Cara Uninstall Mystartsearch dan Fast Start Tanpa Software di Firefox dan Chrome

Salam sobat blogger, Setelah sebelumnya saya posting Cara Uninstall Price Minus, Cara Mengembalikan Browser Dari Virus / Malware sekarang saya akan berbagi pengalaman lagi tentang malware atau virus yang memodifikasi browser perambaan internet seperti firefox atau google chrome,  tentunya banyak dari sobat blogger sekalian yang mungkin juga mengalaminya karena malware ini biasanya menempel atau di ikut sertakan kedalam software-software gratisan atau jenis file download-an yang lain yang sifatnya free. Hal ini juga yang mungkin menjadi alasan mereka menyebarkan hasil karya mereka secara free, karena dengan cara ini mereka dapat memperoleh uang.

Diantara malware tersebut adalah mystartsearch dan fast start new tab, berikut ini beberapa tampilannya yang nampak seperti search engine pada umumnya yaitu ada kotak pencarian di sertai beberapa link yang kelihatannya website-website populer.

Tampilan Mystartsearch di firefox

Tampilan Mystartsearch di firefox

Mystartsearch di Google Chrome

Tampilan Mystartsearch di Google Chrome 

Fast Start New Tab di Firefox

Tampilan Fast Start New Tab di Firefox

Mystartsearch.com adalah sebuah pembajak browser yang cukup agresif merubah atau memodifikasi halaman homepage, mesin telusur dan redirect website ke halaman yang tidak dikenal. Mystartsearch.com merubah setingan DNS dan browser utama seperti Google Chrome, Firefox dan Internet Explorer. Fast start juga hampir sama cara kerjanya dengan mystartsearch yaitu dengan meredirect browser kehalaman yang tidak dikenal. kedua malware ini kadang terinstall secara bersamaan. ketika sobat menginstall perangkat lunak dari internet, maka dianjurkan sobat sekalian berhati-hati ketika menggunakan software pihak ke-3 terutama yang sifatnya free atau gratisan.

Malware Fast Start biasanya mengarahkan pencarian dari browser sobat ke website iStart123.com, WebsSearches.com, and Omiga-Plus.com sehingga kita akan dibawa kehalaman website yang tidak pernah kita pilih, salah satu tujuannya yaitu untuk traffic ke website tersebut dan iklan.

Nah sekarang bagaimana caranya jika komputer kita sudah terinfeksi dengan malware ini? Berikut ini ada beberapa cara yang bisa dilakukan tanpa menggunakan software alias dilakukan secara manual, kecuali untuk google chrome memang sudah di sediakan tool khusus dari google untuk mengembalikan browser ke defaultnya termasuk mengusir malware ini. Baca Cara Uninstall Price Minus, Cara Mengembalikan Browser Dari Virus / Malware

Cara Uninstall Mystartsearch dan Fast start:

Mozilla Firefox

  • Buang semua Add-on atau pengaya yang berhubungan dengan malware, khususnya mystartsearch dan fast start
Caranya : Klik di Tab Tool/ Alat Plilih Add-on/ Pengaya kemudian Plilih Exstensi, cari apakah ada exstensi yang mencurigakan kemudian matikan dan hapus.
  • Ganti mystartsearch.com dari home page browser
Caranya : Klik di Tab Tool/ Alat Plilih Option/ Pengaturan, pada bagian General/ Umum silakan ganti.
  • Terakhir coba lakukan reset firefox
Caranya : Klik di Tab Help/ Bantuan Pilih Troble Shooting/ Informasi Pemecahan masalah.  kemudian lakukan reset atau segarkan firefox.

Jika reset browser ini tidak berhasil bisa dilakukan configurasi manual pada firefox, tapi perlu di perhatikan bahwa langkah ini mungkin akan membuat firefox sobat tidak berjalan lagi jika ada konfigurasi yang tidak benar, maka di sarankan untuk berhati-hati.
  • Langkah pertama ketikan "about:config" pada kolom url
Akan muncul peringatan bahwa jika terjadi kesalahan konfigurasi akan menyebabkan kerusakan, ketidakstabilan  dan keamanan dari firefox tidak terjaga. Kemudian sobat klik di bagian berwarna biru dengan tulisan "I'll be careful, I promise". Kemudian ganti value pada "browser.search.searchengine.iconURL", "browser.search.searchengine.URL", "browser.startup.homepage" dan "browser.newtab.url" atau value yang lain yang mengandung malware ini dengan melakukan reset. Untuk lebih jelasnya silakan lihat beberapa screen shot gambar berikut.





Semoga bermanfaat..

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »
Recent Posts Widget