Faktor Yang Mempengaruhi Kecepatan Akses Internet dan Cara Tes Kecepatan Internet Online

Salam sobat blogger, berbicara mengenai speed atau kecepatan internet, maka akan banyak hal yang mempengaruhi kecepatan akses komputer (client) ke server dalam sebuah jaringan internetworking yang sangat luas. Berdasar pengalaman, kecepatan akses komputer (client) ke server minimal dipengaruhi beberapa hal berikut ini:
  1. Spesifikasi komputer yang dipakai untuk akses ke internetworking, Jika komputer yang digunakan pentium 4 dan sekelasnya dengan RAM (Random Acses Memory) yang hanya 500MB maka akan berbeda kecepatanya dengan jika memakai komputer dengan spesifikasi prosesor Core i5 atau Core i7 dengan RAM yang diatas 2 GB
  2. Komputer yang sehat dan sakit, Wah komputer bisa sakit ya? :) Biasanya komputer yang sakit ini orang menyebutnya kena virus, virus yang berhasil merusak sistem dalam komputer maka akan mengurangi performa komputer dalam kinerjanya. Atau tidak kena virus tapi banyak sampah dalam komputer, apa itu sampah dalam komputer? biasanya sampah ini berupa file yang tidak terpakai dari hasil instalasi maupun uninstall program yang meninggalkan file yang jika lama tidak di bersihkan maka akan mengurangi performa komputer, untuk mengatasinya anda bisa menggunakan software pembersih bernama CCleaner
  3. Modem yang dipakai, Jika kita menggunakan modem, maka jenis modem juga akan sangat mempengaruhi kecepatan akses internetworking. Dalam modem GSM biasanya modem yang di jual dipasaran memilki spesifikasi dari Maksimal Speed 3,6 Mbps, 7,2 Mbps, 14,4 Mbps, 21,6 Mbps, 28,8 Mbps dan seterusnya.  Untuk modem 28,8 Mbps keatas biasanya sudah support untuk jaringan terbaru dalam dunia telekomunikasi yaitu jaringan 4G yang konon kecepatanya antara 100Mbps s/d 1000Mbps, Namun tahukah anda siapa penemu teknologi canggih super cepat itu? Dia adalah orang indonesia, tepatnya orang kediri namanya Khoirul Anwar, Khoirul adalah lulusan  cumlaude  Teknik Elektro, Institut Teknologi Bandung (ITB) pada tahun 2000. Ia kemudian melanjutkan pendidikan di Nara Institute of Science and Technology (NAIST) dan memperoleh gelar master di tahun 2005 serta doktor di tahun 2008. Ternyata penemuan hebat putra dari almarhum Sudjianto dan Siti Patmi ini terinspirasi dari film animasi Dragon Ball, sebuah film anime Jepang yang kerap ia tonton. yaitu ketika Goku (tokoh utama Dragon Ball) akan melayangkan Spirit Ball yang merupakan jurus terdahsyatnya, Goku akan menyerap semua energi makhluk hidup di alam sehingga menghasilkan energi yang luar biasa.
  4. Bandwidth atau paket data yang diberikan provider (Telkomsel, Indosat, XL, Telkom, dll). Bandwidth adalah istilah yang bisa kita ibaratkan sebagai lebar jalan yang dilalui data ketika proses koneksi PC ke Server, bandwidth biasanya di hitung dalam satuan bps bits per seconds (bit per detik). Dalam dunia web hosting, bandwidth capacity (kapasitas lebarpita) diartikan sebagai nilai maksimum besaran transfer data (tulisan, gambar, video, suara, dan lainnya) yang terjadi antara server hosting dengan komputer klien dalam suatu periode tertentu. Contohnya 5 GB per bulan, yang artinya besaran maksimal transfer data yang bisa dilakukan oleh seluruh klien adalah 5 GB, jika bandwidth habis maka website tidak dapat dibuka sampai dengan bulan baru. Semakin banyak fitur di dalam website seperti gambar, video, suara, dan lainnya, maka semakin banyak bandwidth yang akan terpakai.
  5. Kecepatan server yang di akses,  Banyak orang yang awam dengan dunia IT ketika di tanya, "Kalau kita download file dari internet, sebenarnya kita mengambil data atau file dari mana sih?, Apakah file itu menggantung diatas awan, he kalau ada pesawat lewat kebawa dunk :)" Banyak yang masih bingung menjawabnya, benar tidak? ...Jadi memang harus di fahami bahwa ketika kita membuka internet terus membuka email di yahoo.com misalnya, sebenarnya kita sedang mengakses komputer milik yahoo.com yang statusnya sebagai server. Jadi kecepatan komputer server yahoo juga mempengaruhi kecepatan akses internet kita ketika sedang membuka email tadi, begitu juga dengan facebook.com, google.com, baidu.com, yandex.com dll.
  6. Jumlah pengakses server dalam waktu yang sama, pernah dan sering kita jumpai ketika kita membuka situs tertentu dalam waktu tertentu situs tidak bisa diakses, contohnya seperti ketika musim pembukaan CPNS Baru, maka website instansi pemerintah terkait tidak bisa diakses dikarenakan membludaknya jumlah pengunjung situs yang tidak bisa di handle oleh server dan server pun menjadi Down.
  7. Jumlah pemakai provider yang sama dalam suatu wilayah.

Cara Tes Kecepatan Internet Melalui Website Online

Jika faktor diatas sudah bisa diatasi ada baiknya coba tes speed melalui website online. Ada 2 cara yang biasa di pakai blogger untuk mengetes kecepatan akses internet yaitu:
  • Speedtest.net

Carar test kecepatan internet speed.net

     
    Carar test kecepatan internet speed.net


     
    Carar test kecepatan internet speed.net
  • Speedtest.telin.co.id

Cara test kecepatan internet telin

hoirul adalah lulusan  cumlaude  Teknik Elektro, Institut Teknologi Bandung (ITB) pada tahun 2000. Ia kemudian melanjutkan pendidikan di Nara Institute of Science and Technology (NAIST) dan memperoleh gelar master di tahun 2005 serta doktor di tahun 2008. - See more at: http://teknologi.inilah.com/read/detail/2130045/kisah-profesor-asal-kediri-penemu-teknologi-4g/14150#sthash.kygID6N0.dpuf


Faktor Yang Mempengaruhi Kecepatan Akses Internet dan Cara Tes Kecepatan Internet Online Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Syifa Hammada