Cara Install Aplikasi Android Di Pc Atau Laptop

Cara Install Android Di Pc Windows

Sebelum menyimak urain yang cukup panjang berikut, kendala yang paling umum dihadapi ketika memakai emulator android adalah spesifikasi PC yang minim sehingga menyebabkan proses instalasi gagal atau ketika emulator dibuka loadingnya lama , Nah kalau dari emulator yang akan di uraikan dibawah ini tidak ada yang cocok dengan Komputer / PC sobat silakan nanti dicoba "KOPLAYER Emulator Ringan Untuk PC Disini" di akhir artikel juga ada linknya.  

Salam sobat blogger, Android adalah sebuah sistem operasi / operating system (OS) yang di buat untuk perangkat mobile seperti tablet dan smart phone. Sistem operasi ini berbasis linux kernel yang sekarang menjadi salah satu produk google inc. OS ini memiliki user interface berbasis direct manipulation (lebih humanity) yang di design terutama untuk pernagkat atau device dengan mode layar sentuh.

Konon kabarnya OS ini juga sudah menguasai pasar hampir 80% di tahun 2015 ini. Data terbaru dari perusahaan analisis IDC di California - Amerika Serikat, dilansir Phone Arena, Kamis (28/5/2015), menurut IDC, Android masih menjadi pemegang pasar smartphone global tahun ini dengan persentase 79,4 persen. Data juga menunjukkan terdapat 1,15 miliar unit smartphone Android yang akan di deleverikan pada tahun 2015. IDC sendiri memprediksikan Android menunjukkan pertumbuhan 8,5 persen pada pengapalan tahun ini, seperti di kutip techno.okezone.com

Walaupun Android di design terutama untuk moblile device tapi sekarang bisa di gunakan di PC / Laptop dengan menggunakan Emulator (sebuah virtual mobile device) yang biasa di gunakan untuk mendevelop sebuah aplikasi berbasis android tanpa running pada perangkat keras atau phisical device secara langsung. Emulator ini juga yang berfungsi sebagai virtual mobile device ketika kita menginstall aplikasi android di PC / Laptop.

Baca Juga :Cara Melacak HP Android Yang Hilang Dengan Android Device Manager

Berikut ini ada beberapa emulator yang sering di pakai:
Emulator ini menjadi yang paling populer di kalangan pencinta Android, dengan tampilan antar muka yang user friendly menjadi pilihan untuk proses instalasi dan penggunaanya, walaupun untuk beberapa orang juga masih kesulitan menggunakannya. Untuk  download versi terbaru bluestacks di sini. Proses instalasinya secara online, jadi setelah download installernya baru kemudian running installernya untuk proses installasi ke komputer secara online, atau untuk lebih enaknya gunakan installer offline bluestacks langsung cek disini.
Emulator ini merupakan emulator buatan china kalau tidak salah karena dari situs resminya menggunakan bahasa kotak - kotak :), tapi ada versi englishnya. Silakan untuk mendownload windroye versi terbaru di sini.
Emulator ini mendukung 40 bahasa membutuhkan Requirement :
    Dual core AMD or Intel CPU with Virutalization support
    3Gb of RAM; Andy uses less than 1Gb while running apps
    At least 10Gb of free disk space
    GPU with OpenGL 2.1 support
    Windows 7 SP1 / Windows 8.1 / Ubuntu 14.04+ / OSX 10.8+
Download Andy Android disini

Cara Lainnya: 3 Cara Menjalankan Aplikasi Android di PC
Emulator ini adalah produk dari developer android sendiri yang di design untuk programmer aplikasi android, jadi emulator ini tidak cocok untuk end user. Untuk download Android Studio Versi Terbaru di sini

Itulah beberapa emulator android untuk PC / Laptop, nah sekarang tinggal sobat pilih emulator yang mau di pakai untuk memasang aplikasi android smart phone di komputer, kemudian download dan install ke PC / Laptop sobat. Yang perlu menjadi catatan ketika kita hendak memasang emulator android adalah requirement atau spesifikasi minimum komputer yang akan di pakai proses instalasi, untuk beberapa emulator diatas spesifikasi minimum komputer yang di butuhkan secara umum adalah :
  • RAM Minimal 2GB di anjurkan lebih besar lebih baik
  • Untuk windows menggunakan operating system XP Sp3 ke atas
  • Dual Core CPU
  • 1 GB untuk running aplikasi
  • 10 GB free disk space    
  • Java Kit
  • Net Framework  2.0
Sobat blogger disini akan saya share tutoial instalasi emulator android bluestack yang saya pilih.

Baca : Cara Menjalankan Whatsapp Di PC

Cara Install Bluestacks Pada PC / Laptop        

Pertama, setelah download emulator dan spesifikasi komputer / laptop sesuai, maka buka file bluestack kemudian double klik pada komponen aplikasi atau yang berekstensi .exe, ini untuk yang menggunakan Offline Installer, untuk yang installasinya online maka filenya langsung terinstal di komputer / laptop.



Setelah proses installasi selesai akan tampil halaman depan bluestack, ini akan mirip sebuah browser internet seperti mozila atau chrome tapi kita bisa mengunduh, membuka dan menggunakan aplikasi - aplikasi android dari playstore atau appstore. 


Nah setelah bluestack telah siap untuk di gunakan maka tinggal kita cari aplikasi apa yang akan kita install.Tapi sebelum itu kita harus membuat account google terlebih dahulu atau login dengan account yang sudah ada. Untuk mencarinya bisa menggunakan tombol logo kaca pembesar di sebelah kiri yang berwarna orange, atau tab di bawahnya yang mengelompokan aplikasi berdasar thrend dan kegunaannya. 

Baca : Cara Membuat QR Code Sendiri

Menginstall game Clash of Kings 

Aplikasi ini ada di Top App, silakan klik di logo game kemudian klik Pasang untuk menginstall.


Lihat proses installasi, pastikan prosesnya berjalan normal sampai selesai. 


Setelah selesai buka aplikasinya dan game yang kita install siap untuk di mainkan, seperti terlihat di gambar dibawah ini, walaupun aplikasi di mainkan di komputer dengan resolusi layar yang lebar tetapi tampilan aplikasinya akan tetap seperti smart phone atau tablet sebagai mobile device.
 



Semoga bermanfaat...

Baca Juga "KOPLAYER Emulator Ringan Untuk PC"                                                                   

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »
Recent Posts Widget