Recent Posts Widget

UN 2017 Dihapus atau Digantikan?

Ujian Nasional (UN) yang merupakan agenda tahunan sekolah dan dinas pendidikan rencananya akan dihapuskan dari sistem pendidikan di indonesia untuk sementara, menurut beberapa sumber yang menyebutkan bahwa menteri pendidikan sudah menyiapkan moratorium UN dan tinggal nunggu persetujuan presiden yang rencananya akan digelar rapat terbatas untuk membahas ini di kemendikbud.
UN 2017
ilustrasi tidak berkaitan

UN 2017 akan dihapuskan sementara dan ujian akhir bagi siswa di lakukan oleh pemerintah daerah masing-masing. Untuk SMA/SMK sederajat dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan Propinsi, sedangkan SD/SMP sederajat diserahkan ke dinas pendidikan kabupaten dan kota masing-masing, dengan pengawasan badan standarisasi nasional pendidikan (BSNP) yang akan mengontrolnya.

Sebenarnya ini merupakan kemajuan atau kemuduran dalam dunia pendidikan indonesia? mungkin sobat bisa menilai sendiri, jika sebelum tahun 2015, UN sempat menjadi momok bagi siswa dengan nilai standar kelulusan yang tinggi yang terkesan sekolah 3 tahun hanya diukur dengan 3 hari saja, maka di tahun 2016 UN sudah tidak lagi menjadi penentu kelulusan, karena yang menentukan kelulusan ialah langsung dari pihak sekolah masing masing. Fungsi UN tahun 2016 lebih untuk seleksi awal masuk ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Nah kalau UN 2017 dihapuskan dan digantikan dengan ujian akhir dari dinas pendidikan daerah mungkin tidak akan berpengaruh banyak jika fungsi UNnya masih sama untuk seleksi masuk sekolah tingkat selanjutnya, tetapi jika UN memiliki status yang sama dengan PAS (Penilaian Akhir Semester) atau UAS (Ujian Akhir Semester) maka bisa jadi bukannya meningkat kualitas pendidikam kita tapi malah menurun, kenapa?

Dalam kegiatan pembelajaran masih banyak siswa yang memiliki orientasi belajar hanya untuk dapat melanjutkan sekolah ke sekolah favorit di jenjang berikutnya. Jadi motivasi terbesar belajar biasanya tumbuh paling banyak ketika di akhir akhir masa sekolah, menjelang ujian nasional dan hanya sedikit yang serius belajar dari awal dengan motivasi seperti cita-cita yang ia idamkan atau motivasi untuk menguasai bidang ilmu tertentu ketika melaksanakan pembelajaran disekolah. Entah memang karena kesalahan sistemnya dari awal atau faktor lain yang menyebabkan seperti itu.

Itulah mengapa jika perubahan sistem ujian nasional ini malah justru menjadi menurunkan semangat dan motivasi siswa maka bisa jadi kualitas pendidikan kita akan menurun, tetapi mungkin akan membuka pemikiran baru atau paradigma baru dalam dunia pendidikan, sehingga siswa akan mendapatkan alasan yang lain mengapa mereka harus duduk di bangku sekolah.

Jika pemerintah nantinya akan mengadakan ujian nasional kembali setelah pemerintah dapat memperbaiki sekolah sekolah yang belum standar, mudah mudahan bisa dilaksanakan dalam waktu dekat.

#pendapat

Update:


Hasil Rakor UN seperti di release website resmi kemendikbud sebagai berikut:

"Ujian Nasional tetap dilaksanakan di tahun 2017. Kita juga tingkatkan mutu ujian sekolah dengan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) untuk beberapa mata pelajaran. Kemendikbud juga akan memperluas pelaksanaan ujian berbasis komputer,” disampaikan Mendikbud kepada para Kepala Dinas Pendidikan Provinsi dan Kabupaten/Kota di Plaza Insan Berprestasi.  

Lihat disini

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »