Cara Menulis Arab Di Word 2007 Windows Xp


Menulis Arab

Salam sobat blogger, pekerjaan mengetik memang tidak sulit bagi orang yang memang sudah terbiasa melakukannya, apalagi buat sobat blogger sekalian tentunya mengetik sudah menjadi hal yang mudah, namun hal ini mungkin akan berbeda jika kita ingin membuat tulisan dalam bahasa arab atau simbol matematika yang tidak bisa langsung ada pada default program microsoft word atau program pengolah kata lainnya.

Biasanya untuk memasukan tulisan bahasa arab yang merupakan ayat alquran kita menggunakan add in dalam Ms. Word, software yang dibuat terintegrasi dengan program Ms. Word untuk memasukan ayat alquran beserta terjemahannya kedalam beberapa bahasa. Untuk mendownloadnya silakan cek disini.

Nah bagaimana jika kita akan menulis bahasa arab yang bukan ayat alquran? Untuk sistem oprasi windows kita biasanya diharuskan menginstall script tambahan agar dapat mendukungnya yang terdapat dalam paket windowsnya. Untuk yang sudah terinstall scriptnya silakan tambahkan "Input Langguage" dan Keyboardnya melalui control panel Pilih Date, Time, Langguage and Regional Option, kemudian Add Other Langguage, Pada Regional dan Langguage Option Pilih pada tab Langguage kemudian klik Details akan muncul windows Text Services and Input Langguage, kemudian klik pada pilihan "Add" untuk menambahkan Bahasa Baru dan Setingan Keyboardnya, disini saya menggunakan Arabic[Saudi Arabia] dan setingan keyboard Arabic [101] atau [102]. Untuk lebih jelasnya lihat tutorial gambar berikut:

Cara Menulis Arab Di Word 2007 Windows Xp
 
Cara Menulis Arab Di Word 2007 Windows Xp1

Cara Menulis Arab Di Word 2007 Windows Xp2

Cara Menulis Arab Di Word 2007 Windows Xp3

Setelah semua ok , silakan sobat coba langsung di microsoft wordnya dengan Align Right tentunya karena bahasa arab menulisnya dari arah kanan. Untuk keyboarnya silakan gunakan On-Screen Keyboard untuk mempermudah pencarian letak hurufnya.
Cara Menulis Arab Di Word 2007 Windows Xp4

Nah jika kita tidak memerlukan semua tulisan dalam bahasa arab dan hanya menulis bahasa Arab yang lazim dipakai di indonesia menggunakan Ms. Word yang biasanya dirangkai dengan huruf alfabet seperti : kata "Alloh", "Mohammad", "Allohuakbar", "Sholallohualaihiwasalam", "alaihiwasalam" dan lainnya, maka cara berikut ini mungkin yang sobat cari, sehingga tidak perlu melakukan tambahan apapun dari program MS. Word yang sudah ada.

Seperti kutipan dari wikipedia org ada beberapa kata yang bisa kita buat dengan cara sebagai berikut:

Pertama masuk dulu ke program Ms. Word sobat, kemudian contoh untuk membuat tulisan ﷲ‎, maka sobat ketikan FDF2 pada program Ms. Word kemudian tekan dan tahan tombol Alt, kemudian tekan tombol X, lihat hasilnya.

Contoh-contohnya:
    U+FDF0 Untuk menampilkan
    U+FDF1 Untuk menampilkan
    U+FDF2 Untuk menampilkan ﷲ‎
    U+FDF3 Untuk menampilkan
    U+FDF4 Untuk menampilkan
    U+FDF5 Untuk menampilkan
    U+FDF6 Untuk menampilkan
    U+FDF7 Untuk menampilkan
    U+FDF8 Untuk menampilkan
    U+FDF9 Untuk menampilkan
    U+FDFA Untuk menampilkan ‎  atau  (صلى الله عليه وسلم )
    U+FDFB Untuk menampilkan ‎ atau  (جل جلاله)
    U+FDFC Untuk menampilkan
    U+FDFD  Untuk menampilkan   بسم الله الرحمن الرحيم




Semoga bermanfaat

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »