Cara Menambah User Di Blogspot

Salam sobat blogger, ketika kita memilki sebuah blog yang di share untuk pengunjung atau orang yang mau memberikan kontribusi kepada blog kita dengan batasan hanya sebagai penyumbang konten, maka menjadikan mereka sebagai user adalah solusinya dimana mereka bisa memuat konten mereka di blog yang kita miliki, kontrol akses tetap kita yang memegang kendali dari blog tersebut.

Berikut ini cara untuk menambah user pada blogspot sehingga sebuah blog bisa di entri oleh beberapa user/ penulis. Penambahan user pada blogspot hanya untuk menambah artikel dan mempublishnya serta setelan untuk berhenti menjadi kontributor blog tersebut, sehingga user baru dibatasi hak aksesnya untuk mengedit atau meng-Costumize blog. Berbeda dengan penambahan user pada wordpress, disana ada beberapa kategori user mulai dari pelanggan, kontributor, editor, admin dan super admin, sehingga di wordpress akan lebih mudah membagi tugas yang mungkin diperlukan beberapa  user untuk mengelolanya.

Langsung saja langkah pertama yang harus anda lakukan ketika hendak menambah user pada blogger.com :
  • Login ke blogger.com
  • Pilih blog yang akan anda tambahkan usernya (jika ada beberapa blog di account anda)
  •  Klik pada setelan dasar pada bagian izin pengarang blog, anda tambahkan alamat email user yang akan di tambahkan.


    • Klik pada Undang Pengarang, dan user baru akan mendapat email untuk bergabung menjadi kontributor blog yang kita pilih.
    • User baru harus menerima undangan tersebut supaya dapat bergabung menjadi kontributor.
    Cara Menambah User Di Blogspot

    • User baru hanya dapat melakukan entry artikel dan pengaturan/ setelan keluar dari kontributor blog.
    Cara Menambah User Di Blogspot
    •  Demikianlah sehingga user baru sekarang sudah bisa menjadi kontributor dalam blog yang anda pilih.

    Menjadikan Pengarang Menjadi Admin 

    Nah bagaimana jika kita memang ingin menyerahkan sepenuhnya blog yang kita miliki untuk dikelola kepada orang yang sudah kita percayai sepenuhnya, Status user atau pengarang pada blogger.com bisa di ubah menjadi admin untuk mendapatkan kontrol full atas konten dan pengaturan yang ada. Caranya adalah sama seperti kita menambahkan user/ pengarang. Pada posisi pengarang terdapat dropdown admin dan penulis, silakan sobat ganti menjadi admin pada user yang sobat pilih menjadi admin, kemudian simpan setelannya.

    NB: Menjadikan seorang user menjadi admin adalah memberikan semua akses atas blog sobat, termasuk menghapus blog itu sendiri.

    Semoga bermanfaat



    Share this

    Related Posts

    Previous
    Next Post »