Recent Posts Widget

Cara Melihat Daftar Calon Penerima NUPTK Baru Online Dapodik

Melihat Daftar Calon Penerima NUPTK Baru Online

Salam sobat PTK, NUPTK atau Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan adalah sebuah nomor identitas yang menjadi acuan data dari Pusat Data dan Statistik Pendidikan (PDSP) dan Ditjen GTK Kemendikbud dalam menyalurkan program program pemerintah termasuk pemberian tunjangan tunjangan kepada guru dan tenaga kependidikan.

NUPTK menjadi sangat penting ketika di awal tahun 2016 sistem pendataan data pokok pendidikan seperti data guru, data siswa, data sarana prasarana dan data data pembelajaran termasuk jumlah jam mengajar (JJM) guru yang di input dari jadwal pembelajaran tiap kelas di lakukan sepenuhnya dengan sistem online melalui aplikasi pendataan Dapodik. Dimana data sudah tidak bisa di manipulasi sendiri oleh guru atau PTK tapi berdasarkan pada data yang di input operator sekolah dari manajemen sekolah terkait.

Data Pokok Pendidikan (Dapodik) ini juga yang menjadi satu satunya dasar penyaluran tunjangan bagi guru dan tenaga kependidikan, sehingga segala kebijakan tentang program pendidikan akan di ambil berdasarkan data dari server dapodik.

Bagi guru dan tenaga kependidikan yang baru, yang belum memiliki NUPTK juga memiliki prosedur / teknis yang sama dalam pengajuan atau mendapatkan NUPTK dimana syarat dan ketentuan calon penerima NUPTK harus terpenuhi terlebih dahulu untuk memperoleh NUPTK baru dengan dasar data dapodik, sehingga yang tadinya menggunakan cara pengajuan untuk data awal mendapatkan NUPTK sekarang tidak lagi.

Guru calon penerima NUPTK Baru sekarang dapat melihat dari data calon penerima NUPTK di vervalptk.data.kemdikbud.go.id yang bisa di lihat melalui account operator dapodik masing masing sekolah. 

Cara Melihat Daftar Calon Penerima NUPTK Baru

Buka halaman situs vervalptk.data.kemdikbud.go.id
Login menggunakan data account yang terdaftar di sdm.data.kemdikbud.go.id

 
Dalam dashboard / halaman depan situs akan menampilkan data PTK yang terdaftar di dapodik.

    Pada Tab Pengelolaan terdapat menu Perbaikan data Master dan Photo serta status perbaikan data master.
    Pada Tab NUPTK terdapat menu Calon Penerima NUPTK, Status Penerima NUPTK dan Penonaktifan NUPTK.
    Untuk melihat calon penerima NUPTK baru silakan sobat buka pada menu tersebut.

      Note: Data yang tampil pada daftar calon penerima NUPTK adalah data PTK yang telah memenuhi ketentuan penerbitan NUPTK Baru dari sistem yang ada pada data dapodik kemendikbud.   

      Semoga bermanfaat...... 

      Share this

      Related Posts

      Previous
      Next Post »