat komunikasi untuk melakukan panggilan , sms atau MMS tetapi perangkat yang memiliki fitur ketika di masa lalu hanya bisa ditemukan pada perangkat komputer / PC atau personal digital assistant (PDA) seperti kemampuan mengirim email, membuka file dan edit dokumen.

Beberapa fitur lain untuk smartphone seperti sistem operasi yang bisa di upgrade dari waktu kewaktu, penggunaan aplikasi aplikasi yang bisa sangat banyak jenisnya dan beragam. Dari segi jaringan biasanya smartphone sudah memiliki akses internet pada kecepatan yang tinggi (mendukung 3G &4G) dengan dukungan perangkat WiFi dan handset. Jadi apakah handphone sobat sudah termasuk dalam kategori smartphone?

Apa kegunaan fitur NFC dalam smartphone?

Fitur yang terbilang masih baru dalam smartphone adalah tambahan fitur NFC seperti yang kita sebutkan sebelumnya. Kenapa harus NFC? Padahal bluetooth sudah ada lebih lama dan lebih dikenal penggunanya apakah ada kelebihan yang tidak ada pada bluetooth?

Ada hal yang berbeda yang menjadi alasan kenapa teknologi NFC dikeluarkan setelah bluetooth yang lebih populer. Hal yang paling menonjol antara NFC dan bluetooth atau WiFi adalah teknologi NFC dapat digunakan menginduksi electric dalam komponen pasif NFC seperti mengirim data. Itu artinya komponen pasif NFC tidak memerlukan daya listrik atau power supply karena komponen akan mendapat field elektromagnetik yang diproduksi oleh perangkat NFC yang aktif. Jadi jelas bedanya ya kalau gitu. Kalau bluetooth harus kedua perangkat Active baru Pengiriman data bisa dilaksanakan sedangkan NFC tidak.

Lalu apakah kegunaan dari kelebihan NFC diatas?

Seperti yang pernah saya bahas pada artikel-artikel yang sebelumnya bahwa hari ini yang merupakan era digital sudah tidak bisa terbantahkan lagi, dimana penggunaan uang telah diprogram untuk berpindah dari uang kertas ke uang elektronik atau Emoney. Program ini sepertinya memang sudah tersentral dari Bank Dunia untuk semua negara sehingga kebijakan ini juga didukung oleh pemerintah Indonesia dengan "Program Masyarakat Tanpa Uang Tunai",

Lalu apa hubungannya dengan NFC?
Teknologi NFC memungkinkan transaksi keuangan yang cepat dan akurat hanya dengan melakukan tap pada perangkat penerimanya dengan menghubungkan kartu kredit atau debit dalam aplikasi yang terdapat dalam smartphone Sehingga nantinya semua orang yang memiliki NFC smartphone bisa menggunakan untuk transaksi keuangan seperti pembayaran Mass transportation, pembelian barang dan jasa di toko-toko yang sudah menggunakan perangkat NFC sebagai metode pembayarannya.

Contoh Penggunaan NFC dalam transaksi keuangan yang bisa kita gunakan sekarang ini adalah seperti kartu langganan tol, kartu langganan kereta jabodetabek, kartu busway dan lain lain. Untuk aplikasi smartphone yang sudah mendukung untuk pembayaran contohnya ialah google wallet, apple pay, android pay dan telkomsel tcash dalam aplikasi T Wallet.

Jadi kalau sobat mau membeli smartphone baru ada baiknya cari yang sudah mendukung teknologi NFC.


Semoga bermanfaat.


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »
Recent Posts Widget