Cara Membuat Tes Online Dengan TCExam | Aplikasi Ujian Online Untuk Latihan UN Online

Ujian Nasional (UN) Online, seperti di programkan oleh kementrian pendidikan seyogyanya dapat dilaksanakan serentak di seluruh provinsi di indonesia pada tahun 2018. UN online yang telah diprogramkan pemerintah memang memakan tidak sedikit anggaran terutama untuk pengadaan infrastruktur pada setiap sekolah atau UN Center di wilayah wilayah yang di tentukan.

Berikut ini adalah beberapa kelebihan dan kekurangan UN online jika dilaksanakan:

Kelebihan UN Online diantaranya:
Lebih menghemat biaya pembuatan dan distribusi soal yang dicetak setiap tahunnnya.
Mendukung program Go green karena menghemat penggunaan kertas
Keakuratan jawaban yang di berikan peserta UN dari pada sistem scanning pada LJK UN
Nilai hasil UN bisa langsung ketahuan

Kekurangan UN Online:
Perlu biaya besar di awal untuk menyiapkan perangkat pendukungnya
Penggunaan perangkat elektronik membawa resiko jika ada ganguan teknis saat ujian

Lalu bagaimana cara membuat soal latihan online di sekolah untuk latihan UN Online?

Ada beberapa aplikasi yang bisa di pakai jika sekolah sudah memiliki sistem informasi yang memadai, diantaranya yaitu TCExam dan 4teachers.org.

Dengan menggunakan aplikasi ini kita mendapat beberapa keuntungan diantaranya:
Ketika ujian, siswa akan memperoleh soal dengan urutan yang acak, sehingga meminimalkan kecurangan dalam menyelesaikan soal.
Ketika mengerjakan ujian, siswa diberi informasi sisa waktunya, sehingga siswa dapat mengatur strategi dalam menyelesaikan ujiannya.
Ketika waktu ujian sudah habis, maka semua jawaban soal siswa akan otomatis tersimpan dan aplikasi akan tertutup. Hal ini akan memudahkan guru dalam mendisiplinkan siswanya dalam proses ujian.
Ketika proses ujian sudah selesai, maka guru dapat langsung melihat hasil ujian siswa (jawaban dan nilai), serta dapat melihat peringkat nilai siswa pada ujian tersebut.
Ketika waktu ujian selesai, siswa dapat melihat nilai berserta detail dari hasil ujiannya sendiri.
Hasil ujian yang transparan, dapat memberikan kepuasan kepada siswa dan guru

TCExam yaitu sebuah aplikasi berbasis web yang bisa di install pada web hosting atau server sekolah, aplikasi TCExam mirip seperti CMS Wordpress atau Joomla yang tidak terlalu ribet menggunakannya di banding membuat aplikasi scripting sendiri menggunakan PHP atau yang lainnya.TC Exam ada yang gratis dan ada juga yang berbayar, untuk yang versi premium / berbayar logo dan identitas TCExam bisa di ganti sesuai sekolah masing-masing sedangkan yang gratis masih membawa identitas TCExam.

Sedangkan 4teachers.org merupakan aplikasi online yang bisa digunakan oleh para guru untuk membuat soal seperti quis atau ulangan harian secara online tanpa harus memiliki hosting atau server sendiri, karena 4teachers.org memberikan secara gratis hanya dengan melakukan registrasi di websitenya.

Cara Membuat Tes Online Dengan TCExam

Cara Membuat Tes Online Dengan TCExam
Pertama sobat sudah harus memiliki server atau web hosting beserta domainnya yang sudah aktif.
Silakan sobat masuk ke cPanel untuk dapat mengakses softaculous, kemudian pilih atau ketik pada pencarian tcexam, nanti akan muncul di sub bagian education TCExam, kemudian sobat pilih untuk di install pada domain atau sub domain yang akan di pakai sebagai alamat web test online.
Cara Membuat Tes Online Dengan TCExam
Setelah melakukan proses instalasi sampai selesai sobat bisa melakukan login user administrator sesuai dengan user name dan password yang telah dibuat ketika proses instalasi. Berikut ini interface halaman admin dengan menu index, result, user, admin dan logout dimana dalam menu admin tempat untuk mengelola user, group, soal dan jawaban
Aplikasi Ujian Online Untuk Latihan UN Online
 Sedangkan dalam interface menu user siswa hanya tersedia menu index, user dan logout dimana dalam menu user terdapat sub menu untuk mengubah email dan pasword user. User yang telah di berikan ujian oleh admin akan menemukan test yang harus dikerjakan, sedangkan user yang belum di set untuk melakukan test maka pada halaman test list masih kosong.
Aplikasi Ujian Online Untuk Latihan UN Online

 Pada halaman administrator admin bisa melakukan pembuatan soal dan jawaban dengan metode import data dengan file TSV atau XML untuk mempermudah pembuatan soal secara masal.
Aplikasi Ujian Online Untuk Latihan UN Online
Aplikasi Ujian Online Untuk Latihan UN Online

Pada halaman ini juga admin dapat melakukan backup data, untuk pendaftaran user , user bisa melakukan registrasi sendiri atau di import oleh user admin untuk melakukan registrasi. Nah mungkin sampai disini dulu untuk TCExam mudah mudahan bisa saya posting lagi pembahasanya lebih rincinya di postingan berikutnya

Cara Membuat Quis Online Dengan 4teachers.org

bersambung....